Life & health

Manfaat Akar Ginseng Bagi Kesehatan

By : Amalta Rifani - 2017-04-07 23:10:17 Manfaat Akar Ginseng Bagi Kesehatan

Akar ginseng sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai tanaman herbal alami untuk pengobatan. Berikut beberapa penjabaran mengenai khasiat akar ginseng bagi kesehatan manusia.

 

1. Meningkatkan kekebalan sistem imun

Mengandung zat aktif yang bisa merangsang terbentuknya antibodi, akar ginseng mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan jika terserang flu ataupun pilek.

 

(baca juga artikel: 5 Makanan yang Meningkatkan Sistem Imun Tubuh)

 

2. Memperlancar peredaran darah dan sistem saraf

Zat aktif dalam akar ginseng mampu memperlancar peredaran darah, sistem saraf, dan jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, serta membuat awet muda.

 

3. Memperkuat daya ingat

Zat di dalam akar ginseng dapat memperbaiki daya ingat otak dan sudah pernah teruji pada penderita stroke yang mengalami kepikunan.

 

(baca juga artikel: 10 Gejala Demensia yang Perlu Diketahui)

 

4. Memerangi insomnia

Salah satu penyebab insomnia adalah penyerapan gizi yang tidak sempurna. Glandula endokrin di dalam otak yang berperan untuk mengatur hormon-hormon dalam tubuh akan lebih optimal jika mengonsumsi akar ginseng.

 

(baca juga artikel: Mengatasi Insomnia dengan Makanan Ini)

 

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Journal Pengobatan Cina menyebutkan bahwa ginsenosides mempunya efek anti-tumor dan dapat menyebabkan kerusakan sel pada kanker prostat, kanker ovarium, adenokarsinoma paru-paru, dan neuroblastoma. Manfaat lain akar ginseng dapat menghambat siklus sel kanker.

 

6. Mengatasi diabetes tipe 2

Akar ginseng dapat mengontrol gula darah terutama bagi penderita diabetes 2, serta mencegah gula darah melonjak terlalu tinggi. Namun jangan menggabungkan obat diabetes dengan ginseng karena bisa menyebabkan kadar gula terlalu rendah.

 

(baca juga artikel: Cara Mencegah Diabetes)

 

7. Menciptakan tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat

Khasiat dari akar ginseng juga dapat memberikan energi pada tubuh dan pikiran sehingga terasa segar kembali. Selain itu, mengonsumsinya dapat mengurangi tingkat stres karena mengandung zat yang mampu mengontrol hormon adrenalin.

 

(baca juga artikel: Kebiasaan Buruk Saat Stres dan Cara Mengatasinya)

 

8. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa zat ginsenocides dalam akar ginseng juga mampu mengurangi kolesterol jahat.

 

(baca juga artikel: Makanan Penurun Kolesterol)

 

9. Meredakan nyeri saat haid

Para wanita juga dapat merasakan manfaat akar ginseng jika mengonsumsinya pada saat datang bulan, karena dapat meredakan rasa sakit, nyeri, dan kram perut.

 

(baca juga artikel: 5 Cara Mengatasi Kram Menstruasi)

Life & health