7 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Atasi Komedo


  • 7 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Atasi Komedo
    Komedo kerap kali mengganggu penampilanmu dan juga berbahaya bagi kesehatan kulit. Untuk itu, gunakan bahan alami berikut untuk mengatasinya


    Memiliki komedo yang membandel kerap mengganggu penampilan. Lalu, bagaimana mengatasinya?

    Meski di pasaran kini banyak perawatan kulit yang menawarkan solusi, beberapa bahan alami yang mudah ditemui di rumah pun bisa juga jadi andalan, dan mungkin lebih ampuh. Di antaranya baking soda atau kulit jeruk. Dua bahan ini selain mudah ditemui, dan juga terjangkau. 



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan alami yang dapat diandalkan dalam mengatasi masalah komedo. Masing-masing bisa disesuaikan dengan situasi kulit, dan perhatikan juga mana yang patut dicoba untuk mengatasi komedo. 

    (Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Blackhead)


    1. Baking Soda


    (Baking soda. Foto: Dok/Healthline) 


    Baking soda sering kali menjadi bahan pilihan untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo. Campurkan baking soda dengan air hingga bertekstur seperti pasta dan oleskan pada bagian wajahmu yang penuh dengan komedo.


    2. Kopi


    (Kopi. Foto: Dok/CNN)


    Selain penghilang kantuk, ternyata kopi juga bisa menjadi scrub penghilang komedo. Dengan memberikan sedikit air, kemudian gosokkan ke wajahmu, kotoran dan sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna.


    3. Gula


    (Gula. Foto: Dok/NewYorkPost) 


    Selain kopi, gula juga bisa menjadi scrub untuk menghilangkan komedo. Kamu bisa mencampurkannya dengan air atau dengan kopi untuk membersihkan komedo dengan sempurna.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Hebat Tomat Untuk Atasi Masalah Kulit)


    4. Putih Telur


    (Putih Telur. Foto: Dok/Wikipedia)


    Mengandung banyak protein, putih telur bisa mengecilkan pori-pori sekaligus mengangkat sel kulit mati. Campurkan dengan perasan air jeruk nipis agar komedo terangkat dengan sempurna.


    5. Kulit Jeruk


    (Kulit jeruk. Foto: Dok/MNN) 


    Selain buahnya, kulit jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C yang bisa mengatasi komedo. Keringkan kulit jeruk, kemudian tumbuh. Tambah sedikit air kemudian gosokkan ke bagian wajah yang penuh komedo. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.


    (Baca Juga: 8 Tahap Perawatan Dasar Facial yang Bikin Kulit Bersih)


    6. Pepaya


    (Pepaya. Foto: Dok/OrganicFacts) 


    Khasiat pada buah yang satu ini bisa mengangkat kotoran pada pori-pori. Haluskan hingga bertekstur seperti masker. Kemudian gunakan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.


    7. Jeruk Nipis


    (Jeruk nipis. Foto; Dok/OrganicFacts) 


    Antioksidan dan vitamin c yang dimiliki jeruk nipis bisa menyerap minyak, mencerahkan wajah dan mengangkat komedo yang membandel. Caranya sangatlah mudah, oleskan perasan air jeruk nipis ke daerah wajahmu yang penuh dengan komedo. Setelah 15 menit bersihkan dengan air hangat.


    Itu dia tujuh bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel pada wajah. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below