Langkah Aman Rawat Kulit Sensitif



  • Jenis kulit sensitif sangat peka dengan berbagai rangsangan dari luar. Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarang, sebab banyak produk perawatan wajah yang malah menimbulkan dampak negatif pada kulit sensitif. Biasanya reaksi kulit akan tampak memerah, berjerawat, bahkan mengalami iritasi. Gunakan produk yang mengandung sedikit bahan pengawet dan bahan kimia agar menjaga kulit Anda tetap halus dan bebas jerawat.

    Anda dapat memilih produk yang mengandung SPF, vitamin C, hypoallergenic, dan antioksidan. Anda membutuhkan krim malam berbahan ringan dan hindari krim malam yang mengandung wewangian karena formulanya sangat mudah memicu iritasi pada kulit yang sangat sensitif.

    Pastikan juga Anda memerhatikan label yang menunjukkan formula apa saja yang terkandung dalam krim tersebut dan apakah bisa meringankan gejala iritasi. Saat membersihkan wajah, jangan menggosok kulit wajah terlalu keras karena dapat menimbulkan luka atau iritasi. Hindari pula menggunakan air terlalu panas saat membersihkan wajah.



    TIPS:

    1. Kulit sensitif akan mudah iritasi hanya karena produk ringan atau bahkan hanya dari paparan matahari. Namun, jika kulit Anda merasa gatal atau panas saat pertama kali menggunakan produk kecantikan mungkin itu karena kulit Anda sedang beradaptasi dengan perawatan tersebut.

    2. Bila kulit sedang iritasi, bersihkan wajah dengan air dan makeup remover wipes berbentuk tisu. Jangan gunakan air dingin atau air hangat karena suhu ekstrem dapat mempercepat iritasi kulit.

     

    (TEKS: TIKA FIRLIANA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below