9 Destinasi Wisata Domestik untuk Liburan Akhir Tahun


  • 9 Destinasi Wisata Domestik untuk Liburan Akhir Tahun
    Ragam destinasi wisata untuk liburan akhir tahun. (Foto:Dok.TenLensfix/Pexels)


    Liburan akhir tahun makin dekat, mau ke mana lagi kali ini? Bali, Yogyakarta, atau yang lagi hit saat ini, Sumba?

    Dalam laporan Google Trends Data 2019 yang disampaikan beberapa waktu lalu, Bali dan Yogyakarta masuk dalam daftar 10 kota destinasi wisata domestik yang paling banyak dicari lewat Google Search. Lainnya, ada Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Malang, Bogor, Medan, dan Surakarta.



    Dengan pesona wisata alamnya yang indah, beberapa daerah memang selalu menarik untuk disusuri. Di samping tentunya mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dekat kekayaan alam yang dimiliki Indonesia saat ini. Jika sudah terlalu sering ke Bali, dan Yogyakarta, kenapa tidak mencoba menyusuri kota lainnya yang bisa jadi pertimbangan, seperti kota-kota berikut ini. 

    (Baca Juga: Tempat Wisata Membatik di Lasem Jawa Tengah)


    1. Malang



    Terkenal dengan warna-warni kota dan keindahan malam, Malang punya beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Jatim Park, Bromo, Museum Angkut, atau Batu yang lagi populer. Malang bisa jadi destinasi liburan bersama pasangan, atau keluarga. 


    2. Semarang 



    Memiliki bangunan-bangunan kuno yang unik, kota Semarang jadi salah satu objek wisata yang paling banyak diminati untuk menghabiskan waktu di akhir tahun. Kamu bisa mempelajari ragam sejarah di Lawang Sewu, hingga wisata alam ke Gunung Unggaran, Rawa Pening, Desa Nglarangan dan lainnya.



    3. Sumatera Utara 



    Sumatera Utara terkenal dengan kekayaan alamnya yang indah sehingga cocok bagi kamu yang menyukai suasana sejuk dari pancuran air terjun dan bukit hijau. Di sini, kamu bisa menelusuri luasnya danau Toba dengan perahu atau bermain air di Air Terjun Sipiso Piso. 


    4. Wakatobi



    Siapa yang tak tergiur dengan keindahan bawah laut di Wakatobi? Terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakatobi bisa jadi salah satu tempat untuk membangun suasana menyenangkan saat liburan.

    (Baca Juga: Kepulauan Anambas, Destinasi Wisata Menjanjikan di 2019)


    5. Makassar




    Di samping budayanya yang menarik, Makassar juga punya keindahan alam seperti Pantai Losari, hutan Bakau dan atau keunikan Masjid 99 kubahnya. 


    6. Papua



    Papua bisa jadi destinasi yang tempat untuk menikmati liburan akhir tahun. Pesonanya yang tak lagi diragukan diantaranya adalah Taman Nasional Cenderawasih, Raja Ampat, Danau Sentani, Danau Paniai, Lembah Baliem dan lainnya bisa jadi tujuan yang pas untuk wisata tahun baru!



    7. Sumba 



    Berada di Nusa Tenggara Timur, sebelah barat daya Flores, Sumba memiliki banyak tempat yang memukau untuk ditemukan. Sebut saja diantaranya pantai Nihiwatu, Pantai Ratenggaro, Bukit Wairinding, Pantai Puru Kambera, dan Danau Weekuri. 



    8. Labuan Bajo 




    Selain Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar, Labuan Bajo yang berada di Nusa Tenggara Timur juga memiliki beberapa destinasi wisata lain yang tak kalah menarik untuk disusuri, khususnya pantai di pulau-pulau sekitar Labuan Bajo, seperti Wae Cicu, Pulau Bidadari, dan Batu Gosok/Kanawa. 


    9. Kalimantan 



    Banyak yang belum tahu kalau Kalimantan juga menyimpan banyak kawasan wisata menarik untuk dikunjungi. Pulau Derawan adalah salah satunya. Berada di Kalimantan Timur, pulau ini memiliki beberapa objek wisata menakjubkan yang bisa disusuri keindahannya lewat berenang, diving atau snorkeling. Lainnya, bisa ke Danau Labuan Cermin yang airnya jernih dan memanjakan mata. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below