10 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


  • 10 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
    Menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah dengan bahan alami yang tak sulit ditemui. (Foto:Dok.Bruce Mars/Pexels)


    Bagaimanapun, jerawat merupakan masalah kulit yang kerap menganggu. Tak hanya penampilan tapi juga rasa percaya diri. Timbul karena minyak berlebih dan paparan debu yang menyumbat di dalam pori-pori, jerawat bisa menimpa siapa saja, semua jenis kulit pada pria dan wanita dari berbagai usia.

    Lalu bagaimana mengatasinya? Selain bisa menggunakan ragam skin care, banyak pula bahan alami dari buah dan tanaman yang mudah ditemui untuk mengatasi jerawat. Bahkan beberapa diantaranya bisa jadi alternatif perawatan kulit dari dalam maupun luar.



    Merangkum dari berbagai sumber, berikut 10 bahan alami yang dapat jadi pilihan dan ampuh untuk menghilangkan jerawat:

    (Baca Juga: Cara Atasi Jerawat di Usia Dewasa)


    1. Lidah Buaya


    (Lidah buaya baik untuk menghilangkan jerawat.Foto:Dok/Pexels)


    Lidah buaya jadi bahan alami dengan kandungan polifenol yang ampuh untuk membasmi jerawat. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa membuatnya menjadi jus dan menggunakan seperti masker selama 20-30 menit. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal kamu bisa mengonsumsinya sebagai perawatan dari dalam.


    2. Semangka


    (Semangka untuk masker muka.Foto:Dok/Pexels)


    Ekstrak di dalam semangka bisa meminimalisir tumbuhnya jerawat di wajah. Kaya akan vitamin C, A dan likopen, buah ini dipercaya juga ampuh untuk mengatasi minyak berlebih dan mengembalikan kulit jadi lebih muda. Dengan meraciknya menjadi jus, kamu bisa mengaplikasikannya 10-15 menit pada wajah lalu dibilas. Bahkan, jika kamu mengonsumsinya, semangka bisa jadi minuman yang menghidrasi tubuh.

    (Baca Juga: 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat)


    3. Jeruk


    (Jeruk untuk menghilangkan jerawat.Foto:Dok/Pexels)


    Kolaborasi kandungan Vitamin C dan antioksidan yang dimiliki jeruk sangat efektif untuk membuat kulit lebih sehat. Selain bisa mengusir jerawat, buah ini pula dipercaya bisa menghilangkan ragam permasalahan kulit seperti noda hitam dan garis-garis halus. Jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, selain menggunakannya sebagai masker untuk wajah, jeruk juga baik untuk dikonsumsi saat pagi dan sore hari.


    4. Tomat


    (Tomat. Ilustrasi. Foto: Dok/Pixabay/Pexels.com) 


    Mengonsumsi tomat 2-3 gelas setiap harinya bisa memberikan efek jera pada permasalahan kulit. Kamu bisa meraciknya sebagai jus lezat untuk dikonsumsi dan atau menggunakannya sebagai masker pada wajah 2-3 kali dalam satu hari. Biarkan masker tomat ini hingga kering di wajah, lalu bilas, dan lihat hasilnya. Mau mencobanya?

    (Baca Juga: Menghilangkan Jerawat dengan Injeksi Cortisone)


    5. Lemon


    (Lemon untuk perawatan kulit.Foto:Dok/Pexels)

    Lemon dipercaya bisa menolong kulit yang kusam. Dengan mengonsumsinya di pagi hari, kamu bisa merasakan kulit yang cerah dan glowing. Cara lainnya, kamu bisa pula memerasnya dan mengoleskan ekstrak air lemon ke jerawat yang tumbuh di wajahmu untuk membuatnya kering dan hilang dengan cepat. 


    6. Teh Hijau


    (Teh hijau untuk perawatan kulit.Foto:Dok/Pexels)

    Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan polipenols yang baik untuk merawat kulit sekaligus menghilangkan jerawat. Dengan mengonsumsinya secara rutin, teh hijau pula dipercaya bisa merileksasi kulit dan tubuh.

    (Baca Juga: 5 Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya Di Rumah)


    7. Wortel


    (Membersihkan jerawat dengan wortel.Foto.Dok/Pexels)


    Membersihkan kulit dan mengangkat semua jerawat yang membandel bisa dilakukan dengan wortel yang dibuat menjadi masker wajah dan minuman segar di pagi hari. Selain bisa menyehatkan kulit, wortel juga memiliki banyak vitamin dan manfaat lain yang baik kesehatan tubuh.


    8. Putih Telur


    (Putih telur ampuh untuk mengeringkan jerawat.Foto:Dok/Pexels)


    Jika jerawatmu memerah, kamu bisa mengaplikasikan putih telur pada bagian yang timbul dan mengusirnya. Aplikasikan putih telur ini secara rutin agar jerawat mengering dan hilang dengan cepat.

    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat)


    9. Pepaya


    (Pepaya untuk mengatasi segala permasalahan kulit.Foto:Dok/Pexels)


    Pepaya memiliki enzim yang ampuh untuk mengusir jerawat pada kulit. Pilihlah buah yang segar dan buat buah ini menjadi jus agar mudah diaplikasi pada kulit. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dan rasakan kesegaran kulit yang tak tertandingkan.


    10. Cuka Apel


    (Manfaat cuka apel untuk mengatasi jerawat.Foto:Dok/Pexels)


    Campuran cuka apel bersama air dan aplikasikan pada area yang berjerawat sangat ampuh untuk mengusir jerawat dengan cepat. Hal ini dikarenakan cuka apel memilki kandungan Alpha Hydroxy Acid yang sekaligus bisa mencegah penuaan pada kulit.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below