6 Bahaya Menghapus Makeup Dengan Tisu Basah


  • 6 Bahaya Menghapus Makeup Dengan Tisu Basah
    Bahaya membersihkan makeup dengan tisu basah dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, mulai dari iritasi hingga jerawat. (Image: Dok/Freepik.com)


    Membersihkan makeup dengan menggunakan tisu basah kerap dilakukan oleh banyak wanita. Cara ini dianggap praktis dan cepat untuk membersihkan makeup. Padahal kenyataannya, membersihkan makeup dengan menggunakan tisu basah dapat berbahaya dan menyebabkan berbagai masalah kulit, mulai dari iritasi hingga jerawat.

    Faktanya adalah tisu basah tidak dirancang untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran yang menempel. Oleh karenanya, hal ini baiknya tidak dilakukan. 



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak buruk yang ditimbulkan jika membersihkan makeup dengan menggunakan tisu basah. 

    (Baca juga: 7 Rekomendasi Masker Charcoal untuk Atasi Masalah Kulit) 


    1. Dapat Menyebabkan Iritasi


    Tisu basah mengandung bahan kimia surfaktan, alkohol dan parfum yang jika digunakan terlalu sering dapat memicu iritasi kulit seperti gatal dan kemerahan. Terutama bagi kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari menghapus makeup dengan menggunakan tisu basah, karena hal ini justru meningkatkan risiko iritasi pada kulit. 


    2. Dapat Menimbulkan Jerawat

    wajah berjerawat

    (Ilustrasi Munculnya Jerawat. Foto: Dok/Freepik)


    Tisu basah tidak dapat membersihkan makeup dan mengangkat kotoran dengan sempurna. Hal ini menyebabkan sisa residu makeup dan kotoran tersebut bercampur dengan sebum yang kemudian akan menyumbat pori-pori. Kondisi semacam ini akan mengakibatkan munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 


    (Baca juga : 4 Cara Membersihkan Peralatan Makeup Dengan Mudah)


    3. Membuat Kulit Tampak Kusam


    Tidak hanya menyebabkan munculnya jerawat dan komedo, wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal juga dapat membuat kulit tampak kusam. Hal ini diakibatkan karena sel-sel kulit mati dan sisa residu kotoran masih menempel di kulit. 


    4. Menyebabkan Keriput dan Munculnya Garis Halus

    Wajah keriput dan kendur

    (Ilustrasi keriput dan garis halus. Foto: Dok/Freepik)


    Ketika membersihkan wajah dengan tisu basah, kamu perlu memberikan sedikit tekanan jika ingin wajah benar-benar bersih. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini dapat menimbulkan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Sebaiknya gunakan makeup remover untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran yang menempel. Lalu bersihkan dengan pembersih wajah (face wash). 


    (Baca juga : 7 Produk dan Alat Makeup yang Tak Boleh Dipakai Bersama)


    5. Membuat Kulit Area Bawah Mata Kendur


    Selain dapat menyebabkan keriput dan munculnya garis-garis halus, membersihkan makeup dengan tisu basah memiliki bahaya lain yaitu dapat membuat kulit area bawah mata kendur. Bagian kulit ini memang sangat sensitif dan tipis, sehingga saat kamu menggosokan tisu basah secara berulang dan terus-menerus akan menyebabkan kulit mudah mengendur. Sebaiknya gunakan eye makeup remover yang berbahan dasar minyak untuk mengangkat sisa makeup mata. Tuangkan secukupnya pada kapas, lalu usap dengan lembut secara satu arah untuk menghindari kulit mengendur dan iritasi. 


    6. Membuat Kulit Kering


    Tisu basah biasanya mengandung alkohol dan pewangi yang kuat. Kandungan-kandungan tersebut dapat menghilangkan kelembapan alami di wajah yang membuat wajah menjadi lebih kering dan terlihat kasar. 


    Itulah enam dampak buruk yang disebabkan oleh penggunaan tisu basah untuk membersihkan makeup. Jika ingin menghindari risiko-risiko tersebut, sebaiknya selalu luangkan waktu untuk membersihkan wajah secara maksimal. Jika kamu memang dalam keadaan terdesak atau tidak memiliki banyak waktu, pastikan kamu menggunakan facial wipes yang memang ditujukan untuk kulit wajah. Pilih facial wipes yang bebas alkohol dan parfum. Satu lagi, tetap bilas wajah kamu dengan pembersih wajah (face wash) yang lembut setelah menggunakan facial wipes



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below