Mengulik Manfaat Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit


  • Mengulik Manfaat Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit
    Banyak manfaat dari minyak zaitun yang bisa dirasakan saat menggunakannya sebagai perawatan kulit. (Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Manfaat minyak zaitun yang kaya akan vitamin bisa sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Tapi, siapa yang menyangka kalau minyak yang satu ini bisa pula jadi perawatan wajah yang baik untuk digunakan?

    Kandungan zat aktif yang dimilikinya kerap kali jadi alternatif skincare yang mudah ditemui dan bisa mengatasi segala permasalahan kulit, seperti melembapkan, menunda tanda penuaan dan lainnya. Dengan menggunakannya sebagai perawatan rutin, kamu bisa merasakan lima manfaat minyak zaitun ini pada kulitmu. Apa saja? 



    (Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat dan Cara Menggunakan Minyak Zaitun)


    1. Menunda Tanda Penuaan Kulit


    (Gunakan minyak zaitun untuk hindari penuaan kulit.Foto:Dok.Bruce/Pexels)


    Minyak Zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk jadi perawatan wajah yang bekerja untuk mencegah oksidasi pada kulit sehingga, dengan memilihnya sebagai skincare, gejala prematur dan penuaan pada kulit bisa tertunda. Bahkan tak hanya itu, melansir laman Medical News Today, beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan menggunakannya pada kulit ketika terkena sinar matahari, bisa melawan sinar UV yang dapat menyebabkan kanker. Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan dapat mencegah penuaan dini. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menempatkan minyak zaitun pada kulit setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel penyebab kanker.


    2. Mengobati Penyakit Kulit


    (Membuat kulit lebih sehat.Foto.Dok/Meramuda)


    Minyak zaitun mengandung vitamin yang larut dalam lemak A, D, E, dan K. Beberapa vitamin ini sangat bermanfaat untuk kulit. Selain menutrisi, kandungan ini pula bisa mengobati penyakit kulit, seperti psoriasis dan eksim.

    (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan)


    3. Mencegah Pertumbuhan Bakteri


    (Minyak zaitun anti bakteri.Foto:Dok/VerryWellHealth)


    Meski belum banyak penelitian yang membuktikan khasiat minyak zaitun yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri, tapi oil yang satu ini bisa mengendalikannya. Dengan menggunakan minyak zaitun, bakteri Staphylococcus aureus pada kulit bisa teratasi. Oleh karenanya, minyak zaitun terkadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. 


    4. Melembapkan Kulit


    (Melembapkan kulit kering.Foto:Dok/Beautybybuford)


    Minyak zaitun adalah pelembab alami yang populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Hal ini disebabkan vitamin yang dikandungnya, seperti E dan K yang bekerja sama dan membuat kulit kembali jadi lembap. Bahkan, perawatan ini pula dipercaya berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan membuatnya kuat dari akar.

    (Baca Juga: 7 Cara Menggunakan Minyak Zaitun Agar Makin Cantik)


    5. Penghapus Riasan Wajah


    (Cara mudah menghapus makeup dengan minyak zaitun.Foto:Dok.zhugewala/Pexels)


    Minyak zaitun bisa mengangkat makeup yang kamu gunakan secara bersih meskipun berbahan water proof atau tahan air. Untuk menggunakannya, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun pada aplikator penghapus makeup, seperti kapas. Lalu rasakan wajah yang bersih dari makeup yang kamu gunakan sehari-hari.




 
Advertisement - Continue Reading Below