Deretan Skincare Rutin Pagi dan Malam Untuk Kulit Wajah


  • Deretan Skincare Rutin Pagi dan Malam Untuk Kulit Wajah
    Tahapan penggunakan skincare pagi dan malam. (Foto:Dok/Review Geek)


    Bagaimanapun, kulit sehat menjadi kunci dari penampilan, meski bisa disiasati dengan riasan atau makeup. Oleh karenanya, perawatan kulit menjadi penting dilakukan. Apalagi jika aktivitas padat dan kulit dihadapi dengan sinar matahari dan polusi jalanan.

    Untuk merawatnya agar tetap optimal, memiliki skincare rutin untuk digunakan jadi hal yang tak boleh terlewatkan. Menggunakan pelembab, serum, toner dan lainnya sangat diperlukan kulit agar terjaga selama pagi dan malam. Dan jika bingung untuk memulainya, berikut skincare rutin yang harus digunakan saat pagi dan malam:



    (Baca Juga: Daily Morning Routine - Top 6 Skin Care Product)


    Pagi Hari


    (Tahapan menggunakan skincare di pagi hari.Foto:Dok.Beistaffjacketoutletsale)

    Sederet skincare yang digunakan saat pagi hari berguna untuk memberikan proteksi kulit dari paparan sinar matahari, polusi dan lainnya. Melansir laman Dermstore, Dr. Rogers menjelaskan bahwa untuk memberikan perlindungan pada kulit dipagi hari, maka sebaiknya hindari ragam produk yang memiliki kandungan retinol. 


    1. Pembersih Wajah

    Membasuh wajah dengan air hangat dipagi hari dengan pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulitmu, merupakan langkah utama sebelum menggunakan produk kecantikan yang berfungsi untuk menjaganya di pagi. Bersihkan wajah dengan maksimal agar skincare lain bisa menyerap ke dalamnya.


    2. Toner

    Toner berfungsi untuk mengoptimalkan antioksidan dalam kulit. Bahkan produk yang satu ini pula bisa mengembalikan Ph kulit dengan sempurna. Pilihlah toner dengan kandungan vitamin B di dalamnya dan rasakan khasiatnya!


    3. Serum Antioksidan

    Produk perawatan serum sangat diperlukan untuk memaksimalkan perlindungan pada sinar UV yang bisa merusak kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi dan bisa mencegah ragam permasalahan kulit lainnya. 

    (Baca Juga: 7 Serum untuk Kulit Wajah Cerah dan Cantik ala Korea)


    4. Krim Mata

    Mengaplikasikan krim mata bisa memelihara kesehatan dan kesehatan kulit sekitar mata. Dengan menggunakannya secara konsisten, kantong mata dan kelopak mata akan tetap elastis dan terjaga dari kerutan dan garis harus akibat kolagen yang menipis.


    5. Obat Jerawat

    Pemilik tipe kulit berminyak bisa menambahkan obat jerawat sebagai skincare rutin pagi dan malam. Namun jangan terburu-buru untuk memutuskan produk apa yang akan digunakan. Lebih baik konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, agar khasiatnya dapat dirasakan dengan optimal.

    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat)


    6. Moisturizer 

    Berfungsi untuk melembabkan kulit, moisturizer jadi salah satu rangkaian skincare rutin yang harus dimiliki. Bahkan bagi pemilik tipe kulit berminyak, pelembab juga dibutuhkan untuk melindungi dari infeksi dan bakteri yang berusaha masuk lewat polusi. Agar berfungsi dengan maksimal, gunakan moisturizer atau pelembab di saat kulit dalam keadaan lembab juga. Hal ini bisa mempermudah hidrasi kulit.


    7. Tabir Surya atau Sunscreen

    Penutup skincare rutin di pagi hari adalah sunscreen atau tabir surya yang berguna untuk memberikan proteksi paling kuat. Sebagai penjaga kulit paling depan, ia berfungsi untuk memberikan perlindungan pada sinar UVA dan UVB. Pilihlah sunscreen atau tabir surya yang berformulasi mineral dan jauh dari bahan kimia, dan rasakan manfaatnya.

    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik Untuk Liburan di Pantai)


    Malam Hari


    (Tahapan penggunaan skincare di malam hari,Foto:Dok.BussinessInsiderMalaysia)

    Malam hari menjadi waktu untuk tubuh beristirahat dan mengembalikan kekuatannya lagi. Hal ini pula terjadi pada kulit. Selain itu kulit juga akan memperbarui dirinya di saat itu. Oleh sebab itu, memiliki skincare rutin sangat baik untuk digunakan di malam hari, sebelum tidur. Agar kulit segar dan sehat dipagi hari, berikut perawatan kulit yang harus dilakukan sebelum memejamkan mata:


    1. Double Cleanser

    Setelah beraktivitas seharian kulit mungkin saja dipenuhi dengan debu dan kotoran yang menghambat pertumbuhannya di malam hari. Apalagi jika kulit tertutupi oleh makeup. Untuk menghindari hal ini terjadi, hapus seluruh produk kecantikan yang ada di wajah sebelum mencucinya.

    Agar bersih secara optimal, bersihkan dulu dengan minyak wajah seperti baby oil atau minyak zaitun. Kemudian setelahnya bisa menggunakan micellar water dan sabun wajah.


    2. Toner, Essences dan Booster

    Agar kulit tetap terasa lembab, menggunakan toner, essences dan booster adalah langkah yang tepat. Selain bisa memaksimalkan kadar air di dalam kulit, produk perawatan ini bisa membantuk kulit tetap tenang dan istirahat dengan maksimal.

    (Baca Juga: 7 Pilihan Toner yang Tepat untuk Kulit Berminyak)


    3. Krim Mata

    Mengurangi kerutan dan besarnya kantong mata bisa diatasi dengan krim mata berformulasi antioksidan dan vitamin. Oleskan pada lipatan mata, untuk merawatnya secara maksimal.


    4. Treatment Serum, Cream dan Pads

    Membantu regenerasi kulit diperlukan sederet produk perawatan kulit sepertim treatment serum, cream dan pads. Pilihlah produk kencantikan dengan kandungan retinol dan anti-aging mendapatkan kinerja yang maksimal.

    (Baca Juga: 10 Manfaat Vitamin C Pada Serum Untuk Kulit Wajah)


    5. Masker Hidrasi atau Face Oil 

    Pemilik kulit kering sangat dianjurkan untuk memiliki perawatan yang satu ini. Kedua produk ini membantu mengembalikan kadar mineral dalam kulit dan membantunya akan tetap lembab setiap hari.


    6. Moisturizer atau Krim Malam

    Menggunakan skincare rutin tidak hanya diperlukan saat siang, tapi juga di malam hari. Salah satunya moisturizer atau krim malam yang harus digunakan. Meski bertekstur lebih tebal, krim malam ini berfungsi untuk mencegah penguapan air saat tidur. Meski perlu waktu berjam-jam untuk menyerapnya, namun kulit sangat membutuhkannya agar tetap terjaga dan sehat di pagi hari



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below