Life & health

5 Cara Mudah Mengecilkan Perut & Menurunkan Berat Badan

By : Hafizah Rana Dalilah - 2019-10-30 16:53:00 5 Cara Mudah Mengecilkan Perut & Menurunkan Berat Badan


Perut yang buncit atau besar bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu menjalani pola hidup yang salah. Kandungan makanan yang tidak seimbang dan masuk ke dalam tubuhmu bisa membuat lemak menumpuk ke bagian tubuh tertentu. Efeknya, selain membuat berat badan jadi bertambah, metabolisme tubuh bisa jadi tak seimbang. Lalu bagaimana menyiasatinya?

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi serta menjalani hidup yang sehat secara teratur bisa jadi cara yang ampuh untuk mengusir lemak berlebih. Dan dengan melakukan hal-hal berikut, kamu bisa mengecilkan perut dan menurunkan berat badan secara efektif.

(Baca Juga: Bebas Lemak dengan Cara Ini)


1. Konsumsi Satu Jenis Makanan Dalam Piringmu


(Mengonsumsi satu macam makanan dalam satu piring.Foto:Dok.Marta/Pexels)

Memilih satu jenis makanan saja dalam pirirngmu bisa jadi cara mudah untuk menghilangkan perut buncitmu. Dengan cara ini pula, tubuh akan mudah mengambil manfaat dan membuang kandungan yang tidak penting dalam proses pencernaan. Sehingga lemak pun tidak menumpuk dan berat badanmu tidak terus bertambah. 


2. Berjalan selama 30 menit Setiap hari


(Berjalan selama 30-40 menit bisa mengecilkan perut dan menurunkan berat badan.Foto:Dok.Daniel/Pexels)

Kombinasi antara diet dengan berolahraga jadi cara efektif untuk mengurangi lemak berlebih, terutama pada bagian perut. Melansir laman Healthline berjalan selama 30-40 menit perhari bisa menurunkan berat badan secara signifikan dan membuat pinggang lebih ramping. 

(Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari untuk Cegah Perut Buncit)


3. Minum Air Putih Secara Maksimal


(Mengonsumsi air putih sebelum makan.Foto:Dok.Daria/Pexels)

Siapa sangka mengonsumsi air secara maksimal bisa membakar 100 kalori per hari?

Melansir laman Wiki How, meminum segelas air dengan takaran banyak, terutama sebelum makan, bisa meluruhkan lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mudah untuk membuat perutmu lebih ramping dan rata.


4. Mengonsumsi Camilan di Sore Hari


(Cemilan di Sore hari.Foto:Dok.Alexander/Pexels)

Meskipun kamu memiliki masalah pada perut yang besar atau buncit, kamu tetap bisa menikmati camilan enak dan lezat. Hanya saja kamu butuh mempertimbangkan waktu mana yang baik untuk menikmatinya. Mengonsumsi camilan di jam 3-4 sore, dianjurkan dengan yang mengandung banyak protein agar gula darah tetap seimbang.

(Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Sesuai Bentuk Tubuh)


5. Tidur yang Cukup


(Tidur maksimal 8 jam perhari.Foto:Dok.Bruce/Pexels)

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa tidur kurang dari 10 jam bisa meningkatkan berat badan. Sehingga mengatur jadwal tidur pula penting untuk mengurangi kadar lemak terutama pada bagian perut. Tidur yang cukup dan mengatur pola hidup yang lebih sehat bisa membantumu untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badanmu.


Jadi, kapan kamu akan mencobanya?


Life & health