Hair & beauty

Ini Alasan Pentingnya Anda Menggunakan Sunblock

By : Putri Arifa Malik - 2017-05-19 07:16:59 Ini Alasan Pentingnya Anda Menggunakan Sunblock

Mungkin Anda sudah tahu tentang pentingnya menggunakan sunscreen. Tanpa produk kosmetik yang dapat menghalang efek buruk sinar matahari ini, kulit bisa saja menjadi tampak lebih gelap, kusam, mempercepat proses penuaan hingga memicu kanker kulit.

Meski dampak mengerikan dari sinar matahari tersebut nyata di depan mata, jujur saja pasti terkadang Anda malas atau melewatkan ritual mengaplikasikan sunblock

dr. Natasha Cook, seorang dermatologis asal Australia, menyarankan untuk mengenakan sunblock yang akan melindungi kulit terhadap sinar UVA dan UVB dari matahari. UVA sendiri adalah sinar yang menyebabkan penuaan kulit dan UVB bisa membuat kulit terbakar sekaligus memicu kanker.

(Baca juga artikel: 4 Sunblock Favorit Pembaca her world)

Masih tidak percaya atau malas menggunakan sunblock setiap hari? Coba saksikan video yang dibuat oleh Thomas Leveritt di YouTube. Seniman ini mencoba cara kreatif untuk menunjukkan pentingnya proteksi terhadap sinar matahari lewat sebuah video berjudul "How The Sun Sees You".

Video yang telah menyita lebih dari 14 juta penonton ini menampilkan bagaimana rekaman kamera UV dapat menunjukkan efek penuaan pada wajah yang tidak tampak oleh mata telanjang. 

Dalam video berdurasi sekitar 3 menit tersebut, Anda juga dapat melihat bahwa hasil tangkapan kamera UV ini sangat jujur memperlihatkan freckles, pigmentasi, dan tanda penuaan lainnya pada wajah partisipan yang sebenarnya terlihat mulus.

Kesimpulan yang dapat diambil setelah melihat video ini adalah, memang benar jika semakin lama kulit terpapar sinar matahari, semakin bertambah pula penurunan kualitas kulit.

(Baca juga artikel: Sunblock yang Bagus untuk Sehari-sehari)

Para ahli mengatakan, takaran pemakaian sunscreen bagi orang dewasa cukup sekitar dua sendok makan untuk dioleskan ke seluruh bagian tubuh. Pastikan sunscreen yang Anda gunakan memiliki formula ampuh untuk menangkal UVA dan UVB.

Formula yang tak kalah pentingnya adalah Sun Protector Factor (SPF) yakni prakiraan ukuran kekuatan sunblock dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Baru-baru ini juga mulai terdengar formula Thermal Protection Factor (TPF) yang mampu menyempurnakan daya kerja SPF dengan menghalangi bukan hanya sinar UV tapi juga sinar infra merah yang membawa dampak buruk bagi kulit. 

(Baca juga artikel: Produk Kecantikan yang Wajib Dibawa Saat Liburan)

Tips Menggunakan Sunblock:

1. Aplikasikan maksimal 30 menit sebelum keluar ruangan, agar lapisan pelindung terbentuk maksimal.

2. Jika Anda akan terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, ulangi aplikasi sunscreen setiap dua jam agar kesehatan kulit tetap terjaga.

3. Untuk tipe kulit kering, pilih sunscreen dalam bentuk krim atau losion.

4. Saat Anda berlibur ke pantai, pilih sunscreen dengan formula very water resistant dan sand-proof serta kandungan broad spectrum.

5. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak, gunakan sunscreen dalam bentuk spray. Selain teksturnya ringan, jenis sunscreen ini juga bermanfaat ganda melindungi helai rambut.

(Baca juga artikel: Perawatan Anti Aging Siang Hari)

Hair & beauty