5 Penyebab Kulit Wajah Kusam


  • 5 Penyebab Kulit Wajah Kusam
    Kulit wajah kusam dapat diatasi dengan perawatan yang tepat. Namun, ada baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. (Foto: Dok/pexels.com)


    Rasa percaya diri tentu juga dipengaruhi oleh tampilan fisik, salah satunya dari kulit wajah. Wajah kusam membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan produk makeup pun tidak menempel sempurna.

    Kulit wajah kusam bisa diatasi dengan menggunakan produk skincare yang bersifat mencerahkan. Namun, sebelum itu, ada baiknya mengetahui beberapa hal yang diyakini menjadi penyebab kulit menjadi kusam.



    Apa aja? Berikut ini adalah beberapa di antara penyebab kusamnya kulit wajah:

    (Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering) 


    1. Tidak membersihkan wajah dengan maksimal

    Dengan adanya paparan polusi dan debu selama beraktivitas, tidak cukup kalau hanya mencuci wajah dengan facial cleanser. Produk pembersih tambahan seperti micellar water atau cleansing balm juga perlu digunakan agar kotoran yang menempel di wajah terangkat sempurna. Kotoran yang semakin lama meumpuk akan membuat wajah Anda kusam dan tidak segar.


    2. Kurang eksfoliasi

    Penumpukan sel kulit mati juga dapat menyebabkan kulit kusam. Rajinlah mengeksfoliasi kulit wajah agar sel kulit mati terangkat dan regenerasi kulit dapat berjalan maksimal. Tapi ingat, walaupun langkah eksfoliasi sangat penting, bukan berarti Anda dapat melakukannya sesering yang Anda mau. Cukup eksfoliasi kulit dua hingga tiga kali seminggu saja agar kulit wajah tidak menjadi sensitif dan iritasi.


    3. Memakai makeup setiap saat

    Penggunaan makeup yang berlebihan tidak baik untuk kulit. Luangkan waktu paling tidak satu atau dua hari dalam seminggu tanpa makeup agar kulit wajah dapat beristirahat. Jika Anda memang dituntut untuk selalu menggunakan makeup, jangan malas untuk merawat kulit dan menggunakan masker wajah.


    4. Dehidrasi

    Kalau Anda kurang minum air mineral, kulit wajah juga bisa terlihat kusam. Selain rajin memakai pelembab sesuai jenis kulit, asupan air mineral sehari-hari juga harus cukup untuk menghidrasi kulit dari dalam.


    5. Stres

    Ternyata stres juga bisa bikin kulit wajah kusam! Stres dapat meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit sehingga wajah tampak kusam. Kendalikan stres Anda dengan beristirahat dan melakukan hal-hal yang disukai.


    Cegah dan atasi wajah kusam dengan rajin membersihkan wajah menggunakan micellar water. Bioderma Sensibio H2O Micellar Water adalah pembersih wajah populer yang mampu mengangkat kotoran dan sisa makeup secara maksimal. Selain itu, teknologi micellar dan kandungan glycerol ester di dalamnya sangat aman dan lembut untuk merawat kesehatan alami kulit.

    (Teks: Firisa Ardianti)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below