7 Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Secara Alami


  • 7 Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Secara Alami
    Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah. Ilustrasi. (Foto: Dok/NikaAkin/Pexels)


    Seiring bertambahnya usia, kulit kamu akan kehilangan elastisitasnya. Faktor-faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi dan faktor genetik memberikan kontribusi dalam munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus di wajah. 

    Namun, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tujuh cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dan mudah.



    (Baca juga: Kiat Cepat Hilangkan Kerutan) 


    1. Hindari Paparan Sinar Matahari


    (Ilustrasi. Foto: Dok/AlexanderStemplewski/Pexels.com) 


    Melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari tidak hanya mencegahnya dari kulit kusam, tetapi juga dapat mencegah penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus. Rajin menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas dapat membantu meminimalisir tanda-tanda penuaan. Jika dilakukan secara reguler, kebiasaan ini akan bermanfaat bagi kesehatan kulit kamu untuk jangka panjang.


    2. Menggunakan Retinol 


    Cara menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya adalah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol. Kandungan ini mampu meningkatkan produksi kolagen dan juga menghentikan kerusakan kolagen, sehingga dapat mengatasi kerutan di wajah. Ketahuilah bahwa retinol memerlukan setidaknya tiga bulan pemakaian yang konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selalu lakukan patch test terlebih dahulu untuk meminimalisir breakout dan alergi. 


    3. Menggunakan Minyak Kelapa (Coconut Oil)


    Minyak ini memang memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk untuk menghilangkan kerutan di wajah. Minyak kelapa adalah emolien alami yang bermanfaat untuk melembapkan dan meningkatkan hidrasi kulit untuk membuatnya lembut dan kenyal. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas serta dapat meremajakan kulit untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Caranya, cukup campurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan kunyit bubuk secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas. 


    (Baca juga : 7 Serum untuk Mengatasi Penuaan Dini yang Patut Dicoba)


    4. Istirahat yang Cukup


    (Ilustrasi. Foto: Dok/BruceMars/Pexels.com) 


    Salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah yaitu dengan istirahat yang cukup. Setiap orang disarankan untuk tidur delapan jam per hari, agar kulit dapat melakukan regenerasi sel. Dengan kata lain, tidur yang cukup akan membantu tubuh memperbaiki kulit yang rusak. Ketika kurang tidur, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang dapat menghambat proses regenerasi tubuh, sehingga akan mengganggu proses regenerasi sel kulit. 


    5. Perhatikan Posisi Tidur


    Cara menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya yaitu dengan memperhatikan posisi tidur. Perlu diketahui, posisi tidur yang menyamping atau tengkurap sangat tidak baik, karena menyebabkan berat badan bertumpu pada satu posisi sehingga dapat memunculkan kerutan pada wajah. Memang, kerutan yang muncul karena posisi tidur yang salah hanya bersifat sementara. Namun, jika terus dilakukan lama kelamaan akan menjadi keriput permanen. Posisi tidur yang dianjurkan untuk mencegah kerutan di wajah yakni dengan posisi tidur terlentang. 


    (Baca juga : Penyebab Kulit Mengalami Penuaan Dini)


    6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh


    Cara menghilangkan kerutan di wajah yang penting kamu lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Kebiasaan ini kerap kali dilupakan oleh sebagian besar orang. Ketika tubuh kekurangan cairan, hal tersebut akan membuat kulit menjadi kering dan akhirnya menimbulkan kerutan di wajah. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan 8 gelas air putih per hari (2 liter).


    7. Mengonsumsi Makanan Bergizi


    Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mengonsumsi makanan yang bernutrisi juga menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah. Konsumsilah sejumlah makanan yang kaya akan antioksidan, asam lemak, omega-3, vitamin A, vitamin E dan zat besi yang biasanya terdapat di sejumlah sayur dan buah


    Ini dia tujuh cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below