5 Cara Mengatasi Kram Menstruasi



  • Saat memasuki siklus menstruasi, para wanita cenderung merasakan nyeri dan kram pada perut. Kram perut terjadi karena otot rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi. Berikut adalah beberapa cara praktis untuk meringankan kram menstruasi yang melanda Anda.

    Meminum Teh Herbal

    Salah satu teh herbal yang digunakan untuk mengurangi kejang otot yang memicu kram adalah crampbark dan peppermint. Teh herbal yang diseduh dengan air panas juga membantu menghangatkan perut Anda.



    Konsumsi Minyak Ikan dan Vitamin B1

    Minyak ikan dan Vitamin B1 bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dan fungsi otot. Kedua suplemen ini dapat mengobati kram menstruasi yang disebabkan randang otot pada perut Anda.

    Pijat dengan Essential Oil

    Memijat lembut perut Anda dengan minyak esensial juga mampu mengurangi kram menstruasi. Pilihlah essential oil beraroma relaksasi seperti lavender, clary sage dan majoram.

    Kompres dengan Botol Air Panas

    Isilah botol dengan air panas dan kompres perut Anda. Saat dikompres, secara perlahan otot-otot rahim yang berkontraksi akan sedikit rileks sehingga dapat meredakan sakit kram.

    Sedia Painkiller yang Aman

    Memang tidak semua orang memilih menggunakan obat-obatan untuk meredakan kram dan nyeri saat menstruasi. Jika Anda memilih painkiller untuk mengatasinya, carilah obat-obatan yang aman dan sesuai dengan resep dokter.

     

    (FOTO: KASPARS GRINVALDS/SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below