6 Dampak Tidur Kurang dari 8 Jam


  • 6 Dampak Tidur Kurang dari 8 Jam
    (Foto: TinnaPong/Shutterstock/Clickphotos)

    Sewaktu masih kecil, ingatkah Anda seberapa sering orang tua "memohon" kita untuk tidur siang ataupun tidur malam tepat waktu? Mungkin pada saat itu, kita belum tahu bahwa tidur adalah hal yang paling dicari bagi orang dewasa.




    Berbeda dengan usia muda, saat ini waktu kita dipenuhi dengan pekerjaan yang tidak ada ujungnya, meeting yang tidak kenal waktu, dan janji bertemu dengan teman untuk sekedar melepas penat. Namun, menikmati tempat tidur dan memejamkan mata hingga pulas adalah hal yang sangat dibutuhkan, bukan?



    (Baca juga artikel: Cara Mudah Tidur Nyenyak)



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini enam dampak buruk kurang tidur dari delapan jam setiap malam.


    1. Penuaan Dini


    Hal yang paling ditakutkan oleh para wanita, dan mungkin juga pria. Tidak hanya kulit yang pucat dan mata bengkak, namun kurangnya waktu tidur malam dapat merusak kolagen pada kulit yang menyebabkannya kusam, tidak elastis, dan menimbulkan kerutan dan garis-garis halus. Hal ini disebabkan akibat meningkatkan hormon kortisol yang dapat menghancurkan fungsi protein utnuk merawat kulit.



    (Baca juga artikel: Manfaat Tidur Siang)


    2. Daya Ingat Menurun


    Pada saat tidur, syaraf-syarat pada otak sedang bekerja untuk memperkuat ingatan, menyimpn memori, dan mengolah data. Jika Anda kekurangan tidur, maka akan cepat lupa dan selalu merasa ngantuk sehingga kemampuan konstentrasi dan fokus menurun.


    3. Performa Seks Menurun


    Dampak kurang tidur membuat pria dan wanita cenderung mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual diakibatkan kurangnya stamina dan perasaan mengantuk yang sulit ditahan. Kebiasaan begadang juga dapat membuat pria terancam dengan kondisi kadar testosteron yang rendah. Hal ini menyebabkan menurunnya tingkat kesuburuan pria karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.



    (Baca juga artikel: Solusi Susah Tidur Sehari Sebelum Pernikahan)


    4. Sistem Imun Terganggu


    Akibatnya? Anda akan mudah sakit dan sulit untuk sembuh. Sistem imun tubuh menghasilkan protein yang dinamakan sitokin untuk membantu tubuh memerangi infeksi, peradangan, dan stres. Bayangkan jika Anda kekurangan produksi sitokin dalam tubuh.


    5. Menderita Penyakit Ganas


    Selain insomnia, orang yang kekurangan jam tidur akan berisiko terkena penyakit jantung, baik serangan jantung maupun gagal jantung. Tidur berperan penting dalam memperbaiki pembulu darah dan jantung. Kemungkinan besar lain diantaranya terkena diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, kerusakan tulang, bahkan risiko kanker.


    6. Gangguan Kesuburan Wanita


    Dampak kurang tidur selanjutnya yaitu dapat mengganggu kesuburan wanita. Saat tidur, tubuh sedang memproduksi hormon reproduksi sehingga mendukung kesempatan untuk hamil lebih tinggi. Jika kurang tidur, para wanita bisa mengalami gangguan kesuburan yang ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur, gelisah, dan emosi yang tinggi.


    Itu dia enam dampak kurang tidur dari delapan jam setiap malam. Tidur berkualitas akan menurunkan berbagai risiko kesehatan. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below