3 Teknik Pernapasan untuk Meredakan Stres


  • 3 Teknik Pernapasan untuk Meredakan Stres
    (Foto: fizkes/Shutterstock/Clickphotos)

    Stres terkadang bisa datang secara tiba-tiba di manapun Anda berada. Namun, tidak mudah juga mencari waktu untuk melepas beban pikiran seperti liburan atau rekreasi. Berikut tiga cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meredakan stres lewat teknik pernapasan.

     

    Teknik sederhana ini dilakukan dengan memperlambat ritme bernapas. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung. Gunakan rongga perut untuk menyimpan napas, lalu embuskan pelan-pelan. Lakukan proses ini lebih lambat daripada keadaan biasanya. Lakukan 9-16 kali tarik napas ini dalam satu menit, sembari melakukan tiga gerakan tubuh berikut.



     

    Teknik 1

     

    Busungkan dada Anda dengan sikap berdiri dan kedua lengan berada di samping tubuh. Angkat kedua lengan dan pundak naik ke aras sambil bernapas dalam-dalam. Tahan posisi ini tanpa menurunkan kedua lengan, tarik dan keluarkan napas pelan-pelan sebanyak mungkin. Ulangi latihan ini maksimal tiga kali.

     

    Teknik 2

     

    Angkat bahu sampai sejajar dengan telinga. Tarik bahu ke belakang dan bayangkan kedua bahu saling menyentuh. Lalu turunkan kedua bahu secara perlahan. Ulangi gerakan ini semampunya. Sesuaikan pula gerakan dengan pernapasan dalam dan hayati keluar masuknya napas Anda.

     

    Teknik 3

    Putar leher Anda secara perlahan dengan menurunkan dagu ke arah dada lalu putar kepala searah jarum jam, satu lingkaran sampai kepala berada di posisi awal kembali. Lalu putarlah kepala dengan arah berlawanan dengan putaran jarum jam.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below