7 Buah yang Bagus Dikonsumsi Untuk Kulit Wajah


  • 7 Buah yang Bagus Dikonsumsi Untuk Kulit Wajah
    Ilustrasi Buah yang Bagus Untuk Kulit Wajah. (Foto: Dok: Unsplash.com/Huseyin)


    Setiap wanita ingin memiliki kulit wajah yang cantik, bersih, glowing dan bebas jerawat. Tidak sedikit dari mereka yang rela melakukan tahapan perawatan kulit wajah yang panjang dan berlapis-lapis, untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik. 

    Melakukan perawatan kulit wajah, disadari atau tidak, sudah menjadi bagian rutinitas sehari-hari. Namun, merawat kulit wajah tak cukup hanya dilakukan dari luar, tetapi juga perlu dilakukan dari dalam yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bagus untuk kulit.



    Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut tujuh buah yang bagus untuk kulit wajah jika dikonsumsi secara rutin. 

    (Baca juga: 10 Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat) 


    1. Pepaya


    Buah Pepaya

    (Buah Pepaya. Foto: Dok: Unsplash.com/Hiral Patel)


    Pepaya mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Vitamin C yang terkandung di dalam buah yang berwarna orange ini, dikenal ampuh membantu mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari serta mampu menyamarkan noda hitam. Enzim papain yang terkandung di dalam buah pepaya dapat membantu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Tidak hanya untuk dikonsumsi, pepaya juga bisa digunakan sebagai bahan dasar masker. Dengan ditambahkan sedikit madu, masker ini berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit wajah


    (Baca Juga : 5 Makanan yang Bermanfaat Bagi Kecantikan)


    2. Alpukat


    Buah Alpukat

    (Buah Alpukat. Foto: Dok: Unsplash.com/Kelly Sikkema)


    Buah yang termasuk ke dalam golongan superfood ini memiliki manfaat tinggi untuk kecantikan. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu menjaga kelembaban kulit. Buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, untuk mencegah kulit dari bahaya paparan polusi. Kandungan vitamin E dan vitamin C bermanfaat untuk menggantikan sel kulit mati dan membentuk kolagen alami. Sedangkan minyak alpukat (avocado oil) dikenal dapat membantu meringankan penyakit kulit seperti, eksim dan psoriasis. 


    3. Kiwi 


    Buah Kiwi

    (Buah Kiwi. Foto: Dok: Pexels.com/Pixabay)


    Buah lainnya yang termasuk ke dalam golongan superfood selain alpukat, yaitu kiwi. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah ini dapat membantu kulit kamu untuk memproduksi kolagen lebih banyak, sehingga mampu menjaga elastisitas kulit. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, buah ini dapat memberikan kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi kusam

    Sifat anti-inflamasi yang cukup tinggi juga menjadikan buah ini bagus dalam mengatasi dan mencegah kulit kamu dari jerawat. Kandungan asam amino (amino acid) dan vitamin C yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu, buah kiwi juga dapat memberikan efek menenangkan pada area kulit kemerahan atau sunburn. Tidak hanya itu saja buah kiwi juga mengandung omega-3 yang dipercaya ampuh dalam melindungi kulit dari berbagai penyakit, termasuk kanker


    (Baca Juga : Deretan Perawatan Kulit Wajah Dengan Formula Buah Labu)


    4. Anggur 



    (Buah Anggur. Foto: Dok: Pexels.com/Burst)


    Buah lain yang juga bagus untuk kulit wajah kamu, yaitu anggur. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini mampu melindungi sel kulit dari kerusakan. Selain itu, kandungan fitonutrien dipercaya dapat melindungi kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet. 


    5. Delima


    Buah Delima

    (Buah Delima. Foto: Dok: Pexels.com/ NordWood Themes)


    Buah berwarna merah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Kandungan asam ellagic-nya juga dapat mempertahankan kadar kelembaban alami pada kulit. Buah delima merupakan buah yang kaya akan vitamin C, sehingga mampu mengontrol sebum di wajah penyebab munculnya jerawat. Antioksidan pada buah ini dapat melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, sifat anti penuaannya juga mampu mencegah penuaan dini. 


    (Baca Juga : Mitos dan Manfaat Buah Nanas Bagi Wanita)


    6. Pisang 


    Buah Pisang

    (Buah Pisang. Foto: Dok: Pexels.com/Luis Quintero)


    Buah ini mengandung asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan zinc dapat melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium mampu menghidrasi kulit wajah. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan banyak vitamin C yang bermanfaat dalam pembentukan sel-sel kulit dan produksi kolagen. 


    7. Nanas



    (Buah Nanas. Foto: Dok: Unsplash.com/ Irene Kredenets)


    Buah nanas juga merupakan salah satu buah yang bagus untuk kulit wajah, karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi sangat diperlukan kulit untuk memproduksi kolagen dan menjaga kesehatan sel kulit. Sementara itu, beta karoten yang terkandung dalam buah ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi dan paparan sinar ultraviolet.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below