Kenali Berbagai Jenis Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit


  • Kenali Berbagai Jenis Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit
    Beda jenis kulit, beda pula jenis sunscreen yang harus kamu gunakan. (Foto: Dok. Flair Magazine)

    Sunscreen adalah salah satu produk wajib yang pantang dilewatkan penggunaannya. Pasalnya, hampir seluruh masalah kulit bisa disebabkan atau diperparah oleh paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen merupakan langkah terakhir dan terpenting dalam rutinitas perawatan kulit pagi hari, yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

    Jika ingin beraktivitas di luar ruangan, baiknya selalu gunakan sunscreen, sekalipun cuaca sedang berawan. Mungkin kamu bertanya-tanya, kira-kira jenis sunscreen apa yang harus dipilih. Nah, ketahui berbagai jenis sunscreen berikut ini yang sesuai dengan jenis kulitmu ya




    Pemilik Kulit Kering


    Kulit kering memiliki sedikit kadar minyak yang menyebabkan kurangnya kelembapan pada kulit. Penggunaan pelembap yang mengandung SPF saja tidak cukup untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, lho. Dermatologis menyarankan untuk tetap menggunakan sunscreen sebagai perlindungan kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilih sunscreen bertekstur krim pekat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari sekaligus memberi kelembapan. Hindari sunscreen dengan kandungan alkohol yang dapat membuat kulit kamu semakin kering. 


    Pemilik Kulit Sensitif


    Memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit sensitif memang bukanlah hal yang mudah, tapi kalau kamu tahu kandungan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit kamu, itu bagus! Sayangnya, sebagian besar orang tidak mengetahuinya. Asal dalam memilih sunscreen bisa membuat kulit kamu semakin iritasi. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide, karena kandungan tersebut dapat melindungi kulit sensitif kamu dari bahaya sinar matahari tanpa membuatnya iritasi.


    (Baca juga : 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik Untuk Liburan di Pantai)


    Pemilik Kulit Berjerawat


    Selama ini mungkin kamu berpikir, kalau sunscreen atau tabir surya dapat menyumbat pori-pori, memproduksi lebih banyak minyak dan menyebabkan jerawat. Padahal kenyataannya, paparan sinar matahari dapat memperparah jerawat dan menstimulasi produksi melanin di kulit, yang membuat bintik hitam bisa menjadi lebih gelap. Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, pilihlah sunscreen yang bertekstur ringan, karena lebih ringan dan mudah menyerap. 


    Pemilik Kulit Berminyak


    Kulit berminyak biasanya memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Hal ini menyebabkan wajah terlihat berminyak mengkilap dan berpori-pori besar, bahkan rentan mengalami jerawatan. Solusinya, pilihlah sunscreen berbahan dasar air (water based), karena tidak akan membuat kulit kamu semakin berminyak. Selain itu, sunscreen berbahan dasar air (water based) juga memberikan efek menenangkan pada kulit dan jerawat. 


    (Baca juga: Ini Alasan Pentingnya Anda Menggunakan Sunblock)


    Perlu diingat untuk mengaplikasikan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan aplikasikan kembali setiap dua atau tiga jam sekali dan setelah terkena air atau keringat. Untuk sehari-hari, gunakan sunscreen minimal SPF 30 ya. 

    Nah, sekarang sudah semakin paham mengenai jenis sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu, kan. Semoga bermanfaat!