'Green Beauty Guide': Produk Perawatan Ramah Lingkungan


  • 'Green Beauty Guide': Produk Perawatan Ramah Lingkungan
    Produk organik demi kesehatan kulit dan lingkungan. (Foto:Dok/Indian Makeup and Beauty Blog)


    Bukan sebuah hal baru ketika sustainable beauty menjadi tren besar setelah berlangsungnya gebrakan positif dari perubahan gaya hidup dan industri mode. Maraknya label kecantikan yang menyajikan produk eco-friendly mulai dari skincare hingga kosmetik membuat banyak perempuan semakin berani dalam membuat keputusan yang lebih baik, khususnya untuk kulit mereka.

    Kini, tak jarang kamu menemukan ragam produk yang menyandang sertifikasi organik dan natural. Kedua hal ini termasuk dalam kasta tertinggi untuk keberlangsungan hidup yang lebih “hijau” daripada paraben-free, cruelty-free, ataupun vegan-friendly. Tentunya, kamu perlu tahu makna di balik istilah “organik” dan “natural” agar tidak menimbulkan kekeliruan, bukan?

    “Organik” sendiri mengacu pada sesuatu yang diproduksi tanpa menggunakan pestisida, pupuk sintetis, organisme hasil rekayasa genetika, limbah, antibiotik, radiasi ion, hingga hormon pertumbuhan. Sedangkan “natural” merupakan sesuatu yang berasal dari alam. Sehingga ketika menemukan label kecantikan organik dan natural, kamu dapat mendefinisikan bahwa produknya telah melewati persyaratan itu.



    (Baca Juga: Nih, Cara Dapatkan Wajah Cantik Tanpa Harus ke Dokter)


    Jika kamu tertarik untuk beralih menjadi bagian dari sustainable beauty, berikut adalah rutinitas kecantikan lengkap mulai dari skin-prep hingga makeup menggunakan produk bersertifikasi organik dan natural yang perlu dicoba!


    SKIN-PREP

    1. Eksfoliasi


    (Salah satu produk eksfoliasi untuk kulit wajah.Foto:Dok/ Sensatia Botanicals)


    Salah satu penyebab riasan tidak terlalu menempel pada kulit atau bahkan terlihat cakey adalah sel kulit mati. Langkah ini menjamin permukaan kulit tampak halus untuk hasil kompleksi yang sempurna. Pilihlah produk eksfoliasi harian, aplikasikan hingga ke area leher, lalu bilas dengan air hangat agar produk riasan tidak menebal ketika dipulas. 

    Rekomendasi: Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub Rp100.000. Formula zat aktif dari sari lidah buaya, kulit kacang kenari, dan ekstrak biji cokelat di dalamnya membantu menutrisi dan memperbaiki sel kulit agar tampak sehat dan cerah alami.


    2. Toner/Serum


    (Berbagai produk toner dan serum organik.Foto:Dok/Berbagai Sumber)

    Toner berguna untuk pemilik kulit berminyak, sedangkan serum bekerja dengan baik pada kulit yang kering. Tahap ini terbilang cukup penting karena membantu menghasilkan tampilan kulit yang supple dan cerah. 

    Rekomendasi: Herbivore Jasmine Green Tea Balancing Toner Rp750.000. Jasmine water yang diinfusi dengan teh hijau, lidah buaya, dan white willow bark menghadirkan produk yang kaya akan antioksidan dan mampu menyeimbangkan pH kulit.

    Solusi Organik Renewage Face Serum Rp412.000. Serum ini diperkaya dengan ekstra pelembap, grape seed, dan ekstrak licorice yang membantu mencerahkan, mengencangkan, serta mengatasi tanda penuaan pada kulit.


    (Baca Juga: Produk Kecantikan yang Dapat Dimakan)


    3. Pelembap


    (Pelembap kulit yang kering.Foto:Dok/Kora Organics)


    Tidak ada negosiasi untuk tahap yang satu ini! Wajah Anda wajib terlapisi oleh pelembap sesuai dengan jenis kulit yang menawarkan hidrasi sepanjang hari. Aplikasikan dengan gerakan menekan guna menstimulasi sel baik dalam kulit.

    Rekomendasi: Kora Organics Noni Glow Face Balm Rp550.000. Selain mudah digunakan, pelembap bertekstur balm ini memberikan asupan antioksidan berkat kehadiran minyak kelapa dan mawar serta ekstrak calendula dan noni yang memberi efek kilau alami pada kulit.


    4. Perawatan Bibir


    (Perawatan bibir yang agar tidak kering.Foto:Dok/Berbagai Sumber)


    Tak hanya kulit wajah, persiapkan juga kulit bibir dengan menggunakan lip scrub yang disusul dengan pengaplikasian lip balm agar tetap terjaga kelembapan dan kelembutannya. Langkah ini juga memudahkan pigmentasi lipstik dalam mengeluarkan warna yang sesungguhnya. 

    Rekomendasi: Gulaco Yummy Lip Scrub Kopi Rp45.000. Scrub natural ini terbuat dari biji kopi asli yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati pada bibir agar tampak sehat dan lembut. 

    Kln and Kind Lip Therapy Balm Rp60.000. Kandungan shea butter, cocoa butter, serta minyak alpukat dan argan dalam produk ini mampu memberikan hidrasi optimal pada bibir.


    (Baca Juga: 7 Pilihan Toner yang Tepat untuk Kulit Berminyak)


    MAKEUP


    1. Primer


    (Primer berfungsi untuk make up menempel.Foto:Dok/Vapour Beauty)

    Aplikasikan primer yang membantu mempersiapkan kulit Anda sebagai kanvas agar riasan mampu menempel sempurna. Primer juga berfungsi untuk mengontrol kadar sebum agar makeup tidak mudah teroksidasi. 

    Rekomendasi: Vapour Stratus Soft Focus Skin Perfecting Primer @DermStore Rp865.000


    2. Concealer


    (Memiliki kandungan yang ringan dan ampun menghidrasi kulit.Foto:Dok/RMS Beauty)

    Concealer sekaligus foundation dalam 16 shades ini diciptakan dengan formula yang ringan dan penuh hidarasi. Produk ini mampu meminimalisir penampakan pori-pori untuk hasil riasan yang tampak sehat dan glowing.

    Rekomendasi: RMS Beauty "Un" Cover-Up @Skin Store Rp516.960. 


    (Baca Juga: Produk Kecantikan Premium Buatan Indonesia)


    3. Palet 


    (Riasan multifungsi dalam satu palet.Foto:Dok/ILIA)


    Ciptakan riasan merona nan segar lewat palet multifungsi yang bisa dijadikan sebagai blush, highlighter, bronzer, serta eyeshadow bernuansa summer glow. Bahan kandungan palet ini terdiri dari minyak biji bunga matahari, shea butter, serta avocado oil yang menjaga kesehatan kulit.

    Rekomendasi: Ilia Essential Face Palette @Net A Porter Palette Rp615.000.


    4. Bedak


    (Riasan organik yang membuat wajah menjadi glowing.Foto:Dok/AU Naturale)

    Kunci riasan dengan bedak tabur berformula organik dan long-lasting juga mampu memberikan efek kilau pada wajah. Rekomendasi: Au Naturale Pore Minimizing Finishing Powder @Back To Basic Rp375.000. 

    (Baca Juga: Brand Premium Lokal Miliki Desain Original Organik)


    5. Lipstik 


    (Bite Beauty Lipstick dengan kandungan bahan alami.Foto:Dok/Bite Beauty)


    Kandungan shea butter, ekstrak grape seed, dan sweet almond oil dalam lipstik creamy ini menjanjikan tampilan bibir sehat dan terhidrasi yang hadir dalam 30 varian warna indah. Rekomendasi: Bite Beauty Amuse Bouche Lipstick Rp375.000


    (Teks: Amalta R. Dyandra)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below