Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan!


  • Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan!
    Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan! (Images: Doc. Jared Rice / Unsplash)

    Stres bisa membuat seseorang merasa cemas, tegang, khawatir, dan bahkan depresi. Jika kamu merasakan hal itu, pertimbangkan untuk melakukan meditasi. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa melakukan meditasi dapat memberikan banyak manfaat. 

    Meditasi adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih pikiran dan fokus, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, mendukung pola tidur yang sehat, serta dapat memulihkan ketenangan dan kedamaian batin. 

    Artikel ini akan mengulas sejumlah manfaat meditasi untuk kesehatan mental dan fisik, berdasarkan sebuah penelitian. Cari tahu di bawah ini!




    (Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Dampak Stres untuk Tubuh!)


    1. Mengurangi Stres


    Manfaat utama melakukan meditasi adalah untuk mengurangi stres. 

    Dampak stres untuk tubuh dapat menimbulkan gangguan tidur, gangguan kecemasan, meningkatkan tekanan darah, dan berkontribusi pada kelelahan, serta meningkatkan risiko depresi. Selain itu, stres yang terus dibiarkan juga dapat menyebabkan peningkatan produksi sitokin, yang bisa mengakibatkan kerusakan di dalam tubuh. 


    Sebuah studi tahun 2017 menunjukan bahwa, melakukan meditasi dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan stres. 


    2. Membantu Mengurangi Kecemasan


    Tak hanya dapat mengurangi stres, melakukan meditasi juga dapat membantu mengurangi kecemasan. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa yang menunjukan bahwa meditasi dapat mengurangi kecemasan, terutama pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi. 


    Penelitian lain juga menunjukan bahwa melakukan mindfulness meditation selama 8 minggu bisa membantu mengurangi gejala kecemasan pada orang-orang dengan gangguan kecemasan umum. 


    Bahkan, latihan meditasi juga dapat membantu mengendalikan kecemasan terkait dengan pekerjaan. Satu studi tahun 2019 menemukan bahwa karyawan yang menggunakan aplikasi mindfulness meditation selama 8 minggu mengalami peningkatan perasaan, penurunan tekanan dan ketegangan terkait dengan pekerjaan. 


    (Baca juga : Jangan Disepelekan, Ini Dampak Negatif Stres Pada Tubuh!)


    3. Meningkatkan Kesehatan Emosional


    Beberapa bentuk meditasi dapat membantu meningkatkan kesehatan emosional, seperti meningkatkan self-image dan pandangan hidup yang lebih positif.


    Sebuah tinjauan dari 18 penelitian menunjukkan bahwa orang yang menerima terapi meditasi mengalami pengurangan gejala depresi, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Studi lainnya menunjukan bahwa orang yang melakukan latihan meditasi diketahui memiliki lebih sedikit pikiran negatif. 


    Selanjutnya, bahan kimia inflamasi yang disebut sitokin, yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres, dapat memengaruhi suasana hati, yang menyebabkan depresi. Tinjauan beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi juga dapat mengurangi depresi dengan menurunkan kadar bahan kimia inflamasi ini. 


    4. Meningkatkan Kesadaran Diri


    Beberapa bentuk meditasi, seperti self-inquiry meditation, dapat membantu mengembangkan pemahaman yang lebih kuat tentang diri sendiri (self-awareness) dan membantu kamu tumbuh menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Self-inquiry meditation secara eksplisit bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman tentang diri sendiri dan bagaimana berhubungan dengan orang-orang sekitar. 


    Dalam sebuah penelitian terbaru yang melibatkan 153 orang dewasa, yang menggunakan aplikasi mindfulness meditation selama 2 minggu mengalami penurunan perasaan kesepian dan peningkatan kontak sosial, serta dapat menumbuhkan keterampilan pemecahan masalah yang lebih kreatif. 


    5. Dapat Mendorong Tindakan Positif


    Beberapa jenis meditasi secara khusus dapat meningkatkan perasaan dan mendorong tindakan positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Dikutip dari Healthline, Metta, jenis meditasi yang bisa mengembangkan pikiran dan perasaan baik terhadap diri sendiri dan orang lain. 


    Sebuah studi pada 50 mahasiswa menunjukkan bahwa berlatih meditasi metta 3 kali per minggu dapat meningkatkan emosi positif, interaksi interpersonal, dan pemahaman orang lain setelah 4 minggu. Studi lain menyebutkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan meditasi metta, diketahui semakin meningkatkan perasaan dan pikiran positif. 


    6. Meningkatkan Kualitas Tidur


    Seperti yang diketahui, stres dapat menyebabkan gangguan tidur. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa latihan mindfulness meditation dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, latihan meditasi ini juga dapat membantu merilekskan tubuh dan melepaskan ketegangan, sehingga membantu kamu untuk lebih tenang dan tidur lebih pulas. 


    7. Membantu Mengontrol Rasa Sakit


    Ternyata, persepsi tentang rasa sakit terhubung dengan keadaan pikiran, dan itu dapat meningkat dalam kondisi stres. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan meditasi dapat bermanfaat untuk membantu mengendalikan rasa sakit.


    Sebuah ulasan tahun 2017 menyimpulkan bahwa melakukan mindfulness meditation dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi gejala depresi pada orang dengan nyeri kronis. 


    8. Dapat Menurunkan Tekanan Darah


    Manfaat meditasi berikutnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi bisa membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, sehingga dapat menyebabkan fungsi jantung yang buruk, dan juga berkontribusi terhadap aterosklerosis, atau penyempitan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.


    Sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan hampir 1000 peserta menemukan bahwa latihan meditasi bisa membantu mengurangi tekanan darah. Dari hasil studi tersebut juga diketahui bahwa, efek ini lebih efektif di antara para peserta yang lebih tua dan peserta yang memiliki tekanan darah tinggi sebelum penelitian. 


    Jenis Meditasi

    manfaat meditasi

    (Elina Fairytale / Pexels)


    Terdapat beberapa jenis meditasi yang bisa kamu pilih untuk mencapai kedamaian batin dan pikiran, antara lain:


    Mantra meditation : Dalam jenis meditasi ini, kamu mengulang kata, pikiran, atau frasa yang menenangkan untuk mencegah pikiran yang mengganggu.


    Mindfulness meditation : Jenis meditasi ini didasarkan pada mindful, atau memiliki kesadaran (awareness) dan penerimaan yang meningkat untuk hidup pada saat ini. 


    Self-inquiry meditation : Meditasi ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman dan pengendalian tentang diri sendiri dan bagaimana berhubungan dengan orang-orang sekitar. 


    Qigong : Qigong merupakan bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok, yang umumnya menggabungkan meditasi, relaksasi, gerakan fisik dan latihan pernapasan untuk mengembalikan dan menjaga keseimbangan.


    Tai Chi : Ini adalah bentuk seni bela diri Cina yang gentle. Dalam Tai Chi, kamu melakukan serangkaian postur atau gerakan dengan cara yang lambat sambil berlatih pernapasan dalam.


    Yoga : Dalam yoga, kamu melakukan serangkaian postur dan latihan pernapasan terkontrol untuk meningkatkan tubuh yang lebih fleksibel, pikiran yang tenang dan fokus. 


    Metta meditation : Meditasi Metta adalah jenis meditasi Buddhis, yang juga dikenal sebagai meditasi cinta kasih. Teknik utama jenis meditasi ini melibatkan pengucapan frase positif terhadap diri sendiri. Latihan ini bermanfaat untuk kesehatan mental, emosional, dan fisik, serta sangat berguna untuk mengurangi emosi negatif terhadap diri sendiri dan orang lain.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below