13 Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan


  • 13 Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan
    Manfaat lidah buaya untuk perawatan kulit dan kesehatan tubuh. (Foto:Dok.Heather Oehlrich/pinterest)


    Tanaman lidah buaya atau aloe vera kerap jadi pilihan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Bahkan tumbuhan ini sudah banyak digunakan sejak bertahun-tahun lalu.

    Mengandung vitamin seperti, A, C, E dan B12 serta enzim, mineral dan kalsium, lidah buaya berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit dan perawatan kulit. Beragam manfaatnya itu bisa ditemui dalam gel dan lateks yang bisa diolah dan digunakan.



    Dirangkum dari sejumlah sumber, Medical News Today dan Healthline, berikut 13 manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kesehatan dan kecantikan:

    (Baca Juga: Cara Membuat Jus Lidah Buaya)


    1. Menyuburkan Rambut


    (Lidah buaya baik untuk menyuburkan rambut.Foto:Dok.Element5/Pexels)
    Tanaman lidah buaya memiliki enzim proteolitik yang bisa menutrisi dan menyuburkan rambut. Tak hanya kandungan itu, lidah buaya pula kaya akan asam amino dan protein yang bisa memperkuat rambut dari akar.

    2. Menyembuhkan Berbagai Luka

    Dengan mengoleskan gel lidah buaya pada daerah yang terluka, baik kering dan basah, atau pun luka bakar bisa membantu menyembuhkannya. Bahkan manfaat lain, lidah buaya bisa memerangi bakteri yang masuk ke dalamnya. Gunakan selama tiga kali perhari untuk luka sembuh dengan cepat.


    3. Melindungi dari Sinar Matahari

    lidah buaya membantu menghalang sengatan matahari yang bisa membakar kulit. Oleskan aloe vera pada kulit sebelum menggunakan pelindung matahari.

    (Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Jus Lidah Buaya)


    4. Melembapkan Kulit Kering

    Gel lidah buaya bisa menyerap dengan mudah, sehingga ideal untuk kulit berminyak. Namun, manfaat lain darinya juga bisa membantu mengobati kulit yang kering. Gunakan setelah mandi, dan rasakan khasiatnya.


    5. Obat Radang Dingin Atau Frostbite


    (Menyembuhkan Frosbite.Foto:Dok.Kristin Vogt/Pexels)

    Frostbite atau dikenal juga dengan radang dingin adalah kondisi serius yang memerlukan perawatan medis darurat. Sementara Aloe Vera gel telah digunakan secara historis sejak tahun 1995 sebagai obat frostbite. Cara menggunakannya, oleskan gel pada bagian yang terserang sakit dan biarkan mengering sebelum dibersihkan. Gunakan 1-2 kali untuk menyembuhkannya.

    (Baca Juga: 10 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat)


    6. Menghilangkan Penyakit Herpes

    Untuk mengatasi penyakit herpes, lidah buaya bisa jadi alternatif untuk mengobati virus dan mencegahnya untuk berkembang. Oleskan dengan tipis pada bagian yang sakit dua kali sehari sampai hilang.


    7. Mengatasi Eksim

    Penyakit kulit ini biasanya terjadi pada kulit kepala, bagian berlipat dan wajah. Untuk mengatasinya, aloe vera gel bisa membantunya untuk mengering dan mengurangi rasa gatalnya.


    8. Meringankan Peradangan Psoriasis

    Seperti eksim, lidah buaya dapat membantu meringankan peradangan dan gatal dari psoriasis. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan Aloe Vera gel dua kali sehari ke daerah yang terkena penyakit ini.

    (Baca Juga: Tips Menghilangkan Kulit yang Terbakar Matahari)


    9. Solusi Atasi Jerawat


    (Mengusir jerawat.Foto:Dok/Rachel Ray Show)

    Karena efek anti-inflamasi lidah buaya, gel dapat membantu mengobati bentuk inflamasi jerawat, seperti pustula dan nodul. Untuk merasakan manfaatnya, oleskan gel dengan cotton buds langsung ke jerawat tiga kali sehari.


    10. Menurunkan Gula Darah

    Lidah buaya jadi alternatif untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Kandungan di dalamnya bisa mengubah sensitivitas insulin yang dapat menaikkan gula darah. 


    11. Menyembuhkan Sariawan

    Sariawan bisa disembuhkan dengan cepat hanya dengan menggunakan lidah buaya. Kerap kali muncul di bawah bibir yang berada di dalam mulut, cara menggunakannya pun sangat mudah. Oleskan gel lidah buaya pada sariawan selama 2-3 kali sehari sampai hilang.

    (Baca Juga: 6 Cara Mudah Atasi Bibir Kering dengan Bahan Alami)


    12. Membersihkan Gigi


    (Membersihkan gigi.Foto:Dok.Oleg Magni/Pexels)


    Plak gigi jadi salah satu masalah yang bisa menimbulkan bau mulut dan kerusakan pada gigi. Lidah buaya ini bisa digunakan sebagai obat kumur untuk membersihkan bakteri Streptococcus mutans agar gigi tetap sehat dan segar. 

    13. Mengurangi Sembelit

    Jika biasanya gel lidah buaya yang bermanfaat untuk mengobati segala penyakit, kini lateks lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati sembelit. Lateks itu bisa ditemui di bawah kulit daun. Kandungan antrakuquinon bisa meningkatkan kadar air di dalam usus yang bisa membuatnya menghilangkan sakit karena sembelit.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below