Inilah Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur


  • Inilah Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur
    Inilah Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur. (Foto: Dok. Senivpetro/Freepik)

    Sebelum menggunakan produk perawatan kulit, kamu perlu untuk menyesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit, serta kandungan di dalam produk perawatan kulit. Karena, jika sembarangan menggunakan produk perawatan kulit justru dapat menimbulkan masalah kulit baru, seperti iritasi dan memicu breakout. Perlu diketahui, ada beberapa kandungan skincare yang tidak dapat digunakan secara bersamaan. Apa saja? Check it out!


    Vitamin C + AHA/BHA




    Mengapa penggunaan vitamin C tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA? Ini karena kedua kandungan skincare bisa mengganggu keseimbangan pH asam pada kulit, sehingga dapat menyebabkan iritasi. Namun, kamu dapat menggunakan kedua kandungan skincare ini secara bergantian, gunakan produk AHA/BHA seminggu sekali jika kamu sedang menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C, untuk meminimalisir risiko masalah kulit. 


    (Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik Tahun Ini)


    Retinol + Vitamin C


    Sebagaimana diketahui, retinol dan vitamin C merupakan kandungan skincare yang bagus untuk meningkatkan kolagen, melawan radikal bebas dan mencerahkan kulit. Namun sayangnya, penggunaan kedua kandungan skincare ini secara bersamaan dapat membuat manfaatnya menjadi tidak maksimal. Solusinya, gunakan retinol dan vitamin C secara bergantian, pagi dan malam hari, atau di hari yang berbeda


    (Baca Juga: Deretan Skincare Rutin Pagi dan Malam Untuk Kulit Wajah)


    Niacinamide + Vitamin C


    Niacinamide dapat membuat kerja vitamin C menjadi tidak maksimal. Selain itu, kombinasi kedua kandungan skincare ini akan menghasilkan Niacin, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan kemerahan dan rasa perih pada kulit berjerawat. Oleh karena itu, ada baiknya gunakan niacinamide dan vitamin C pada waktu dan hari yang berbeda. 


    (Baca Juga: Kamu Memiliki Kulit Kering? Hindari 6 Kandungan Skincare Ini)


    Retinol + AHA/BHA


    Retinol dapat membantu mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit secara alami, sementara AHA/BHA juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan kata lain, kadua bahan skincare ini sama-sama bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan kulit. Namun, penggunaan kedua kandungan skincare ini secara bersamaan tidak akan membuat kamu mendapatkan hasil yang maksimal, tetapi justru dapat membuat kulit mengalami eksfoliasi berlebihan dan mengakibatkan kemerahan, iritasi dan lebih sensitif terhadap matahari. Oleh karena itu, gunakan retinol dan AHA/BHA ini secara bergantian, pagi dan malam hari, atau gunakan pada hari yang berbeda. 


    (Baca Juga: Hindari 7 Kandungan Skincare Ini Untuk Kulit Berjerawat)


    Retinol + Benzoyl Peroxide


    Kedua kandungan skincare ini sama-sama mampu untuk mengatasi masalah jerawat. Namun, penggunaan retinol dan benzoyl peroxide secara bersamaan justru tidak akan memberikan dampak positif pada kulit. Ini karena, retinol dan benzoyl peroxide dapat menghentikan efektifitas satu sama lain. Untuk hasil yang maksimal, gunakan benzoyl peroxide pada waktu dan hari yang berbeda.