Kebiasaan Buruk Saat Stres dan Cara Mengatasinya


  • Kebiasaan Buruk Saat Stres dan Cara Mengatasinya
    (Foto: Sebastian Gauert/Shutterstock)

    Ketika stres dan rasa gelisah mulai melanda, sadarkah Anda melampiaskannya dengan hal-hal kecil seperti mengigit kuku, menggoyang-goyangkan kaki, dan reaksi tubuh lainnya yang tidak dapat dikontrol?

    Kegiatan tersebut berdampak buruk terhadap kesehatan. Berikut adalah kebiasaan buruk saat stress yang sering terjadi pada kebanyakan orang dan cara mengatasinya.



    Mengigit Kuku

    Saat perasaan sedang tegang, tubuh secara tidak langsung akan menarik energi mulai dari sel-sel kuku hingga ke organ vital. Tanpa mengigitnya, stres sudah dapat menyebabkan kuku rapuh.

    Solusi: Konsumsi makanan yang kaya protein, omega 3, dan vitamin B seperti telur, salmon, dan kacang untuk memulihkan kekuatan kuku. Oleskan minyak almond pada kutikula di malam hari untuk melembapkan kuku.

    Menggoyangkan Kaki

    Menggerak-gerakan kaki seperti penjahit saat stres melanda merupakan tanda gangguan pada tubuh Anda. Gerakan tanpa sadar ini dikontrol langsung oleh otak dan emosional seseorang.

    Solusi: Berusahalah untuk duduk tegak agar kaki tidak bergerak sembarangan, dan biasakanlah olahraga yang banyak melibatkan gerakan pada kaki.

    Menggertakkan Gigi

    Selain terdengar mengilukan, kebiasaan menggertakkan gigi dapat menyebabkan pembengkakan otot rahang dan kelainan pada gigi seperti gigi patah, tanggal, dan tidak menyatu.

    Solusi: Kunyahlah permen karet untuk meredakan stres dan menghindari kerusakan pada gigi.

    Menarik-narik Rambut

    Kebiasaan menarik-narik rambut ternyata merupakan kelainan medis yang sering dikaitkan dengan gejala sakit fisik atau mental akan rasa kehilangan terhadap sesuatu hal.

    Solusi: Jika kebiasaan ini tidak terlalu parah yang memicu penyakit trichotillosis, hal yang dilakukan adalah melalui kontrol diri dan kewaspadaan penuh akan gerak motorik yang dilakukan.

     




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below