5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit


  • 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit
    Olahraga yang bisa dilakukan dalam waktu 30 menit (Foto: Dok. Freepik)


    Tidak dapat dipungkiri bahwa menunda-nunda untuk berolahraga menjadi kebiasaan buruk bagi sebagian wanita. Apalagi bagi kamu yang memiliki aktivitas yang padat, mungkin tidak ada waktu untuk berolahraga. Meskipun sebenarnya bisa dilakukan dengan menyiasati waktu yang singkat untuk berolahraga. 

    Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Public Health, latihan rutin 30 menit sehari dapat mengurangi berat badan tiga kali lebih banyak dibandingkan latihan yang rutin dilakukan selama satu jam sehari atau lebih. 



    (Baca juga artikel: 10 Tips Bikin Hidup Lebih Bahagia di Usia 20-an Tahun)

    Nah, apa sajakah olahraga yang tepat dan efektif bila dilakukan selama 30 menit? 


    1. Pilates

    Kamu suka jenis olahraga yang tidak membuat tubuh terlalu banyak bergerak? Pilates adalah salah satu pilihan olahraga yang tepat. Mirip dengan olahraga yoga, pilates dirancang untuk membangun kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan otot tubuh. Melakukan olahraga ini selama 30 menit akan membakar kalori tubuhmu cukup banyak.


    2. Trail Running

    Olahraga lari menjadi salah satu jenis olahraga yang paling sering direkomendasikan. Hal ini karena olahraga lain tak hanya efektif menurunkan berat badan tubuh dan menjaga kesehatan saja, tetapi juga mampu membuat tubuh dan jiwa menjadi lebih tenang bahkan dilakukan hanya 30 menit.

    Lakukan trail running di alam terbuka yang memiliki udara yang segar jika kamu juga ingin mendapatkan ketenangan jiwa. 


    3. Renang

    Bagi para pecinta renang, bersyukurlah kalau olahraga yang satu ini mampu membakar kalori seluruh tubuh secara maksimal meski dilakukan hanya selama 30 menit. Mulai dari otot utama seperti punggung, pundak, perut hingga lengan pun bekerja dengan sangat baik, sehingga kamu bisa mendapatkan tubuh ideal lebih cepat. 


    4. Yoga

    Jika kamu membutuhkan olahraga yang penuh dengan ketenangan, yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Yoga merupakan olahraga yang mengutamakan keseimbangan tubuh dan jiwa melalui latihan peregangan, pernapasan dan relaksasi.

    Melakukan yoga selama 30 menit mampu mengurangi stres dan rasa gelisah yang selama ini kamu derita. Jadi sangat cocok untuk dilakukan sebelum maupun setelah melakukan aktivitas. 


    5. Zumba

    Kamu senang mengajak teman-teman terdekatmu untuk turut berolahraga? Sepertinya zumba menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan bila dilakukan bersama girls squad! Dengan lantunan musik yang energik, membuat badan kita terus bergerak sesuai dengan irama lagu bahkan tanpa disadari keringat telah membanjiri tubuh kamu. 

    (Baca juga artikel: 7 Gerakan untuk Mengecilkan Paha Tanpa Perlu Nge-gym)

    Biasanya setiap sesi zumba dilakukan selama 30-50 menit. Namun melakukannya selama 30 menit sudah cukup membakar kalori cukup banyak kok.


    Untuk hidup lebih sehat ternyata tidak sesulit dan menyita waktu yang seperti kamu bayangkan, kan? Yuk, sharing maupun bertanya mengenai kesehatan tubuh bersama dr. Carlinda Nekawaty di sini. Dapatkan voucher MAP senilai Rp500.000,- untuk 3 orang penanya terbaik serta voucher MAP senilai Rp200.000 untuk 5 ulasan produk terbaik. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below