Daftar Film Indonesia Terbaik & Memukau di Tahun 2019


  • Daftar Film Indonesia Terbaik & Memukau di Tahun 2019
    Film paling memukau sepanjang tahun 2019. (Foto:Dok/IMDb)


    Sepanjang tahun 2019, sejumlah film Indonesia memberi banyak harapan bahwa industri film tanah air memberi tontonan yang juga tak kalah menjanjikan. Selain memberi kejutan menyenangkan, sejumlah sineas pun mulai mengeksplorasi cerita hingga melahirkan ragam genre yang membuat kagum.

    Hadir dan menghiasi layar lebar, alur kisahnya ada yang berasal dari novel, komik, hingga film tahun 1980-an yang dikemas dengan cerita baru dan lebih dramatis. Ada pula yang terinspirasi dari perjalanan salah seorang publik figur saat ini. Semuanya menarik perhatian hingga menembus jutaan penonton dari mulai jadwal perilisannya.



    Selain ramai disimak, beberapa film Indonesia tahun ini berhasil masuk nominasi dalam festival film internasional hingga meraih penghargaan baik di dalam maupun luar negeri. Dan dari banyaknya film yang hadir di tahun 2019, berikut diantaranya yang terbaik, dan paling mencuri perhatian.

    (Baca Juga: Film Indonesia Berkompetisi di Festival Film Locarno)


    1. Kucumbu Tubuh Indahku 

    Sutradara: Garin Nugroho / Produksi: Fourcolours Films, Go-Studio 



    Disutradarai dan ditulis Garin Nugroho, film Kucumbu Tubuh Indahku merupakan salah satu film yang paling tersorot di tahun ini. Meski sempat menuai kontroversi karena ceritanya yang mengambil isu sensitif seperti LGBT, film ini meraih sejumlah penghargaan termasuk 8 Piala Citra 2019. Dibintangi Muhammad Khan, Rianto, Randi Pangalila, dan lainnya 'Kucumbu Tubuh Indahku' memberi banyak harapan dan gagasan akan Indonesia yang potensial untuk digali lebih jauh. 


    2. Dua Garis Biru 

    Sutradara: Gina S Noer / Produksi: Starvision Plus, Wahana Kreator



    Ditulis dan disutradarai Gina S Noer, film Dua Garis Biru sempat jadi film yang ramai diperbincangkan oleh publik karena isunya yang sensitif akan remaja yang hamil di luar nikah. Dibintangi duo Adhisty Zara dan Angga Yunanda, film ini mendapat sambutan positif serta laris dari segi komersial hingga 2,5 juta penonton. Gina mendapat Piala Citra untuk penulis skenario terbaik. 


    3. Dilan 1991 

    Sutradara: Fajar Bustomi, Pidi Baiq / Produksi: Max Pictures



    Berangkat dari novel karya Pidi Baiq, film Dilan 1991 juga jadi film terheboh di tahun 2019. Melanjutkan kisah cinta Dilan-Milea yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, film ini kembali menghadirkan kisah asmara berlatar 90an yang menghibur dan menggemaskan. Film ini ditonton lebih dari lima juta penonton. (Baca review film: Dilan 1991 disini) 



    4. My Stupid Boss 2 

    Sutradara: Upi Avianto / Produksi: Falcon Pictures 


    Menjadi sekuel dari sukses film pertamanya, My Stupid Boss 2 yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari menjadi salah satu film yang memukau di tahun 2019. Rilis pada 28 Maret 2019, film ini mendapat sambutan positif dari kritikus dan juga publik hingga ditonton lebih dari 1,5 juta penonton di bioskop.


    5. Perempuan Tanah Jahanam 

    Sutradara: Joko Anwar / Produksi: Ivanhoe Pictures, Base Entertainment, CJ Entertainment, Rapi Films



    Film 'Perempuan Tanah Jahanam' ramai diperbincangkan sejak perilisannya pada 17 Oktober 2019. Ditulis dan disutradarai Joko Anwar, film ini menceritakan kisah misteri di sebuah desa terpencil. Menggandeng Tara Basro, Ario Bayu, Asmara Abigail, Marissa Anita dan lainnya, film bergenre horor thriller mendapat sambutan positif dan meraup lebih dari 1,5 juta penonton tahun ini.



    6. Keluarga Cemara 

    Sutradara: Yandy Laurens / Produksi: Visinema Pictures



    Berkisah tentang keluarga, 'Keluarga Cemara' digarap oleh Yandy Laurens bersama Gina S Noer yang jadi penulis skenario dalam film ini. Setelah hit karena sinetronnya, film ini kembali laris saat muncul di layar lebar tahun ini. Bahkan, film ini menggaet lebih dari satu juta penonton. (Baca review film Keluarga Cemara di sini) 


    7. Gundala

    Sutradara: Joko Anwar / Produksi: Screenplay Films, Bumilangit Studios, Legacy Pictures, Ideosource Entertainment


    Berangkat dari komik era 1980an, Gundala jadi film superhero pertama dari Indonesia. Dibesut Joko Anwar, film yang dibintangi Abimana Aryasatya ini meraih lebih dari satu juta penonton sejak tayang 29 Agustus 2019. Gundala menjadi salah satu pahlawan dalam deretan Jagat Sinema Bumi Langit, yang dijadwalkan akan disusul oleh Sri Asih, Mandala, dan lainnya di masa mendatang. 



    8. Bumi Manusia 

    Sutradara: Hanung Bramantyo / Produksi: Falcon Pictures 


    Diangkat dari salah satu tetralogi Pramoedya Ananta Toer, yang berjudul 'Bumi Manusia', film ini menarik antusias penonton di tahun ini. Dibintangi Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Ayu Laksmi, dan lainnya, film ini mencoba memenuhi ekspektasi dari para penggemar buku Pram. 


    9. Orang Kaya Baru 

    Sutradara: Ody C Harahap  / Produksi: Screenplay Films, Legacy Pictures



    Ditulis Joko Anwar, dan disutradarai Ody C Harahap, film komedi Orang Kaya Baru memberikan alternatif hiburan yang menarik dan penuh makna. Hampir semua pemeran memberikan akting terbaiknya sehingga membuat film ini menjadi salah satu yang patut ditonton dan sayang dilewatkan.



    10. Ratu Ilmu Hitam 

    Sutradara: Kimo Stamboel / Produksi: Rapi Films, Sky Media 



    Berangkat dari salah satu film terbaik Suzzanna di masa lalu, film 'Ratu Ilmu Hitam' ramai diperbincangkan tahun ini. Beranjak dari naskah skenario yang ditulis Joko Anwar dan disutradarai Kimo Stamboel, film ini masuk dalam daftar film paling menyeramkan tahun ini. (Baca review film: Ratu Ilmu Hitam di sini) 

    (Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra 2019) 



    11. Makmum 

    Sutradara: Hadrah Daeng Ratu / Produksi: Blue water Films, Dee Company 



    Laris karena film pendeknya, membuat Hadrah Daeng Ratu mengangkat film 'Makmum' ke layar lebar dengan kisah yang lebih menegangkan. Berkisah tentang setan pengganggu saat sholat malam, film ini sempat menuai kontroversi saat dirilis. Namun, setelah resmi diputar di berbagai bioskop di Indonesia pada 15 Agustus 2019, 'Makmum' berhasil menembus 700 ribu lebih penonton hingga bulan September. (Baca review film: Makmum di sini) 



    12. 27 Steps of May

    Sutradara: Ravi Bharwani / Produksi: Green Glow Pictures, Go-Studio 



    Raihaanun menjadi lead actress yang membuat 27 Steps of May menjadi salah satu film Indonesia penting tahun ini. Disutradarai Ravi Bharwani, kisah tentang sosok May sebagai korban pemerkosaan dan menjalani hidupnya dalam trauma ini patut dapat perhatian. 


    13. Bebas 

    Sutradara: Riri Riza / Produksi: Miles Films, CJ Entertainment 



    Diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul 'Sunny', film Bebas memberikan suguhan terbaik di daftar film Indonesia tahun ini. Riri Riza menggarapnya menjadi sangat relatable, dan dekat dengan keseharian. Ada tawa lewat humornya, serta pelajaran mendalam dibaliknya. 


    14. Susi Susanti: Love All 

    Sutradara: Sim F / Produksi: Oreima Films, Damn I Love Indonesia Movies, East West Synergy, Melon Indonesia 



    Beranjak dari jatuh bangun pemain bulutangkis Susi Susanti, film ini menghadirkan kisah yang tak hanya membuat bangga tapi juga inspiratif. Susi ditampilkan sebagai sosok yang pantang menyerah, sangat disiplin, serta bangga akan Indonesia. (Baca review film: Susi Susanti di sini) 



    15. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan 

    Sutradara: Ernest Prakasa / Produksi: Starvision Plus 



    Diangkat dari buku berjudul sama karya Meira Anastasia, film Imperfect menjadi penutup tahun yang menyenangkan di bioskop Indonesia. Dibintangi duo Reza Rahadian dan Jessica Mila, film yang disutradarai Ernest Prakasa ini dieksekusi dengan baik, di samping skenario yang matang, musik, busana, makeup dan elemen lainnya yang pas. Berpotensi menjadi salah satu film terbaik tahun ini.  (Baca review film: Imperfect di sini) 





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below