Alasan Susu Rendah Lemak Baik Untuk Penderita Maag


  • Alasan Susu Rendah Lemak Baik Untuk Penderita Maag
    Susu rendah lemak untuk penderita maag. (Foto: Dok.Pixabay/pexels)

    Pengidap penyakit maag memang harus memerhatikan makanan ataupun minuman yang dikonsumsinya. Jika mengonsumsi makanan ataupun minuman yang salah, akan menyebabkan penyakit maag kambuh dan merasakan rasa sakit yang tidak menyenangkan.




    Banyak orang yang menjalankan program diet dengan mengonsumsi susu, susu bermanfaat baik untuk tubuhmu karena susu yang kaya akan nutrisi. Namun jika kamu adalah seorang yang mengidap penyakit maag, maka tidak semua susu baik untuk lambungmu sehingga susu rendah lemak kerap jadi opsi untuk penderita maag.


    (Baca Juga: 7 Fakta Seputar Susu Kental Manis Bukan Susu)


    Susu memiliki banyak jenis seperti whole milk, susu rendah lemak dan juga skim milk. Umumnya, kandungan ini bisa memberikan nutrisi yang baik bagi sebagian besar orang karena memiliki kandungan kalsium, protein, dan lemak. Namun, belum tentu dengan penderita maag. 


    Sebelum mengetahui alasan di balik pemilihan susu rendah lemak untuk penderita maag, ada baiknya jika kita mengenali 3 jenis kandungan yang ada dalam susu.


    1. Kalsium

    susu rendah lemak untuk penderita maag

    (Susu mengandung kalsium yang baik untuk otot. Foto:Dok.Alex Green/pexels)

    Kalsium pada susu memberikan manfaat yang baik untuk tubuhmu. Kalsium mampu menetralisir asam lambung sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu juga membantu mengurangi risiko iritasi kerongkongan akibat asam lambung.

    Tak hanya itu, kalsium juga sangat penting bagi pertumbuhan otot. Hal ini disebabkan karena kalsium mampu menambah kekuatan pada otot sfingter untuk mencegah naiknya asam lambung.


    2. Protein

    susu rendah lemak untuk penderita maag

    (Susu mengandung protein. Foto:Dok.Charlotte May/pexels)

    Berdasarkan pada penelitian tahun 2017, ditemukan bahwa penderita maag yang sering mengonsumsi protein jarang menimbulkan gejala. Protein pada susu merangsang produksi hormon gastrin, hormon ini yang memicu peningkatan produksi asam pada lambung, sehingga bisa saja membuat maag kambuh.

    Namun, hormone gastrin ini juga bisa meningkatkan gerakan otot sfingter dan mempercepat pengosongan lambung, sehingga bisa mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Sehingga para peneliti juga masih kebingungan akan dampak protein pada penderita maag, apakah semakin memperburuk ataupun meringankannya.


    3. Lemak

    susu rendah lemak untuk penderita maag

    (Lemak. Foto:Dok.Jason Deines/pexels)

    Lemak memang sudah pasti memberikan dampak yang buruk untuk para penderita maag. Meskipun lemak memiliki manfaat yang baik juga untuk tubuh, namun untuk para penderita maag, justru harus berhati-hati saat mengonsumsi lemak.

    Lemak melemahkan kinerja otot sfingter esofagus, sehingga pengosongan lambung akan memakan waktu yang lebih lama dari yang seharusnya.

    Satu gelas susu whole milk sebanyak 250 ml mengandung 8 gram lemak. Maka dari itu untuk para penderita maag harus berhati-hati terkait konsumsi lemak pada tubuh. Lemahnya sfingter esofagus berdampak pada isi lambung naik dan menimbulkan gejala penyakit maagnya.


    Susu rendah lemak untuk penderita maag

    susu rendah lemak untuk penderita maag

    (Susu rendah lemak. Foto: Dok.Pixabay/pexels)

    Dapat kamu ketahui, dari ketiga kandungan di atas, lemak merupakan kandungan yang paling harus dikurangi oleh penderita maag. Maka dari itu, solusi untuk kamu penderita maag yang ingin mengonsumsi susu adalah susu rendah lemak.


    Susu rendah lemak yang tetap memiliki kandungan kalsium maupun protein yang tinggi tetapi dengan kadar lemak yang rendah merupakan pilihan yang tepat untuk tetap memberikan manfaat baik dari susu untuk tubuh dan juga lambungmu.


    (Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Susu Almond Bagi Kesehatan)


    Susu sendiri bisa dikategorisasi berdasarkan pada kadar lemaknya. Contohnya, susu whole milk memiliki kandungan yang utuh, susu low fat mengandung 2% lemak dan skim milk memiliki kandungan bebas lemak.


    Nah, kadar lemak yang bisa diterima oleh penderia penyakit maag umumnya berkisar dari 0 - 2,5%, sehingga susu rendah lemak pun bisa menjadi buffer di dalam lambung, yang mana buffer ini tidak mudah terpengaruh oleh perubahan pH lingkungan sekitarnya. Inilah alasan kenapa lambung tidak mudah bertambah asamnya. Selain susu low fat ataupun skim milk ini, susu kedelai dan susu almond juga bisa menjadi susu yang cocok untuk para penderita penyakit maag.


    Itulah alasan mengapa susu rendah lemak cocok untuk penderita penyakit maag. Semoga membantu, ya.


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below