10 Manfaat Yogurt Untuk Perawatan Kulit Wajah


  • 10 Manfaat Yogurt Untuk Perawatan Kulit Wajah
    Manfaat yogurt untuk kecantikan kulit wajah. (Foto: Dok. Fab How)


    Memiliki segudang manfaat, yogurt kerap jadi makanan atau minuman untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh. Namun, siapa yang menyangka jika yogurt juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit?

    Kaya akan vitamin, protein, dan kandungan baik lainnya, yogurt bekerja untuk merawat kulit agar tetap sehat dan awet muda. Bahkan, dengan menjadikannya perawatan rutin, bisa memberikan proteksi kuat dari radikal bebas, penuaan hingga ragam penyakit kulit yang bisa menyerang. 



    Sejumlah penelitian pun telah membuktikan khasiat dari fermentasi susu ini untuk menjaga sekaligus menutrisi kulit ketika diaplikasikan. Melansir laman Organic Authority, beberapa ahli kecantikan, salah satunya Dr. Judith Hellman seorang NYC Dermatologist and Associate Clinical Professor of Dermatology juga meyakini bahwa yogurt efektif untuk melembutkan dan menenangkan kulit. Selain khasiat itu, berikut manfaat lain dari yogurt yang baik untuk kulit:

    (Baca Juga: Mengulik Manfaat Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit)


    1. Melembapkan Kulit Kering




    (Yogurt bisa melembapkan. Foto: Dok. Allure)

    Pemilik kulit kering, yogurt bisa jadi perawatan yang tepat untuk digunakan. Kandungan lactic acid dan natural alpha hydroxy acid di dalamnya membantu untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Aplikasikan yogurt ke kulit dan diamkan selama 10 menit selama tiga kali seminggu. Rasakan perbedaannya sebelum dan setelah menggunakannya.


    2. Mencerahkan Kulit

    Melansir laman Healthline, penelitian dari The National Institutes of Health di tahun 2011 menemukan asam laktat di dalam yogurt bisa mencerahkan kulit. Dengan kandungan ini, sel kulit mati bisa terangkat dan menghadirkan kulit baru muncul yang lebih cerah dari sebelumnya. 

    (Baca Juga: 7 Makanan ini Sering Disangka Sehat Tapi Ternyata Tidak)


    3. Meratakan Warna Kulit

    Yogurt tak hanya berkhasiat untuk melembabkan dan membuat kulit lebih glowing, tapi juga bermanfaat untuk meratakan kulit yang belang. Hal ini dikarenakan yogurt salah satu perawatan yang memiliki probiotik alami yang bekerja untuk menyamakan tone wajah. Gunakan setiap hari setelah membersihkan wajah, selama 10-15 menit kemudian bersihkan.


    4. Melindungi Dari Sinar UV

    Sebuah penelitian dari International Journal of Women's Dermatology di tahun 2015 menunjukkan bahwa yogurt bisa membantu untuk meminimalisir efek negatif yang mungkin saja timbul saat kulit terkena paparan dari sinat matahari. Dalam penelitian ini ia menemukan bahwa yogurt bisa membangun proteksi di dalam kulit sehingga sinar matahari tak lagi jadi masalah untuk kulit.

    (Baca Juga: Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit)


    5. Menyamarkan Garis Harus dan Flek Hitam




    (Flek hitam bisa disamarkan dengan yogurt. Foto: Dok. Milena Santos/Pexels)

    Mencegah tanda penuaan kulit seperti garis halus disekitar mata hingga bintik-bintik hitam bisa diatasi dengan kandungan di dalam yogurt. Kaya akan vitamin seperti B5 dan B12, keduanya berkolaborasi dan bekerja untuk menyamarkannya dari dalam. 


    6. Menjaga Kekenyalan Kulit

    Yogurt dipercaya ampuh untuk menjaga kekenyalan kulit. Semakin bertambahnya usia, kolagen mulai menipis dan membuat kulit tak lagi kencang. Agar tetap terlihat lebih awet muda, yogurt baik untuk menjaga keseimbangan kolagen. Aplikasikan yogurt alami ke kulit, terutama wajah untuk merasakan kulit yang kenyal dan elastis.

    (Baca Juga: 8 Rekomendasi Masker untuk Memutihkan Wajah)


    7. Melawan Jerawat

    Kandungan probiotik tak hanya bisa meratakan warna kulit, tapi juga ampuh untuk melawan bakteri yang bisa menimbulkan jerawat. Masih melansir laman Healthline, probiotik mengurangi jerawat yang meradang secara perlahan sekaligus mencegah untuk timbulnya di hari lain.


    8. Menyembuhkan Kulit Infeksi

    Sebetulnya yogurt mempunyai bakteri baik yang bisa menyembuhkan kulit yang terserang infeksi. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengaplikasikannya ke kulit.

    (Baca Juga: Mengenal Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit)


    9. Menjaga Kulit Dari Inflamasi

    Tak hanya dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit, yogurt juga bekerja untuk penjagaan kulit dari radikal bebas yang membawa bakteri jahat perusak kulit. Dengan memilihnya sebagai perawatan kulit rutin,


    10. Menenangkan Kulit




    (Manfaat kulit untuk menenangkan kulit yang stres. Foto: Dok. Min An/Pexels)

    Yogurt memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Selain melembabkan dan lainnya, yogurt berkhasiat untuk menenangkan kulit yang stres. Melakukan banyak kegiatan sehari-hari, buat kulit harus menghadapi debu, sinar matahari yang bisa merusaknya jika tak diberikan perlindungan baik. Oleh karenanya, dengan menggunakannya sebagai masker bisa memberikan efek rileksasi dan buat kulit segar kembali.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below