Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat


  • Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat
    gpointstudio/shutterstock.com

     Jika berbicara tentang jerawat, banyak hal yang menjadi faktor penyebabnya. Sebelum Anda mengetik cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, sebaiknya kenali dulu jenis jerawat yang muncul di wajah.

    Banyak langkah yang diwariskan turun temurun seperti cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi, obat menghilangkan jerawat di apotik hingga cara menghilangkan jerawat dengan sayuran. Namun itu semua tampaknya tidak cukup bekerja jika Anda tak mengenali jenis jerawat Anda.

    Untuk mengenalinya terlebih dahulu, lihat ulasan kami mengenai 5 Jenis Jerawat yang Harus Diketahui. Setelah selesai membaca, silakan kembali ke halaman ini untuk melihat solusinya.




    Whiteheads

    Rebecca Kazin, MD dari American Academy of Dermatology mengatakan bahwa Anda perlu mengenali terlebih dahulu apakah whiteheads siap menerima perawatan. Jika terlihat masih berada di dalam, sebaiknya diamkan dulu hingga ia muncul ke permukaan.

    Saat sudah siap, kompres wajah dengan handuk yang dibasahi air hangat untuk membuka pori. Gunakan alat yang tepat (bukan jari, tentunya) untuk melakukan ekstraksi.

    Ambil dua cotton bud lalu secara perlahan tekan dari kedua arah hingga whiteheads keluar. Setelahnya, aplikasikan perawatan yang mengandung retinol sebagai penenang inflamasi pada kulit.


    Blackheads

    Untuk merawat tipe jerawat jenis ini, Rachel Nazarian, seorang dermatologis dari Schweiger Dermatology Group di New York menyarankan aplikasi asam salisilat di permukaan kulit. Kandungan ini mudah ditemukan pada obat menghilangkan jerawat di apotik dan sangat baik jika digunakan untuk leave on treatment agar bisa diserap kulit secara optimal.


    (Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Blackhead)


    Papula

    Banyak cara lain mengatasi jerawat selain menggunakan pasta gigi. Michael Lin, MD, seorang dermatologis asal Beverly Hills mengatakan bahwa jenis jerawat ini sebaiknya dirawat menggunakan benzoyl peroxide

    Hal ini disebabkan oleh lima persen kandungan tersebut bisa membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengempeskannya dalam waktu relatif cepat.


    Pustula

    Saat menangani jerawat pustula, pastikan area kulit tersebut benar-benar bersih dari kotoran, sisa minyak, dan riasan. Michael Lin, MD juga menyarankan kandungan benzoyl peroxide untuk jerawat jenis ini. Pastikan Anda tak tergoda untuk memencetnya karena akan meninggalkan bekas yang cukup mengganggu.


    Nodula

    Tipe jerawat ini pastinya sangat mengganggu karena ia bisa bertahan di kulit dalam waktu yang cukup lama.

    Apapun yang Anda lakukan, jangan memencet jerawat satu ini karena bisa meninggalkan bekas luka yang dalam pada kulit. Leyda Bowes, direktur medis di Bowes Aesthetics, Miami, menyarankan untuk mengombinasikan tiga kandungan untuk perawatannya yaitu sulfurbenzoyl peroxidedan cortisone.


    Bekas Jerawat

    Menghilangkan bekas jerawat mungkin akan terasa lebih sulit daripada menghilangkan jerawat itu sendiri. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan riset klinikal di Mount Sinai Hospital, New York, mengatakan bahwa kandungan vitamin C menjadi kunci untuk menyamarkan bekas jerawat di kulit.

    Sedangkan Heidi Waldorf, direktur laser dan kosmetik dermatologis dari rumah sakit yang sama berpendapat bahwa aplikasi kandungan polyphenol yang kaya akan antioksidan di pagi hari dapat membantu mempercepat hilangnya bekas jerawat.




 
Advertisement - Continue Reading Below