10 Gejala Demensia yang Perlu Diketahui


  • 10 Gejala Demensia yang Perlu Diketahui
    (Foto: HBRH/Shutterstock/Clickphotos)

    Meski biasanya penyakit ini menyerang orang berusia 65 tahun ke atas, mengenali gejala-gejala penyakit demensia ini akan membuat Anda berjaga-jaga sejak dini. Menurut Alzheimer's Indonesia, ini dia gejalanya:

    1. Gangguan daya ingat. Anda sering lupa akan kejadian yang BARU saja terjadi.



    2. Sulit fokus. Jika orang yang pikun biasanya hanya lupa pada detail, sedangkan penderita demensia bisa lupa sama sekali pada apa yang terjadi dengan dirinya. Bahkan kehilangan kemampuan melaksanakan tugas yang paling mendasar seperti makan dan mengoperasikan telepon.

    3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar. Seringkali sulit menyelesaikan tugas sehari-hari, seperti mengemudi atau mengatur keuangan.

    4. Disorientasi. Nah, ini pasti sering terjadi pada Anda, yakni bingung akan waktu (hari/tanggal), bingung di mana lokasi Anda berada, dan tidak tahu jalan pulang ke rumah.

    5. Kesulitan memahami visuispasial. Sulit untuk membaca, mengukru jarak, membedakan warna, hingga menuangkan air di gelas namun tumpah.

    6. Gangguan berkomunikasi. Anda seringkali sulit mencari kata yang tepat dan berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

    7. Menaruh barang tidak pada tempatnya. Anda sering lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

    8. Salah membuat keputusan. Berpakaian tidak serasi, tidak dapat merawat diri, dan tidak bisa memperhitungkan pembayaran dalam bertransaksi.

    9. Menarik diri dalam pergaulan. Jika Anda tidak bersemangat saat hendak berkumpul dengan teman-teman, atau Anda tidak berinisiatif melakukan aktivitas atau hobi.

    10. Perubahan perilaku dan kepribadian. Emosi Anda berubah secara drastis, selalu tergantung pada orang lain, dan mudah putus asa.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below