Hair & beauty

7 Perlengkapan Skincare yang Patut Dibawa Saat Liburan

By : Fariza Rahmadinna - 2023-04-12 12:00:00 7 Perlengkapan Skincare yang Patut Dibawa Saat Liburan


Masa liburan tiba, saatnya berkemas! Namun, jangan lupa bawa perlengkapan perawatan kulit, agar perjalanan tetap nyaman dilakukan dan kulit tetap sehat terawat. Perlengkapan skincare ini menjadi penting apalagi mengingat cuaca tak menentu, misalkan panas menyengat, atau polusi dan kotoran yang dapat membuat kulit kusam, kering atau menyebabkan munculnya jerawat. Untuk menghindari hal itu terjadi, kamu perlu untuk membawa beberapa ragam produk skincare selama liburan. Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tujuh produk skincare yang wajib dibawa saat liburan.


(Baca juga: 8 Perlengkapan Makeup yang Wajib Dibawa Saat Liburan) 


1. Produk Pembersih Wajah


(Ilustrasi skincare. Foto: Dok/Freepik.com)


Produk skincare yang wajib kamu bawa ketika berliburan adalah produk pembersih wajah seperti face wash dan makeup remover. Membersihkan wajah adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk menjaga kulitmu tetap bersih dan terawat. Apalagi buat kamu yang gemar menggunakan makeup selama liburan agar penampilan tetap on point. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa produk pembersih wajah saat liburan untuk menjaga kulit agar terbebas dari berbagai masalah kulit selama liburan, seperti kulit kusam hingga berjerawat.


2. Sunscreen 


(Ilustrasi skincare. Foto: Dok/Freepik.com)


Sunscreen adalah item yang tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya pada saat liburan, sunscreen juga wajib untuk digunakan sehari-hari. Di cuaca yang panas ataupun dingin, kamu tetap harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit kamu. Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 dan gunakan 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.


3. Moisturizer

(Ilustrasi skincare. Foto: Dok/Freepik.com)


Beauty item yang satu ini tidak boleh terlewatkan, karena di mana pun kamu berada, berlibur ke daerah panas atau dingin, moisturizer atau pelembap adalah produk perawatan kulit yang wajib kamu bawa. Pelembap berfungsi untuk tetap memberikan kelembapan terhadap kulitmu. Gunakan pelembap paling tidak dua kali dalam sehari, setelah mandi dan sebelum tidur, agar kulit tetap lembap dan terawat.


4. Lip Balm


(Ilustrasi skincare. Foto: Dok/Pexels.com)


Tidak hanya perlu menjaga kelembapan kulit wajah saja, kelembapan bibir juga perlu kamu perhatikan. Pilih lip balm yang mengandung SPF agar bibir terlindungi dari bahaya sinar UV. Tipsnya, lip balm juga bisa digunakan untuk melembapkan siku dan lutut kalau dibutuhkan. Praktis bukan? 


5. Oil Paper


(Ilustrasi oil paper. Foto: Dok. Clean & Clear)


Produk ini sangat penting buat kamu yang memiliki wajah berminyak. Oil paper digunakan untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Kamu bisa gunakan oil paper saat ingin melakukan touch up make up agar wajahmu tidak terlihat terlalu berkilap.


(Baca juga : 5 Tips Agar Bekerja Saat Liburan Lebih Mudah Dilakukan)


6. Face Mist


(Ilustrasi face mist. Foto: Dok. Pond's)


Perlengkapan makeup untuk liburan yang perlu kamu bawa selanjutnya adalah face mist. Beauty item ini berguna untuk memberikan kesegaran dan melembapkan wajah setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Face mist juga wajib kamu bawa jika kamu sedang bepergian jauh, terutama di atas pesawat yang cenderung membuat kulitmu menjadi kering. Cara menggunakannya pun mudah, hanya tinggal semprot, wajah akan langsung segar kembali. 


7. Sheet Mask


(Ilustrasi sheet mask. Foto: Dok. freepik)


Saat pergi berlibur, kulit bisa tampak kusam dan lelah. Jangan meremehkan pula breakout yang bisa muncul tiba-tiba akibat ketidakcocokan air atau cuaca saat kamu mengunjungi tempat baru tempat baru. Untuk itu, masukan sheet mask pada tahap perawatan kulitmu yang wajib dibawa saat liburan. Sheet mask bermanfaat untuk mencerahkan dan memberi kesegaran pada kulit wajah, juga bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit dalam satu malam. Kamu bisa menggunakan sheet mask di malam hari setelah lelah beraktifitas seharian. 



Selain tujuh produk skincare yang sudah disebutkan di atas, kamu juga perlu untuk membawa produk perawatan kulit yang rutin kamu gunakan pagi dan malam hari. Untuk meminimalisir barang bawaan yang menumpuk, kamu bisa memindahkan isi skincare kamu ke botol travel size atau membeli produk perawatan kulit dengan ukuran yang lebih kecil dan praktis (travel size). Hal ini dapat menghemat tempat di koper dan mengurangi beban barang bawaan kamu. 


Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Sudah adakah rencana destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi? Jangan lupa bawa rangkaian skincare-mu, ya!

Hair & beauty