7 Perlengkapan Liburan yang Tak Perlu Dibawa


  • 7 Perlengkapan Liburan yang Tak Perlu Dibawa
    Bawalah perlengkapan liburan secukupnya saja. (Foto: Dok/Unsplash.com)


    Pergi berlibur memang dapat menjadi salah satu cara untuk melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Namun, yang kerap menjadi masalah adalah ketika mengemas barang-barang untuk liburan. Pasalnya, jika tidak dikemas dengan benar, kamu harus membawa barang dalam jumlah yang banyak. Tanpa kamu sadari, hal itu bisa mengganggu liburanmu. 

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini delapan perlengkapan liburan yang tidak perlu kamu dibawa. 



    (Baca juga: 7 Perlengkapan Skincare yang Perlu Dibawa Saat Liburan) 


    1. Perhiasan

    Perhiasan

    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Freepik)


    Ketika liburan, tidak ada gunanya membawa banyak perhiasan. Lebih baik, tinggalkan perhiasan di rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan barang berharga saat liburan. Namun, jika kamu khawatir meninggalkan perhiasaan ketika rumah kosong, kamu bisa menitipkannya kepada keluarga terdekat. 


    2. Barang yang Tidak Dipakai

    perlengkapan liburan

    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Freepik)


    Jika kamu termasuk orang yang senang membawa barang lebih untuk berjaga-jaga, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut dan bawa barang secukupnya saja. Bawalah pakaian sesuai yang akan dikenakan saja dan bawalah maksimal dua sepatu. Pilihlah sepatu yang nyaman dipakai dan bisa dipadupadankan dengan berbagai macam busana. Jika memang ada keadaan mendesak dan kamu membutuhkan pakaian atau sepatu baru, belilah di toko terdekat. Selain bisa digunakan, barang tersebut juga bisa menjadi kenang-kenangan. 


    3. Peralatan Olahraga 

    Peralatan olahraga

    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Freepik)


    Perlengkapan liburan berikutnya yang tidak perlu kamu bawa adalah peralatan olahraga. Mengapa tidak perlu? Karena biasanya, hotel tempatmu menginap memiliki fasilitas olahraga. Namun, jika tempat kamu menginap tidak menyediakan fasilitas ini, kamu bisa melakukan olahraga yang tidak membutuhkan alat seperti lari, sit up atau push up


    (Baca juga : 8 Perlengkapan Makeup yang Wajib Dibawa Saat Liburan)


    4. Alat mandi

    Peralatan mandi

    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Freepik)


    Perlengkapan liburan yang satu ini juga tidak perlu kamu bawa, karena biasanya hotel atau tempat penginapan akan menyediakan alat mandi seperti handuk, sabun, sampo, sikat dan pasta gigi. Jadi kamu tidak perlu membawanya lagi dari rumah, sehingga dapat menghemat ruang di koper. 


    5. Peralatan Kamera

    perlengkapan kamera

    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Pexels.com)


    Pergi berlibur tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen-momen seru saat liburan. Tetapi, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus untuk dibagikan di akun sosial media, kamu tidak perlu membawa peralatan kamera yang lengkap. Hal tersebut hanya akan menambah beban berat koper kamu. Tipsnya, cukup berfoto dengan menggunakan kamera handphone saja, atau bawalah salah satu kameramu, seperti DSLR. 


    6. Banyak Buku

    Buku Novel

    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Unsplash)


    Menghabiskan waktu di perjalanan dengan membaca buku memang terdengar menyenangkan. Namun, bukan berarti kamu perlu membawa buku terlalu banyak. Buku akan memakan ruang di tas atau koper kamu karena bentuknya yang berat dan tebal. Cukup bawa satu hingga dua buku saja. Lagi pula saat liburan kamu tidak akan memiliki banyak waktu untuk membaca buku. Kamu juga bisa memanfaatkan smartphone atau e-book untuk membaca buku digital. 


    (Baca juga : 7 Perlengkapan Skincare yang Patut Dibawa Saat Liburan)


    7. Pengering Rambut


    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Unsplash)


    Hotel biasanya menyediakan pengering rambut di setiap kamar. Jika tidak, kamu bisa menghubungi resepsionis dan meminta mereka mengantarkannya ke kamar.

     

    8. Makanan 

    Makanan

    (Ilustrasi perlengkapan liburan yang tidak perlu dibawa. Foto: Dok/Unsplash)


    Membawa makanan di dalam koper bukanlah barang wajib yang perlu kamu bawa saat liburan. Kamu bisa membelinya di toko atau resto terdekat ketika sampai di tempat tujuan. Selain dapat menghemat tempat di koper, kamu juga bisa sembari mencicipi makanan khas destinasi wisata kamu.