9 Manfaat Madu untuk Kulit Wajah yang Paling Terasa


  • 9 Manfaat Madu untuk Kulit Wajah yang Paling Terasa
    Penggunaan madu secara teratur pada kulit bisa menghasilkan kulit yang sehat, muda, dan bercahaya dalam jangka panjang. (Foto: Dok/Pexels.com)

    Memanfaatkan madu untuk merawat kulit adalah ide yang baik. Jika dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya, madu bisa menghasilkan perawatan kecantikan yang efektif dan murah.

    Hal ini karena madu adalah sumber antioksidan dan flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu juga senyawa antibakteri yang membantu mencegah bakteri dan infeksi jamur. Penggunaan madu secara teratur pada kulit bisa menghasilkan kulit yang sehat, muda, dan bercahaya dalam jangka panjang.

    Berikut adalah beberapa manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah:




    (Baca juga: 26 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Cepat)


    1. Melembapkan kulit

    Madu sering menjadi bahan dasar untuk hampir setiap produk kecantikan karena kemampuannya melembabkan kulit dari dalam. Enzim dalam madu memungkinkan untuk meresap dengan mudah ke dalam kulit, juga mendinginkan dan melembutkan kulit secara mendalam. Untuk menggunakan madu sebagai masker pelembab, oleskan satu sendok madu pada kulit yang bersih dan kering, lalu biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin.

    Manfaat madu untuk kulit di antaranya untuk melembabkan dan menghidrasi

    (Manfaat madu untuk kulit di antaranya untuk melembabkan dan menghidrasi. Foto: Dok/Honeyandbeauty)


    2. Membersihkan pori-pori

    Manfaat madu untuk kulit wajah lainnya adalah membersihkan pori-pori dan menyingkirkan komedo. Karena madu mengandung antioksidan, antiseptik, dan antibakteri, bahan ini membantu membersihkan kulit kamu dari komedo dengan menghapus kotoran dari dalam pori-pori. Campurkan juga dengan dua sendok minyak kelapa atau minyak jojoba untuk menghidrasi dan mengencangkan pori-pori kulit agar kulit terlihat lebih bening.


    3. Untuk pengelupasan kulit

    Bahan eksfoliasi buatan sendiri sering menyebabkan kulit memerah dan menyebabkan iritasi. Tinggalkan saja penderitaan kamu itu dengan mengganti bahannya dengan madu. Madu, jika dicampur dengan satu sendok baking soda, akan membantu mengelupas kulit dengan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Gosok ramuan tersebut di wajah dengan gerakan memutar. Bilas sampai ber


    4. Mengobati jerawat

    Manfaat madu untuk kulit yang tak kalah penting adalah mengobati jerawat. Kandungan antibakteri dan anti-inflamasinya membantu menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit, sekaligus membersihkan penyumbatan pori-pori. Jika tidak ditangani, pori-pori yang tersumbat kotoran inilah yang dapat menyebabkan jerawat dan kerusakan pada kulit.


    (Baca juga: 5 Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya Di Rumah)


    5. Meredakan sunburn

    Madu diketahui sebagai salah satu bahan rumahan yang terbaik untuk mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Coba campurkan madu dengan gel lidah buaya (bahan ini juga terkenal sebagai bahan untuk meredakan sunburn) untuk membantu mengurangi peradangan, mendinginkan, dan memulihkan kerusakan jaringan.

    Campurkan madu dengan lidah buaya untuk mengurangi efek kulit terbakar sinar matahari

    (Campurkan madu dengan lidah buaya untuk mengurangi efek kulit terbakar sinar matahari. Foto: Dok/Aloeverajuicerecipes)


    6. Menunda penuaan pada kulit

    Antioksidan alami pada madu membantu mengendalikan keriput dan garis-garis halus pada wajah. Oleskan madu pada wajah dalam bentuk masker madu untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuat kulit kamu terlihat segar, kenyal dan berseri-seri. Siapa sangka manfaat madu untuk kulit bisa sehebat ini kan?


    7. Menambahkan kesan glowing

    Siapa yang tak mau wajahnya terlihat glowing secara alami? Kamu bisa mengoleskan madu langsung pada wajah atau mencampurnya dengan susu atau yoghurt. Lakukan secara rutin agar kulIt kamu terlihat berkilau. 


    8. Membantu mengurangi keriput

    Tanpa terasa garis-garis halus akan membentuk keriput pada wajah. Manfaat madu untuk kulit wajah yang jarang diungkap adalah sebagai obat rumahan untuk mengurangi keriput. Campurkan madu dengan susu atau lemak susu untuk menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Diamkan camput tersebut di wajah selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

    Campuran madu dan susu bisa mengurangi keriput pada wajah

    (Campuran madu dan susu bisa mengurangi keriput pada wajah. Foto: Dok/OrganicFacts)


    9. Mencerahkan bekas luka

    Sebagai pelembab alami, madu bukan hanya menjaga kulit lembut dan sehat, tetapi juga mengurangi bekas luka. Antioksidannya pun membantu memperbaiki kulit yang rusak. Campurkan satu sendok madu dengan satu sendok minyak zaitun. Oleskan pada bekas lukanya, dan kompres dengan kain hangat untuk meminimalkan peradangan dan membantu menyembuhkan kulit lebih cepat.

    Luar biasa kan, manfaat madu untuk kulit wajah?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below