7 Manfaat Berlibur Ke Pantai untuk Kesehatan


  • 7 Manfaat Berlibur Ke Pantai untuk Kesehatan
    Membantu mental dan fisik kamu tetap sehat dengan berlibur ke pantai. Foto/Dok/Unsplash


    Masih bingung ingin menghabiskan masa liburan ke mana? Pergi ke pantai saja! Berlibur ke pantai tentu dapat menjadi destinasi wisata yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat.

    Ternyata tidak hanya karena menyenangkan, berlibur ke pantai baik untuk kesehatan fisik dan mental, seperti meredakan stres, asupan vitamin D, dan lainnya. 



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tujuh manfaat berlibur di pantai. 

    (Baca juga: 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik Kala Berlibur di Pantai) 


    1. Meredakan Stres


    (Ilustrasi. Foto: Dok/Unsplash.com)


    Melihat hamparan air laut berwarna biru, suara deburan ombak dan udara yang segar memang dapat memanjakan mata sekaligus meredakan stres yang kamu rasakan akibat dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, melihat hamparan air laut berwarna biru dapat menurunkan tingkat tekanan psikologis. Warna biru air laut juga dapat diartikan sebagai warna ketenangan dan kedamaian. Sedangkan suara deburan ombak dapat membantu menenangkan pikiran. 


    2. Mendekatkan Diri Dengan Alam


    Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki kekayaan alam seperti beragam biota laut, mulai dari ikan hingga terumbu karang. Dengan berlibur ke pantai, kamu dapat mendekatkan diri kepada alam dan akan lebih tergerak untuk menjaga kelestarian alam. 


    (Baca juga : 8 Perlengkapan Makeup yang Wajib Dibawa Saat Liburan)


    3. Baik untuk Kesehatan Fisik


    Tidak hanya mampu meredakan stres, berlibur ke pantai juga dapat membuat kesehatan fisik lebih terjaga. Kualitas udara di sekitar pantai yang lebih baik dibandingkan dengan udara di perkotaan memungkinkan paru-paru kamu bernapas dengan baik. Air asin laut dipercaya dapat menyembuhkan luka di kulit karena kandungan sifat anti-mikroba. Tidak hanya itu saja, pasir pantai ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu dapat membakar kalori lebih banyak. Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, berjalan di pasir pantai membutuhkan lebih banyak energi, sehingga dapat menurunkan berat badan


    4. Untuk Kualitas Tidur yang Lebih Baik


    (Ilustrasi tidur cukup. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Udara yang segar dapat membantu produksi kadar serotonin yang menyebabkan kamu memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Selain itu, setelah puas beraktifitas seperti berenang, diving atau snorkling akan membuat kamu kelelahan. Hal ini menyebabkan kamu lebih cepat untuk terlelap dan keesokan paginya energi kamu akan penuh kembali. Suara deburan ombak juga dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tidur malam menjadi lebih lelap. 


    (Baca juga : 9 Destinasi Wisata Domestik untuk Liburan Akhir Tahun)


    5. Mendapatkan Asupan Vitamin D


    Beraktifitas sehari-hari di dalam ruangan ber-AC membuat kulit kamu kekurang vitamin D dan akan berdampak buruk pada kesehatan. Terpapar sinar matahari secara berlebihan tentu tidak baik untuk kulit dan kesehatan, tetapi sedikit paparan sinar UV akan memberikan dampak baik untuk kesehatan. Sinar ultraviolet merangsang produksi vitamin D yang membantu tulang lebih kuat, gigi lebih sehat dan sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih baik . 


    6. Mendetoksifikasi Kulit


    Pasir pantai tidak hanya mampu membakar kalori lebih banyak, namun dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan komedo


    7. Memberi Kelembutan Pada Rambut


    (Ilustrasi. Foto: Dok/Pexels.com)


    Selain kulit, manfaat lain berlibur ke pantai adalah kemampuan air laut memberi kelembutan pada rambut. Kandungan garam dalam air laut mampu menyerap minyak berlebihan pada rambut. Meskipun begitu, hal ini tidak akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Ketika rambut kering, kamu akan mendapatkan rambut lembut alami. Inilah yang disebut kondisi sempurna pada rambut karena terbebas dari bahan kimia produk perawatan rambut.


    Luangkan waktu berlibur ke pantai akan membantu mental dan fisik kamu tetap sehat. Selamat berlibur!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below