5 Kandungan Skincare Terbaik Tahun Ini


  • 5 Kandungan Skincare Terbaik Tahun Ini
    Formula, bahan, atau ingredients dalam skincare yang populer dan baik untuk kesehatan kulit. (Black and Brown Brush on Sauce. Foto: Dok. Pexels)

    Setelah mengetahui 20 toxic ingredients yang berdampak buruk pada kulit, saatnya bekenalan dengan lima kandungan skincare yang paling  populer saat ini. Mereka memberikan aneka nutrisi dan manfaat yang luar biasa pada kulit. Jadi, pastikan produk perawatan kulit harianmu mengandung aneka formula bergizi di bawah ini!


    #1 AIR MAWAR

    Kenapa populer? Tak hanya harum, air mawar juga dikenal dengan aneka manfaat kecantikannya sejak berabad-abad lalu. Bahkan Cleopatra, Ratu Mesir yang melegenda, gemar berendam di dalamnya dan menjadikannya bahan wajib untuk ritual perawatan kulitnya. Air mawar sendiri memiliki kegunaan untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Selain itu, ingredient natural ini juga beraksi sebagai antiseptik, anti-inflamasi, dan antioksidan. Sehingga semua jenis kulit dapat merasakan manfaatnya. Untuk mendapatkan khasiat air mawar, kini kamu tak perlu repot melakukan proses distilasi kelopak bunga mawar sendiri. Sekarang sudah banyak produk-produk kecantikan yang menjadikan air mawar sebagai bahan dasarnya, seperti Mamonde Rose Water Toner. 

    (Mamonde Rose Water Toner. Foto: Dok. Amorepacific Indonesia)

    Toner ini menggunakan Damask Rose sebagai kandungan intinya. Damask Rose merupakan jenis mawar terbaik dan paling berkualitas dibandingkan jenis bunga mawar lainnya. Damask Rose di dalam Mamonde Rose Water Toner diseleksi dan dipetik oleh para ahli botani pada pagi hari saat embun masih segar-segarnya. 

    Ini membuat Mamonde Rose Water Toner terasa begitu lembut saat diaplikasikan ke kulit. Ia juga memberi kelembapan dan efek soothing seketika. Selain itu, toner ini mampu menyingkirkan sel kulit mati dengan lembut, serta memperhalus kulit yang flaky dan kasar. Ini merupakan langkah penting agar kulit dapat menyerap perawatan selanjutnya dengan optimal, plus ia membuat wajah tampak lebih berkilau. 

    Mamonde Rose Water Toner juga sangat fleksibel untuk digunakan. Mulai dari penggunaan dengan kapas layaknya toner biasa, atau dipindahkan ke botol semprot untuk dijadikan face mist. Kamu juga bisa menuangkannya ke spons makeup agar foundation dapat dibaurkan lebih sempurna. Jika ingin perawatan yang lebih intens, kamu juga bisa menuangkannya ke beberapa lembar kapas dan kompres ke wajah selama 10 menit seperti sheet mask. Multifungsi!

    (Foto: Dok. Amorepacific Indonesia)

    Produk ini biasanya berukuran 250ml, nah, sekarang kamu bisa mendapatkan set ekslusif Rose Water Toner yang berukuran 500ml hanya di Mamonde Official Shop di Shopee.


    #2 CENTELLA ASIATICA (CICA)

    Kenapa Populer? Dikenal juga sebagai tiger grass, gotu kola, Indian Pennywort, atau daun pegagan. Awalnya merupakan tanaman liar yang sering digunakan macan untuk berguling-guling saat mereka terluka. Dari situ, masyarakat India mulai menggunakannya sebagai obat luka, baik ditumbuk lalu diaplikasikan pada kulit atau diseduh sebagai teh.



    Ternyata, kandungan glikosida madekosida yang berperan sebagai agen anti-inflamasi serta triterpenoid sebagai antilepra adalah alasan di balik kehebatannya. Kini cica merupakan formulasi skincare yang membantu menenangkan dan melembapkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi jerawat, hingga melawan tanda penuaan. 


    (Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner. Foto: Dok. Skin1004)


    #3 NIACINAMIDE

    Kenapa Populer? Perannya penting dalam menjaga kesehatan, sistem pencernaan, saraf, hingga fungsi otak. Semua berkat kekayaan niacin atau vitamin B3 di dalamnya. Formula ini telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi, membantu memperbaiki dan melindungi kulit, meningkatkan performa lapisan epidermis, mengatasi jerawat dan rosacea, mengontrol sebum alami kulit, serta meminimalisir penampakan garis halus, kerutan, sampai hiperpigmentasi. Tak heran jika produk perawatan niacinadmide dicintai banyak orang!


    (Paula’s Choice 10% Niacinamide Booster. Foto: Dok. Paula's Choice)


    #4 MARULA OIL

    Kenapa Populer? Pohon marula (Sclerocarya Birrea) sudah digunakan berabad-abad sebagai bahan makanan dan obat tradisional di Afrika Selatan. Ekstrak biji marula menghasilkan minyak bertekstur ringan yang memiliki aroma nutty-floral dan kini dipercaya sebagai elixir of youth.

    Minyak ini mengandung asam lemak monosaturasi, tocopherols, dan asam amino yang memiliki sifat antioksidan, anti-aging, dan penuh hidrasi. Dengan ini, produk yang terinfusi marula oil berperan dalam menjaga kondisi dan mendorong revitalisasi kulit, kuku yang rapuh, serta menyuburkan rambut. Sangat multitasking!


    (Drunk Elephant Virgin Marula Luxury Facial Oil. Foto: Dok. Drunk Elephant)


    #5 SQUALANE

    Kenapa Populer? Mari ketahui perbedaan squalene dan squalane. Squalene adalah cairan hidrokarbon (seperti sebum) yang diproduksi secara alami oleh tubuh manusia dan hewan. Dapat pula ditemukan dalam zaitun, minyak gandum, dan rice bran. Sedangkan squalane adalah turunan dari squalene yang lebih ringan dan memiliki umur simpan lebih lama (karena stabil dan tidak teroksidasi) sehingga lebih umum terkandung dalam skincare.

    Keduanya merupakan emollient dan antioksidan alami yang membantu mengurangi keriput, menghilangkan bekas luka, memperbaiki kerusakan akibat sinar UV, dan meminimalisir penampakan freckles. Hanya saja, tekstur squalene yang thick sebaiknya digunakan oleh pemilik kulit kering hingga mature, sementara squalane cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak.


    (Biossance 100% Squalane Oil. Foto: Dok. Biossance)



    *DISCLAIMER: Artikel ini juga terbit di majalah Her World edisi Maret 2020 dengan judul "Best New Skin Powerhouses"



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below