Jika Kamu Merasa Kesepian, Coba Lakukan Hal Ini


  • Jika Kamu Merasa Kesepian, Coba Lakukan Hal Ini
    Jika Kamu Merasa Kesepian, Coba Lakukan Hal Ini. (Images: Doc. Liza Summer/Pexels)

    Masih di masa pandemi, meskipun kita sudah diizinkan untuk beraktivitas di luar rumah, namun mungkin saja kamu tetap tidak bisa bertemu teman dan orang tersayang secara langsung. Atau mungkin stres pandemi telah menciptakan ketegangan dan membuat kamu merasa kesepian dan frustasi. Jika hal ini terus terjadi secara berulang, tentu akan memberikan dampak negatif. 


    Merasa kesepian yang berkepanjangan dapat menguras emosi, menyebabkan timbulnya beberapa gejala fisik, termasuk sakit dan nyeri, masalah tidur, dan respons kekebalan tubuh yang lemah. Penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa, kesepian dapat memengaruhi kualitas tidur, tetapi efeknya tidak berhenti disitu saja. Memiliki kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi fungsi siang hari, yang pada gilirannya dapat meningkatkan perasaan terisolasi. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, lakukan beberapa tips berikut ini saat kamu merasa kesepian. 




    Mengubah Mindset

    Pada dasarnya, perasaan kesepian muncul ketika kamu menjadi terisolasi dan kebutuhan kamu akan interaksi sosial dan hubungan antar manusia tidak terpenuhi. Mengubah mindset atau sudut pandang tentang apa artinya menyendiri, dapat mempermudah kamu untuk menavigasi perasaan kesepian. 


    (Baca Juga: Rekomendasi Film Kisah Nyata Terbaik)


    Perlu digaris bawahi, memiliki waktu menyendiri yang berkualitas terkadang diperlukan untuk menciptakan peluang penemuan jati diri, pemikiran kreatif, dan refleksi diri. Jadi, alih-alih meratapi perasaan kesepian yang muncul, kamu bisa mempergunakan waktu sendiri kamu untuk hal-hal yang menguntungkan bagi diri kamu sendiri. 


    Stay Connected!

    Untuk tetap bisa terhubung dan berinteraksi dengan orang terkasih tidak melulu harus bertemu secara langsung, karena kamu bisa tetap terhubung secara virtual, misalnya melalui obrolan video atau pesan teks. Meskipun terasa berbeda, namun hal ini dapat membantu mengurangi perasaan kesepian. 


    Mempertimbangkan untuk Memiliki Hewan Peliharaan

    Tidak semua orang memiliki sarana atau kemampuan untuk merawat hewan peliharaan, jadi tips yang satu ini tidak akan berhasil untuk semua orang. Namun, jika kamu merasa mampu dan memiliki sarana yang mendukung untuk memelihara hewan peliharaan, tidak ada salahnya untuk mencoba. 


    (Baca Juga: Kolesterol Naik Saat Puasa, Apa Penyebabnya)


    Menurut penelitian tahun 2018, memelihara hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. Hewan peliharaan yang kamu miliki mungkin tidak bisa berbicara, tetapi kehadiran makhluk hidup lain dapat membantu kamu menghilangkan stres, membangkitkan semangat, dan menghibur. 


    Beristirahatlah Dari Sosial Media 


    (Ilustrasi kesepian. Foto: Dok. mikoto.raw/Pexels)


    Penting, namun tidak mudah untuk dilakukan. Betul, tidak? 


    Iya, beristirahat sejenak dari sosial media itu sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. 


    Alih-alih dapat mengurangi perasaan kesepian, terkadang sosial media justru dapat meningkatkan perasaan kesepian. Mengapa? Ini karena, di sosial media kamu bisa saja melihat orang lain menghabiskan waktu dengan pasangan atau anggota keluarga, dan hal ini tentu dapat semakin menciptakan perasaan kesepian. 


    (Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Konseling Online)


    Tidak perlu sampai menutup akun sosial media (namun jika kamu merasa perlu, tidak salah untuk dilakukan), kamu hanya perlu menutup aplikasi tersebut selama beberapa waktu tetapi tetap terhubung dengan panggilan telepon atau pesan teks sebagai gantinya. 


    Lakukan Sesuatu Yang Kamu Sukai

    Melakukan sesuatu yang kamu sukai, seperti berolahraga, bermain video game, menonton film, membaca buku, atau memasak dapat menciptakan perasaan tenang, sehingga kamu tidak merasa kesepian. 


    Selain itu, melakukan hobi atau sesuatu yang kamu sukai juga berfungsi sebagai perawatan diri, yang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.


    Jangan Biarkan Rumah Terasa Sepi

    Saat kamu merasa kesepian, suasana rumah yang sunyi dapat semakin memberi tekanan. Memutar musik dapat membantu mengisi keheningan, meningkatkan suasana hati dan memotivasi. Selain itu, musik juga memiliki manfaat lain bagi otak, termasuk meningkatkan perhatian dan memori. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan musik berpotensi membantu mengurangi gejala depresi.


    (Baca Juga: 7 Cara Meditasi Yang Benar Di Rumah)


    Tak hanya musik, kamu juga bisa memecah keheningan rumah dengan memutar podcast dan radio, yang dapat menciptakan rasa keterhubungan.


    Get Outside

    Berjalan-jalan sejenak ke luar rumah dapat mengalihkan perhatian dan membantu menghilangkan perasaan kesepian. Tidak perlu jauh-jauh melakukan perjalan ke luar kota atau luar negeri, kamu bisa pergi berjalan-jalan santai di taman atau di sekitar lingkungan rumah bersama hewan peliharaanmu. 



    (Ilustrasi atasi kesepian. Foto: Dok. Uriel Mont/Pexels)

    Kamu juga bisa pergi ke luar rumah untuk alasan berolahraga ringan, seperti bersepeda, jogging, atau berjalan kaki santai. Selain meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, kegiatan ini tentu saja berdampak positif untuk mengurangi perasaan kesepian sekaligus meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.


    Lakukan Kegiatan yang Mengasah Kreatifitas 

    Melakukan kegiatan kreatif seperti art, musik, dan menulis dapat membantu mengatasi perasaan terisolasi dan menavigasi perasaan kesepian. Kegiatan ini dapat membantu kamu mengekspresikan emosi tanpa kata-kata (lisan), yang bisa sangat bermanfaat ketika kamu merasa kesulitan untuk membagikannya secara lisan. Serta dapat membuat kamu merasa puas, yang pada gilirannya dapat menghilangkan perasaan kesepian dan kesedihan. 


    Bicarakan Tentang Perasaanmu

    Membicarakan tentang perasaan kurang mengenakan yang kamu rasakan kepada seseorang secara lisan seringkali dapat membantu mengurangi tekanan, stres, dan frustasi. Memberitahu orang yang kamu cintai bahwa kamu sedang merasa kesepian dapat mempermudah kamu mendapatkan dukungan emosional yang penting untuk membantu kamu keluar dari perasaan kesepian tersebut. 


    (Baca Juga: Kelelahan Emosional Jadi Pemicu Stres Masa Kini)


    Namun bagi sebagian orang, berbagi emosi yang tidak diinginkan atau menyakitkan dengan orang lain bisa terasa sulit, terutama jika kamu tidak terbiasa membicarakan perasaan kepada orang lain. Sebagai alternatif, kamu bisa menulis jurnal mengenai perasaan yang sedang kamu rasakan. Menulis jurnal menawarkan cara untuk mengekspresikan perasaan tanpa membicarakannya. 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below