Tidur Berlebihan Tidak Baik untuk Kesehatan?


  • Tidur Berlebihan Tidak Baik untuk Kesehatan?
    (Foto: Nenad Aksic/Shutterstock/Clickphotos)

    Meskipun tidur menjadi salah satu hal terpenting yang ingin dilakukan ketika akhir pekan, usahakan untuk menjaga waktu tidur setidaknya tujuh jam.
     
    Mengapa? Tidur lebih dari 7-10 jam atau tidur berlebihan secara berkelanjutan ternyata dapat menjadi indikasi adanya masalah medis, atau faktor lain seperti kebiasaan dan lingkungan.
     
    Berikut adalah beberapa dampak negatif bagi kesehatan jika Anda tidur malam terlalu berlebihan.
     
    1. Obesitas
    Tidur berlebihan berisiko terkena obesitas karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari tidur dan mulai membakar kalori secara normal.
     
    2. Depresi
    Semakin lama tidur, aktivitas fisik akan berkurang sehingga terjadi jumlah hormon endorfin untuk meningkatkan mood menurun dan lebih rentan terhadap depresi.
     
    3. Sakit Kepala
    Hal ini umum terjadi pada orang yang tidur berlebihan karena memiliki dampak negatrif pada neurotransmitter di otak yang menyebabkan migrain saat bangun tidur.
     
    4. Mudah lelah
    Bukankah tidur dapat meredakan lelah? Justru terlalu banyak tidur justru membuat Anda merasa lebih lelah. Semakin lama tidur, suhu tubuh menjadi semakin rendah sehingga menyebabkan kelelahan ekstrim dan lesu ketika bangun.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below