8 Cara Efektif Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat


  • 8 Cara Efektif Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat
    Cara Mengatasi Sulit Tidur. (Image: Dok. Freepik)


    Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab menurunnya fungsi tubuh, seperti kurangnya konsentrasi hingga daya tahan tubuh melemah. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dan aktivitas sehari-hari.

    Penyebab sulit tidur sangatlah beragam seperti stres, kecemasan dan kebiasaan tidur yang buruk. Tidak sedikit orang yang mengonsumsi obat tidur untuk membantu mengatasi masalah tidur. Padahal cara tersebut sangat tidak dianjurkan, mengingat obat tidur tergolong obat keras dan perlu direkomendasikan oleh dokter. 



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini delapan cara mengatasi sulit tidur secara sederhana dan efektif agar mendapatkan tidur malam yang berkualitas. 

    (Baca juga: 6 Dampak Tidur Kurang dari 8 Jam) 


    1. Mandi Menggunakan Air Hangat


    Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membuat tubuh lebih relax dan nyaman. Air hangat juga dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan suhu tubuh, lalu akan menurun secara perlahan-lahan dan menyebabkan kantuk. Tambahkan beberapa tetes esensial lavender oil pada air hangat, akan membantu tubuh terasa lebih relax dan tidur akan lebih lelap. 


    2. Hindari Konsumsi Kopi Secara Berlebihan


    Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kinerja jantung dan otak sehingga membuat kamu terjaga lebih lama. Efek kafein dapat bertahan selama delapan jam dalam tubuh kamu. Selain itu, minum kopi secara berlebihan juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hindari minum kopi setidaknya empat sampai enam jam sebelum tidur agar dapat membantumu lebih cepat terlelap di malam hari.


    3. Mematikan Gadget


    Cara mengatasi sulit tidur selanjutnya yaitu dengan mematikan seluruh gadget yang kamu miliki. Ketika gadget masih dalam keadaan menyala, akan timbul keinginan untuk terus berselancar di dunia maya. Jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik, matikan gadget seperti ponsel dan laptop, karena cahaya yang dihasilkan dari gadget akan membuat kamu terjaga sepanjang malam. 


    (Baca juga : 6 Dampak Tidur Kurang dari 8 Jam)


    4. Kurangi Stres


    (Ilustrasi stres. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Stres dapat menurunkan relaksasi dan memberikan kontribusi dalam masalah sulit tidur. Jadi cara mengatasi sulit tidur yaitu dengan melakukan beberapa cara yang dapat meredakan stres yang sedang kamu alami. Kamu bisa melakukan yoga, meditasi, atau mendengarkan musik yang dapat membuat tubuh kamu lebih relax. Terakhir, jangan melihat jam sesaat sebelum tidur. Hal ini dapat memberi tekanan dan meningkatkan rasa khawatir tentang tidur. Dengan mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi akan membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran kamu untuk beristirahat. 


    5. Konsumsi Minuman yang Menenangkan


    Saat kamu sulit tidur, cobalah untuk mengonsumsi minuman yang dapat memicu relaksasi seperti, teh chamomile dan susu coklat hangat. Minuman ini sangat bermanfaat, karena dapat melemaskan saraf dan bertindak sebagai obat penenang ringan, sehingga membuat kamu lebih cepat terlelap di malam hari. 


    6. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Berat Sebelum Tidur


    Menghindari konsumsi makanan yang berat sebelum tidur dapat menjadi salah satu cara mengatasi sulit tidur. Makan banyak di malam hari atau sesat sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur kamu. Selain itu, makan berat pada malam hari juga sangat tidak baik untuk kesehatan. 


    (Baca juga : Tidur Berlebihan Tidak Baik untuk Kesehatan?)


    7. Hindari Tidur di Siang Hari

    (Ilustrasi tidur. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Tidur di siang hari memang tidak dilarang, tetapi kamu hanya perlu mengurangi waktunya saja. Karena selain tidak baik untuk tubuh kamu, tidur siang terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab sulit tidur di malam hari. Tidur siang yang sehat bagi tubuh yaitu sekitar 10-20 menit saja. Mengapa tidak boleh tidur siang terlalu lama? Karena ketika tubuh merasa cukup beristirahat, pada malam hari kamu akan jauh lebih sulit untuk tidur.


    8. Jagalah Suasana Kamar Tidur Tetap Tenang dan Nyaman


    Suhu yang ideal untuk kamar tidur adalah antara 20-23 derajat celcius. Jika suhu di bawah itu, dapat mengganggu kenyamanan tidur. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu berpotensi membuat otak terus aktif sepanjang malam. Untuk itu, matikanlah lampu-lampu yang tidak digunakan, dan sisakan lampu tidur tetap menyala saat malam hari. Hal ini bertujuan untuk mempercepat produksi hormon melatonin yang menimbulkan rasa kantuk. 


    Itu dia delapan cara mengatasi sulit tidur secara sederhana dan efektif. Semoga bermanfaat!




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below