Cara Mencegah Diabetes



  • Penyakit diabetes mulai menjadi penyakit serius di era modern ini. Meski kadang diabetes terjadi karena sifat turunan, kadang penyakit ini juga bisa diderita akibat pola hidup yang tidak sehat. Berikut cara menghindari diabetes dengan mengubah gaya hidup Anda.

    Kurangi makanan berlemak

    Makanan berlemak dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Cegah hal ini dengan mengurangi konsumsi junk food, jeroan, dan lainnya. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, diabetes bisa mengintai Anda. Utamakan menu berbahan sayur dan buah.



    Mengurangi makanan dan minuman manis

    Zat gula dalam minuman bersoda atau pun makanan yang terlalu manis juga dapat mengakibatkan penyakit kencing manis atau diabetes. Batasi jenis makanan dan minuman ini dengan mencari opsi yang lebih sehat.

    Porsi makan yang lebih sedikit

    Naiknya berat badan akibat obesitas atau kegemukan juga bisa memicu meningkatnya gula darah. Sebaiknya, kurangi porsi makan Anda atau siasati dengan menggunakan piring yang lebih kecil.

    Hilangkan stres

    Salah satu pemicu utama dari segala macam penyakit adalah stres. Tekanan pikiran yang menghantui Anda hanya akan menciptakan berbagai jenis penyakit jika tak segera diselesaikan. Anda bisa mencoba liburan singkat ke pantai atau gunung.

    Tidak melupakan sarapan

    Mereka yang terbiasa untuk tidak sarapan di pagi hari biasanya cenderung memiliki kadar gula darah lebih tinggi dibanding mereka yang sarapan.

     

    (FOTO: PHOTOCRED MICHAL BEDNAREK/SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below