Ini Dia Penyebab Penyakit Kolestrol Tinggi Yang Membahayakan


  • Ini Dia Penyebab Penyakit Kolestrol Tinggi Yang Membahayakan
    (Penyebab kolestrol tinggi. Foto:Dok.Leeuwtje/istockphoto)

    Kadar kolestrol yang tinggi sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menjadi penyebab berbagai penyakit dan komplikasi penyakit yang bisa saja mematikan. Memang kolestrol adalah lemak yang bermanfaat untuk tubuh, namun jika kadar kolestrol ini tidak dalam kadar yang seharusnya ataupun berlebih, maka lemak tersebut akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu peredaran darah. Hal inilah yang membuat kadar kolestrol yang tinggi ini menjadi hal yang harus dihindari.




    Kolestrol memiliki peran yang baik untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi hormone, dan menghasilkan vitamin D. Kolestrol diproduksi secara alami oleh hati dan dapat juga ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan. Meskipun bersifat penting dalam tubuh, namun jika kadarnya berlebih, kolestrol dapat mengganggu kesehatan tubuhmu.


    Untuk mencegah kadar kolestrolmu melebihi dari kadarnya yang seharusnya, perlu untukmu mengetahui apa saja kemungkinan hal-hal yang bisa menyebabkan tingginya kadar kolestrol di dalam tubuhmu.

    (Baca juga: Inilah Sederet Makanan untuk Tekanan Darah Rendah)

    1. Merokok

    (merokok.Foto:Dok.JESSICA TICOZZELLI/pexels)

    Hal yang tidak baik dari merokok untuk para penderita kolestrol tinggi ini terdapat pada zat-zat kimia pada rokok yang bisa menurunkan kadar kolestrol baik. Jumlah asap racun yang banyak, bisa merusak lapisan dalam pembuluh darah, tingkatkan resiko terjadinya penyempitan pembuluh darah dan bahkan pembekuan darah.


    2. Gaya Hidup Tidak Sehat

    (gaya hidup tidak sehat.Foto: [email protected]/istockphoto)

    Seperti yang kamu tahu, kolestrol juga didapat dari makanan tertentu yang kamu konsumsi. Kolestrol ini terdapat pada makanan yang berasal dari hewani, oleh sebab itu perlu kita perhatikan gaya hidup kita dalam mengkonsumsi makanan, dalam hal intensitas berolahraganya, dan juga kebiasaan merokok buat para perokok. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolestrol akan menambah kadar kolestrol dalam tubuh, dan jika kamu tidak rajin berolahraga maka bisa menumpuk lemak itu, kebiasaan seperti itu perlu untuk diubah. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, maka diperlukan gaya hidup yang sehat.


    3. Penyakit Yang Diderita

    (memiliki penyakit diabetes. Foto: Dok.TesaPhotography/pixabay) 

    Kolestrol tinggi ini juga rentan diderita oleh para penderita obesitas, diabetes, ginjal, liver dan juga penyakit hipotiroidisme. Maka untuk para penderita penyakit-penyakit tersebut, perlu untuk lebih menjaga diri dari hal-hal yang dapat menyebabkan kolestrol tinggi.

    (Baca juga: 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi)

    4. Keturunan

    (faktor keturunan. Foto: Dok.chillla70/pixabay)

    Kadar kolestrol yang tinggi pada seseorang juga dapat dipicu oleh adanya mutase gen yang diturunkan dari kedua orang tuanya. Mutase gen ini membuat tubuh tidak bisa membuang kolestrol dari dalam darah, sehingga terus menumpuk, namun hal ini jarang terjadi. Lakukanlah pengecekkan rutin jika memang ada keluargamu yang memiliki kolestrol tinggi. Karena jika kamu yang terkena kolestrol karena keturunan ini, tidak akan bisa menyadari bahwa kamu memiliki penyakit ini.


    5. Konsumsi Alkohol

    (alcoholic. Foto:dok.South_agency/istockphoto)

    Keseringan mengonsumsi alcohol secara berlebihan, dapat merusak hati sehingga dengan hal itu membuat tekanan darahmu tinggi dan akhirnya bisa sebabkan peningkatan tingkat kadar kolestrol dalam tubuh.


    6. Stres

    (stres.Foto:Dok.1388843/pixabay)

    Stres memang bukanlah hal yang baik untuk tubuhmu, ketika stres menyerang maka kesehatan biasanya akan drop ataupun menurun. Stres dapat juga meningkatkan kadar kolestrol karena ia melepas 2 hormon, yaitu adrenalin dan kortisol. Kedua hormone ini merangsang kerja hati dalam produksi dan pelepasan kolestrol, sehingga kolestrol akan semakin banyak menumpuk dalam tubuh. Maka dari itu, ketika kamu merasa stres, lakukanlah hal-hal yang dapat membuat dirimu melupakan stres itu dan bersenang-senang.

    (Baca juga: Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan!)

    7. Kurang Olahraga

    penyebab kolesterol tinggi

    (harus rajin olahraga. Foto:Dok.StockSnap/pixabay)

    Sering kali orang-orang bermalas-malasan ataupun bekerja menatap layer komputer dalam jangka waktu yang lama. Meskipun terkesan tidak berbuat apa-apa, namun hal ini sangat tidak baik untuk tubuhmu, karena dapat tingkatkan resiko kolestrol tinggi. Maka sangat perlu untukmu melakukan olahraga, setidaknya 30 menit setiap harinya. Keaktifan tubuhmu dapat kurangi trigliserida dan bantu kamu mempertahankan berat badanmu untuk mencegah resiko terkena kolestrol tinggi.


    8. Obat-obatan

    penyebab kolesterol tinggi

    (obat-obatan. Foto:Dok.stevepb/pixabay)

    Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti estrogen, pil kontrasepsi, beta blocker dapat meningkatkan resiko terkena kolestrol tinggi, karena obat-obatan tersebut dapat tingkatkan kadar kolestrol total, kolestrol jahat, trigliserida dan juga menurunkan kolestrol baik.

    (Baca juga: Alasan Susu Rendah Lemak Baik Untuk Penderita Maag)

    Rajinlah untuk mengecek kondisi tubuhmu, dan perhatikanlah penyebab-penyebab dari kolestrol tinggi di atas. Semoga dengan mengetahui penyebab kolestrol tinggi ini dapat memberimu motivasi dan juga bantuan untuk terhindar dari penyakit kolestrol tinggi yah.


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below