7 Cara Efektif Agar Kulit Wajah Tampak Lebih 'Glowing'


  • 7 Cara Efektif Agar Kulit Wajah Tampak Lebih 'Glowing'
    Ikuti tujuh tips berikut ini untuk mendapatkan kulit wajah tampak lebih glowing. (Image: Dok/Freepik)


    Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah yang cantik, sehat dan glowing? Berbagai perawatan kulit rela dilakukan untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih segar walaupun harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. 

    Namun, sebenarnya kulit sehat bisa didapatkan dengan cara yang sederhana, dari mulai membersihkan wajah rutin atau minum air putih yang banyak. Selain itu? Berikut 7 tips efektif yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kulit tampak lebih glowing, anti ribet. Mari disimak ulasannya!



    (Baca juga: Deretan Skincare Rutin Pagi dan Malam untuk Kulit Wajah) 


    1. Membersihkan Wajah Secara Rutin


    (Ilustrasi mencuci wajah. Foto: Dok/Freepik)


    Kunci kulit tampak lebih bercahaya yaitu dengan menyingkirkan kotoran, sisa makeup, minyak dan partikel polusi yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Dianjurkan untuk mencuci wajah dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur. 


    2. Minum Banyak Air Putih

    Ilustrasi minum air putih

    (Ilustrasi minum air putih. Foto: Dok/Freepik)


    Kamu perlu untuk memperhatikan asupan air yang kamu konsumsi, agar kulit tetap lembab dan glowing. Jika tubuh mengalami dehidrasi dan kekurangan air cenderung akan membuat kulit kering dan bersisik. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi air putih, minimal 8 gelas per hari. 


    (Baca juga : Tips Wajah Glowing a la Song Hye-Kyo)


    3. Jangan Lupa Eksfoliasi

    Ilustrasi Eksfoliasi

    (Ilustrasi eksfoliasi. Foto: Dok/Freepik)


    Salah satu cara yang tepat untuk membuat kulit tampak lebih glowing yaitu dengan melakukan pengelupasan kulit secara rutin atau eksfoliasi. Mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit dapat membuatnya lebih halus dan bercahaya. 

    Eksfoliator terdiri dari dua macam, physical exfoliator dan chemical exfoliator. Kedua macam ini sama-sama memiliki manfaat baik untuk kulit wajah. Physical exfoliator seperti face scrub, sedangkan chemical exfoliator seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid) dan PHA (Poly Hydroxy Acids). Jika kamu memiliki kulit kering cenderung sensitif sebaiknya hindari chemical eksfoliator dan maksimal lakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Sedangkan pemilik kulit jenis lainnya dapat menggunakan keduanya, maksimal tiga kali dalam seminggu. 


    3. Gunakan Pelembap dan Sunscreen


    (Ilustrasi menggunakan pelembap. Foto: Dok/Freepik)


    Kurangnya hidrasi membuat kulit kehilangan cahayanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengaplikasikan pelembap, setelah mencuci wajah. Oleskan pelembap pada pagi dan malam hari untuk menjaga hidrasi kulit, karena produk perawatan kecantikan yang satu ini mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan polusi. 

    Satu lagi, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen minimal SPF 30 PA +++, terutama buat kamu yang beraktifitas di luar ruangan. Namun, bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan sunscreen saat di dalam ruangan. Karena, walaupun kamu bekerja di dalam ruangan, kulit kamu juga tidak luput dari paparan sinar matahari yang dapat menembus jendela serta pancaran sinar monitor komputer.

    (Baca juga : 7 Tips agar Wajah 'Glowing' seperti Artis Korea)


    4. Konsumsi Teh Hijau


    (Ilustrasi minum teh hijau. Foto: Dok/Freepik)


    Mengonsumsi teh hijau dapat membantu kulit kamu tampak lebih bercahaya. Hal ini karena teh hijau mampu menghilangkan racun yang ada di tubuh kamu yang menjadi salah satu penyebab kulit wajah kusam, berjerawat dan komedo. 


    5. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi


    (Ilustrasi makanan bernutrisi. Foto: Dok/Freepik)


    Merawat kulit wajah agar tampak lebih glowing, tidak cukup hanya dilakukan dari luar saja, tetapi juga perlu didukung dengan konsumsi makanan yang bernutrisi. Makanan yang perlu dikonsumsi agar kulit wajah tampak glowing yaitu sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan brokoli. Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Makanan kaya lemak sehat seperti kacang almond dan ikan salmon. Makanan-makanan ini jika dikonsumsi secara rutin akan membuat kulit lebih glowing alami. 


    6. Olahraga Rutin


    (Ilustrasi olahraga. Foto: Dok/Freepik)


    Di samping menggunakan produk skincare dan melakukan perawatan, olahraga juga jadi faktor penting yang dapat membuat wajah tampak lebih bercahaya. Karena ketika berolahraga, detak jantung akan meningkat dan memompa lebih banyak darah di pembuluh. Kondisi semacam ini membuat aliran darah menjadi lancar sehingga dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada tubuh, termasuk kulit. Hal inilah yang membuat kulit tampak lebih bercahaya. 


    7. Pastikan Waktu Istirahatmu Cukup

    Pastikan waktu tidur cukup

    (Ilustrasi memiliki tidur yang cukup. Foto: Dok/Freepik)


    Selain rutin berolahraga, istirahat yang cukup juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit kamu. Tidur yang cukup merupakan cara yang efektif untuk memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh, sehingga kesehatan dan kecantikan kulit kamu tetap terjaga. 


    Selamat mencoba! 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below