8 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering


  • 8 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering
    Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering (Foto: freepik/Freepik)

    Kulit kering tidak hanya menjadi masalah untuk mereka yang tinggal di negara empat musim saja, tetapi juga warga Indonesia.

    Ada berbagai alasan kulit bisa menjadi kering. Mulai dari jarang melakukan eksfoliasi, terlalu sering melakukan eksfoliasi, kekurangan vitamin A, cuci muka dengan air yang terlalu panas, hingga menggunakan produk perawatan kulit dalam urutan yang salah.




    (Baca juga: 6 Cara Mencuci Muka yang Baik dan Benar)


    Tidak perlu khawatir karena kulit kering di wajah bisa diatasi dengan mudah. Selain menggunakan pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit kering, kamu bisa membuatnya menjadi sehat kembali dengan melakukan beberapa perubahan saja. Dari penelusuran sejumlah sumber, berikut delapan cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kulit kering:

     

    1. Gunakan humidifier

    Udara yang kering dan terlalu lama berada di ruangan yang menggunakan pendingin udara juga menjadi penyebab kulit kering. Gunakan mesin humidifier untuk membuat udara lebih lembap.

    2. Gunakan air hangat

    Air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami dari wajah, sehingga kelembapan pun turut hilang dan kulit terasa sangat kering. Gunakan air hangat ketika mencuci muka untuk mencegah hal ini terjadi.

    Apabila kamu mencuci muka ketika mandi, hindari juga menggunakan air terlalu panas dan mandi terlalu lama karena bisa menimbulkan efek yang sama. 

    3. Tidak mencuci muka terlalu sering

    Jika kulit wajah sedang kering, hindari mencuci muka terlalu sering. Cukup lakukan setiap malam saja agar tidak menghilangkan minyak alami di kulit wajah terlalu banyak.

    4. Gunakan serum

    Gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid sebelum menggunakan pelembap agar bisa terserap lebih sempurna. Hyaluronic acid mampu mengunci kelembapan dengan baik, sehingga bisa mempercepat proses mengatasi kulit kering.


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Serum untuk Memutihkan Wajah)


    5. Gunakan sabun cuci wajah yang sesuai

    Pastikan untuk membaca sabun cuci wajah sebelum membelinya. Ada produk yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit, ada juga yang dirancang khusus untuk jenis tertentu saja. 

    Jika sedang melakukan perawatan kulit kering, sebaiknya gunakan sabun cuci wajah yang memang dirancang khusus untuk kulit kering.

    6. Gunakan produk tanpa pewangi

    Sejumlah produk perawatan kulit atau kosmetik biasanya mengandung pewangi. Namun, produk dengan pewangi bisa terlalu keras untuk kulit wajah yang kering. Hindari menggunakan produk dengan pewangi agar kulit bisa mempertahankan minyak alaminya.

    7. Eksfoliasi secukupnya

    Melakukan eksfoliasi memang penting untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran menumpuk yang terlewat ketika dibersihkan. Namun, melakukannya terlalu sering bisa membuat kulit iritasi dan membuatnya kering. Cukup eksfoliasi wajah seminggu sekali ketika kulit sedang kering.

    8. Periksa ke dokter

    Apabila kulit wajah tetap kering setelah melakukan perawatan sendiri, tak ada salahnya untuk periksa ke dokter kulit. Ada beberapa kondisi kulit kering yang memang membutuhkan perawatan dokter, seperti eksema, psoriasis, dan seborrheic dermatitis.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below