9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat


  • 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat
    wavebreakmedia/Shutterstock.com

     

    Sebenarnya delapan bahan di bawah ini tidak juga langsung menyebabkan jerawat. Namun ia dapat menyumbat pori yang memicu munculnya komedo untuk kemudian menjadi jerawat. Bahan kosmetik comedogenic, bedak yang tidak menimbulkan komedi, dan pembersih wajah non-comedogenic sebaiknya menjadi pilihan Anda untuk menghindari jerawat.



     

    (Baca juga artikel: Alasan Jerawat Tumbuh Setelah Dewasa)


     

    Silikon

    Jika menemukan semua bahan yang memiliki akhiran “cone”, sebaiknya Anda waspada. Fungsi silikon dalam produk kecantikan sebenarnya untuk membuat kulit terasa lembut. Tapi sayangnya ini adalah salah satu bahan paling berbahaya dan bisa menyebabkan kulit kering serta pori tersumbat.


     

    Petrochemical

    Paraffin wax, minyak mineral, benzene, petrolatum, dan semua kandungan dengan akhiran “eth” merupakan bahan yang menyumbat pori dan bekerja sebagai media untuk memudahkan bahan lain terserap hingga ke lapisan dalam kulit.


     

    Fragrance dan Pewarna

    Well,mungkin sudah banyak wanita yang tau bahwa bahan satu ini bisa menyebabkan alergi bahkan iritasi pada kulit. Bagi jenis kulit tertentu, ia juga bisa menyebabkan jerawat, lho!


     

    Paraben dan Phtalates

    Kandungan ini sangat umum digunakan sebagai bahan produk perawatan kecantikan. Fungsinya adalah sebagai pengawet dan mengencerkan bahan padat lainnya. Tapi dua kandungan ini ternyata sangat beracun dan bisa menyebabkan hormon kacau.

     

     

    (Baca juga artikel: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat)

     

     

    Alkohol

    Sebenarnya ia digunakan untuk meningkatkan daya serap kulit, tapi terkadang justru membuat kulit semakin kering, iritasi, dan menyebabkan masalah kulit lainnya.


     

    Acrylic

    Nama lainnya adalah plastik yang sudah pasti memiliki efek buruk bagi kulit. Plastik saja susah diurai, apalagi di wajah? Sudah pasti menyumbat pori.


     

    Minyak Kelapa

    Minyak kelapa bagus untuk mengangkat dan membersihkan make up dari wajah. Tapi jika dipakai seharian, kandungan ini malah menyumbat pori dan sangat susah dibersihkan karena sifatnya comedogenic. Sebaiknya cari alternatif lain.


     

    Talc

    Hal ini bisa merusak warna kulit atau menyebabkan diskolorasi. Selain itu, ia juga menyumbat pori dan membuat wajah kering.


     

    Microbeads

    Selain berbahaya bagi lingkungan karena partikelnya yang terlampau kecil dan sulit diurai, bahan ini juga tidak baik untuk kulit. Partikel kecilnya malah bisa masuk ke pori dan sulit dikeluarkan oleh pembersih pori biasa.

     

     

    (Baca juga artikel: 4 Trik Makeup yang Ampuh Samarkan Bekas Jerawat)

     




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below