Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah


  • Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah
    (Foto: paweena tuntatun/Shutterstock/Clickphotos)

    Pernahkah Anda mengonsumsi daun sirih merah? Tanaman yang berasal dari Sulawesi ini kaya akan manfaat sebagai pengobatan herbal. Jika Anda lebih sering mengonsumi daun sirih biasa, daun yang satu ini memiliki warna kemerahan dengan corak indah.

    Daun sirih merah terkenal sebagai tanaman herbal untuk pengobatan yang sering dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya. Namun ada juga yang menggunakannya dengan cara dibakar dan ditempelkan pada daerah yang sakit.

    Mari mengenal manfaat meminum air rebusan daun sirih merah dan cara mengolahnya agar lebih efektif bagi kesehatan.



    1. Mengobati sakit gigi

    Rebus tiga lembar daun sirih merah yang dicampur dengan dua gelas air. Saring air rebusan tersebut, tunggu sampai dingin lalu gunakan sebagai obat kumur. Lakukan sampai rasa sakit gigi menghilang secara perlahan.

    2. Mengobati penyakit diabtes mellitus

    Cara pengolahan sirih merah bagi penderita diabetes melitus adalah dengan cara menyediakan tiga lembar daun sirih merah, cuci hingga bersih, dan masukkan ke dalam wadah. Masukkan tiga gelas air putih dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusa tersebut dan minum sebanyak 3 kali sehari sebelum makan.

    3. Obat jerawat

    Giling sepuluh lembar daun sirih merah tetapi jangan sampai halus, lalu seduh dengan air panas. Setelah mendingin, basuh air daun sirih merah pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan secara teratur dua hari sekali.

    4. Menghilangkan bau badan

    Rebus lima lembar daun sirih merah yang dicampur dengan dua gelas air putih. Saring air rebusan tersebut lalu minum secara teratur.

    5. Mengobati penyakit prostat

    Rebus lima lembar daun sirih merah yang dicampur dengan dua gelas air putih. Minum air rebusan daun sirih merah tersebut sebanyak dua kali secara teratur.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below