10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi


  • 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi
    10 Makanan Terbaik untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi. (Foto: Dok. Prostoleh/Freepik)

    Sebagaimana diketahui, tekanan darah tinggi atau disebut juga dengan hipertensi adalah salah satu penyebab umum penyakit jantung. Tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai nilai tekanan darah sistolik (SBP) (angka atas) 130 mmHg atau lebih, tekanan darah diastolik (DBP) (angka bawah) lebih dari 80 mmHg, atau keduanya.


    Mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter biasanya dapat mengurangi nilai tekanan darah. Namun, mengubah gaya hidup, termasuk pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah menjadi lebih sehat sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung.




    Menurut sebuah penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu, terutama makanan yang tinggi nutrisi seperti potasium dan magnesium diketahui dapat mengurangi nilai tekanan darah menjadi lebih sehat.


    Berikut ini 10 pilihan makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi. Cek pilihan makanannya di bawah ini!


    1. Buah Citrus

    Buah citrus, termasuk jeruk bali, jeruk, dan lemon disebut-sebut memiliki efek penurun tekanan darah tinggi. Ini karena kandungan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman dalam buah citrus yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

    Berdasarkan studi tahun 2014 selama 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan aktivitas berjalan sehat secara signifikan mampu nilai tekanan darah sistolik (SBP).

    Para peneliti mengaitkan hal ini dengan kandungan asam sitrat dan flavonoid dalam lemon. Hasil serupa juga ditemukan dalam penelitian menggunakan jus jeruk bali dan jus jeruk. Namun perlu diperhatikan, kedua jus ini dapat mengganggu obat penurun tekanan darah yang umum, jadi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah-buahan ini. 


    (Baca Juga: Manfaat Pisang Untuk Wanita)


    2. Buah Berry

    Selain buah citrus, buah berry seperti blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi, dipercaya memiliki efek penurun tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian terbaru menunjukan bahwa, kandungan antosianin dalam buah berry telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.


    3. Bayam 

    makanan untuk tekanan darah tinggi

    (Bayam. Foto: Dok. Jacqueline Howell/Pexels)

    Dikutip dari laman Healthline, menurut Clinical Nutrition Research, bayam mengandung nitrat yang tinggi dan kaya akan antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium, yang menjadikannya pilihan makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi. 

    Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 27 orang, mereka yang mengonsumsi 16,9 ons (500 mL) sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan nilai tekanan darah sistolik (SBP) dan tekanan darah diastolik (DBP) dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi. 

    Bayam bekerja dengan menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.


    (Baca Juga: Dampak Kekurangan Vitamin D)


    4. Brokoli

    Brokoli dikenal karena memiliki banyak manfaat menguntungkan bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Dengan kata lain, memasukan brokoli ke dalam menu makanan sehat dapat merupakan cara cerdas untuk membantu mengurangi tekanan darah.

    Sayuran hijau ini kaya akan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat di dalam tubuh.


    5. Seledri

    Sayuran hijau lainnya yang tak kalah baik untuk tekanan darah tinggi adalah seledri. Menurut studi tahun 2019 menemukan bahwa, seledri mengandung senyawa yang disebut phthalide, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. 


    6. Wortel

    makanan untuk tekanan darah tinggi

    (Wortel. Foto: Dok. @thiszun/Pexels)

    Wortel kaya akan senyawa fenolik, seperti chlorogenic, p-coumaric, dan caffeic acids, yang bisa membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. 

    Kebanyakan orang mungkin lebih sering mengonsumsi wortel dalam keadaan matang, namun mengonsumsinya dalam keadaan mentah diketahui lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian tahun 2014 yang melibatkan lebih dari 2000 orang berusia 40-59 tahun menemukan bahwa, mengonsumsi wortel dalam keadaan mentah secara signifikan dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. 


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Sembelit)


    7. Kacang dan Lentil

    Kacang dan lentil kaya akan nutrisi yang dapat membantu mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan potasium. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi beans dan lentil dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. 


    8. Kacang Pistachio

    Mencari camilan sehat untuk tekanan darah tinggi? Kacang pistachio mungkin bisa menjadi pilihan. Kacang pistachio tinggi potassium, yakni nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

    Menurut American Journal of Clinical Nutrition, sebuah tinjauan menemukan bahwa mengonsumsi kacang pistachio diketahui memiliki efek terkuat dalam mengurangi nilai tekanan darah sistolik (SBP) dan nilai tekanan darah diastolik (DBP). 


    9. Chia Seed dan Flaxseeds

    makanan untuk tekanan darah tinggi(Chia seed. Foto: Dok. Madison Inouye/Pexels)

    Chia seed dan flaxseed adalah biji-bijian kaya nutrisi, seperti kalium, magnesium, dan serat, yang baik untuk tekanan darah. Sebuah studi kecil selama 12 minggu yang melibatkan 26 orang dengan hipertensi menemukan bahwa, mengonsumsi sekitar 35 gram tepung chia seed setiap hari menyebabkan penurunan nilai tekanan darah. 

    Selain itu, sebuah tinjauan tahun 2015 menunjukan bahwa mengonsumsi flaxseed dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah, terutama bila dikonsumsi dalam bentuk whole seed. 


    (Baca Juga: Efek Negatif Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh)


    10. Bit

    Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi bit dan dapat membantu mengontrol tingkat tekanan darah yang sehat. Sebagai contoh, sebuah penelitian tahun 2016 yang dilakukan selama 2 minggu pada 24 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi jus bit secara signifikan mengurangi tekanan darah. 


    Itulah 10 pilihan makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi. Mengonsumsi beberapa pilihan makanan yang sudah disebutkan di atas dapat membantu mengontrol tekanan darah menjadi lebih sehat. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below