8 Cara Menghaluskan Telapak Tangan Agar Tetap Lembut


  •  8 Cara Menghaluskan Telapak Tangan Agar Tetap Lembut
    Cara menghaluskan telapak tangan. (Foto. Dok. Freepik.com/angel_nt)


    Telapak tangan menjadi bagian yang sering sekali terlupakan dalam rangkaian perawatan kecantikan. Telapak tangan yang kering dan kasar dapat mempengaruhi kepercayaan diri, apalagi ketika berjabat tangan dengan seseorang.

    Namun, sebelum mengetahui cara menghaluskan telapak tangan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab telapak tangan menjadi kering dan kasar. Tidak hanya karena kekurangan asupan nutrisi untuk kulit, terkena paparan sinar matahari yang berbahaya, udara, air, zat kimia dan polusi dapat membuat tangan lebih mudah kering dan kasar.



    Dirangkum dari berbagai sumber,  berikut ini delapan cara menghaluskan telapak tangan agar tetap halus dan lembut. 

    (Baca juga: Langkah Aman Rawat Kulit Sensitif) 


    1. Gel Lidah Buaya


    Gel Lidah Buaya

    (Gel lidah buaya. Foto: Dok. Freepik.com/lovelyday12)


    Cara menghaluskan telapak tangan yang kering dan kasar yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya. Tanaman daun berduri ini memiliki banyak manfaat untuk kulit termasuk telapak tangan, seperti melembapkan, mendetoksifikasi, serta meremajakan kulit. Kandungan vitamin C dan vitamin E dapat menjadi pelembap alami yang membantu melembapkan tangan yang kering dan pecah-pecah. Oleskan gel lidah buaya di tangan setiap hari sebelum tidur untuk tangan yang lebih halus.


    2. Minyak Zaitun


    Minyak Zaitun

    (Minyak zaitun. Foto: Dok. Freepik)


    Rutin menggunakan minyak zaitun dapat menjadi salah satu cara menghaluskan telapak tangan. Minyak ini kaya akan antioksidan, vitamin C dan vitamin D yang dapat membantu meremajakan kulit, serta dapat mengurangi oksidasi dalam sel-sel kulit, sehingga membuat tangan lebih cerah. Sedangkan kandungan vitamin E pada minyak zaitun, dapat memberikan kelembapan kulit alami sehingga telapak tangan lebih halus dan lembut. 

    Kamu dapat mengoleskan minyak zaitun pada tangan setiap hari atau dapat membuatnya menjadi hand scrub dengan mencampurkan minyak zaitun dan gula. Oleskan di tangan kamu, diamkan selama 5 menit, lalu bilas. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu. 


    (Baca juga: Cara Agar Kulit Tangan Tetap Lembut)


    3. Minyak Almond


    Minyak Almond kaya akan kandungan vitamin E, zinc dan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan racun dan menghaluskan kulit kering, kasar dan pecah-pecah. 


    4. Minyak Kelapa


    Minyak Kelapa

    (Minyak kelapa. Foto: Dok. Freepik)


    Cara menghaluskan telapak tangan bisa dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini mengandung asam lemak dan antioksidan yang dapat menenangkan kulit dan menjaga kulit dari bahaya sinar UV. Tuangkan sedikit minyak kelapa ke tangan dan oleskan secara merata di telapak tangan kamu sembari dipijat-pijat. Hal ini dapat membantu merelaksasi kulit agar sehat dan halus. Lakukan perawatan ini sebelum tidur untuk mendapatkan telapak tangan yang halus dan lembut.


    (Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat)


    5. Melindungi Tangan dari Sinar Matahari


    Hand Lotion

    (Hand lotion. Foto: Dok. Freepik.com/1989studio)


    Sama seperti kulit wajah, tangan juga dapat mengalami tanda-tanda penuaan dini, akibat terlalu sering terpapar sinar matahari. Untuk itu, kamu perlu mengoleskan hand lotion yang mengandung SPF untuk melindungi tangan dari bahaya sinar matahari. 


    6. Menggunakan Sabun Cuci Tangan yang Lembut


    Pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung bahan glycerine atau pelembap, bebas pewangi, pewarna dan alkohol. Hindari juga mencuci tangan menggunakan air hangat, karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, yang menyebabkan telapak tangan menjadi kering dan kasar. 


    7. Rutin Menggunakan Hand Cream

    Hand Cream

    (Pexels.com/Moose Photos)


    Mencuci tangan memang bagian dari hidup sehat, tetapi setiap kali kamu mencuci tangan, tidak hanya debu dan kotoran saja yang hilang, minyak alami pada kulit juga akan ikut hilang. Jika terlalu sering mencuci tangan, tentu saja akan membuat telapak tangan kering dan kasar. Untuk itu, setiap kali kamu habis mencuci tangan, luangkan waktu untuk melembapkan kembali tangan dengan menggunakan krim tangan atau hand cream. Pilih hand cream yang tidak lengket, ringan dan mudah menyerap ke kulit. 


    (Baca juga: 7 Cara Mudah Menghilangkan 'Mata Panda' yang Hitam)


    8. Penuhi Kebutuhan Cairan dan Vitamin Tubuh


    Kondisi kulit kering dan kasar dapat diatasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, yakni rutin minum air putih minimal 8 gelas per hari. Pasalnya, air putih dapat menjaga kelembapan kulit, termasuk telapak tangan. Namun, tidak hanya itu saja, menjaga kelembapan kulit juga perlu diimbangi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, yakni meningkatkan asupan makanan sehat seperti sayur dan buah

    Itu dia delapan cara menghaluskan telapak tangan yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!.