Inilah Sebenarnya Manfaat Kafein untuk Kulit


  • Inilah Sebenarnya Manfaat Kafein untuk Kulit
    Kafein untuk kulit, apa kehebatannya? (Foto: Dok. Tirachard Kumtanom/Pexels.com)


    Sebagian dari kamu mungkin sulit memulai hari tanpa segelas kafein, baik itu teh atau pun kopi. Hal ini dikarenakan kafein merupakan senyawa yang dapat meningkatkan konsentrasi serta memicu tubuh untuk lebih berenergi dan semangat. Tak heran jika keberadaannya sebagai daily booster tak dapat ditinggalkan.

    Stimulan ini juga ternyata spesial di industri kecantikan sejak lama karena dipercaya dapat merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh. Mengingat kafein memiliki pengaruh yang besar saat menjadi bagian dari cangkir favoritmu, yuk cari tahu apakah kafein mampu bekerja dengan baik saat diaplikasikan ke kulit!



     

    Apakah kafein dalam skincare bermanfaat?

    Jawabannya adalah “ya”, tetapi penting untuk mengetahui fungsinya secara tepat. Hasil riset dari Paula’s Choice Research Team dalam situs resminya mengungkapkan bahwa kafein memiliki sifat menenangkan dan kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu meminimalisir penampakan selulit dan puffy eyes.

    Jika dirunutkan kembali, kafein memang mengandung zat theophylline yang bersahabat dalam merawat selulit. Namun label skincare ini menjelaskan bahwa tidak ada hasil penelitian yang mengindikasikan kandungan ini bermanfaat untuk mata sembap.

    Meski begitu, Lizz Starr selaku Executive Director of Global Product Development dari brand Origins, menyatakan jika kafein dikombinasikan dengan bahan lain seperti ginseng, maka akan terbentuk sebuah campuran yang mampu memberi energi luar biasa pada kulit. Ia menambahkan bahwa dua kandungan tersebut dapat menjadi agen anti-inflamasi dan hidrasi yang maksimal.

    Untuk permasalahan kulit seperti tanda penuaan, kafein mampu bekerja sendiri mengingat ia diperkaya antioksidan yang bisa memberantas efek buruk radikal bebas, seperti garis halus dan kerutan. Kamu juga dapat memilih jajaran produk yang sudah dengan baik mengombinasikan kafein dengan kandungan lain untuk hasil perawatan yang optimal.


    Intip deretan produk yang bisa dicoba.


    Clarins Multi-Active Eye Rp840.000


    Kandungan teasel, horse chestnut, dan kafein di dalamnya membantu mencerahkan area mata dan meminimalisir penampakan garis halus.


    The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG Rp175.000


    Serum dengan antioksidan tinggi berkat kombinasi kafein dan senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dari teh hijau.


    Origins Ginzing™ SPF 40 Energy-Boosting Tinted Moisturizer Rp537.000


    Kombinasi sempurna antara kafein dan ginseng yang membuat kulit tampak segar dan berenergi.


    Alpha-H Micro Cleanse Super Scrub, Sephora Indonesia Rp535.000


    Momen eksfoliasi menjadi lebih menyenangkan sekaligus menenangkan untuk kulit.



    Lush Cup o’ Coffee Exfoliating Mask Rp485.000


    Masker kopi yang mampu membersihkan serta menghidrasi wajah secara bersamaan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below