Hair & beauty

Penyebab Kulit Mengalami Penuaan Dini

By : Yolanda Deayu - 2017-01-16 11:09:55 Penyebab Kulit Mengalami Penuaan Dini

Banyak hal-hal yang tanpa Anda sadari dapat memengaruhi kondisi kesehatan kulit Anda. Ada juga hal-hal yang dapat membuat kulit Anda mengalami penuaan dini. Berikut adalah beberapa aktivitas dan hal yang membuat kulit Anda mengalami penuaan dini.

 

Kurang tidur

Hormon pertumbuhan dikeluarkan oleh otak saat Anda sedang tidur. Hormon ini berguna untuk menjaga berbagai jaringan tubuh dan regenerasinya, termasuk jaringan kulit. Jika Anda kurang tidur, hormon pertumbuhan tersebut juga akan berkurang sehingga tidak ada yang memperbarui jaringan kulit Anda.

 

Matahari

Radiasi yang dihasilkan oleh matahari mempercepat penghancuran dari jaringan kolagen yang ada di kulit Anda. Selain itu radiasi ini juga meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit kulit yang dapat membuat kulit Anda terlihat keriput, kasar, dan menjadi tipis.

 

Kurang makan buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang baik untuk kulit. Dengan memakan makanan yang memiliki antioksidan, tubuh Anda dapat melawan proses oksidasi yang menjadi cepat akibat radiasi matahari, merokok, dan polusi udara.

 

(Baca juga artikel: Cegah Penuaan Sejak Usia Dini)

 

Merokok

Perokok memiliki tingkat vitamin C yang jauh lebih rendah dibandingkan Anda yang tidak merokok. Sehingga garis halus yang ada di bagian kulit yang tipis seperti di samping mata atau di atas bibir muncul 10-15 tahun lebih cepat dibandingkan Anda yang tidak merokok.

 

Minum alkohol

Meminum alkohol terlalu sering dalam jumlah banyak dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua pada usia dini, karena dapat menyebabkan kulit menjadi berkerut, kehilangan kolagen, menjadi merah, bengkak, dehidrasi, dan kendur.

 

Stress dan depresi

Hormon yang dikeluarkan akibat stress, adrenalin dan kortisol, dapat mempercepat proses penuaan, termasuk kulit dan tulang. Sementara mengalami kesedihan dan putus asa dalam jangka waktu yang lama juga dapat membuat kulit Anda mengalami penuaan dini akibat terjadinya sel-sel yang mati secara prematur.

Hair & beauty