Rekomendasi Aplikasi Konseling Online


  • Rekomendasi Aplikasi Konseling Online
    Beberapa aplikasi konseling online yang dapat membantumu (Foto:Dok.Andrea/Pexels)

    Indonesia merupakan negara dengan tingkat gangguan jiwa yang jumlahnya cukup tinggi. Meski sudah sering dibicarakan, terkadang kesehatan mental masih dianggap stigma bagi beberapa orang di Indonesia. Masih banyak yang menganggap bahwa orang dengan masalah kesehatan mental adalah orang gila atau bahkan kurang pengetahuan agama. Padahal gangguan kejiwaan adalah kondisi medis di otak.


    Ketika kamu mengalami masalah ini, pernahkah kamu berpikir untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental? Atau mungkin kamu masih takut dengan stigma label gangguan jiwa, sehingga memutuskan untuk tidak melakukan konseling.




    Dengan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang, kamu sudah bisa mendapatkan konseling profesional melalui internet dan gadget. Konseling secara online bisa kamu lakukan dimanapun kamu berada. Selain itu, waktu layanan konseling online ini juga bisa disesuaikan dengan aktivitasmu. Dengan adanya aplikasi konseling online, kamu lebih leluasa dalam menyampaikan apa yang kamu rasakan sehingga dapat membantumu memahami perasaan dan kondisi dirimu sendiri. 


    Kamu tidak perlu takut, bisa jadi psikolog atau psikiater adalah jawaban atas semua kecemasan yang kamu alami. Berikut ada beberapa aplikasi konseling online yang bisa membantu kamu.


    (Baca juga: Tips Agar Produktif dan Sehat Secara Mental Selama PSBB)


    Halodoc

    (Salah satu layanan konseling online yang dapat membantumu. Foto: Dok. Halodoc/Instagram)

    Platform yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, Halodoc memiliki banyak layanan konsultasi yang berhubungan dengan kesehatan melalui aplikasi atau website. Di Halodoc juga terdapat layanan psikologi klinis yang bisa membantumu. 

    Untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dengan dokter, pengguna bisa memilih fitur voice, video call atau chat yang jadi fitur favorit pengguna. Halodoc adalah salah satu aplikasi konseling online yang dapat kamu coba. Selain itu, di Halodoc kita dapat membaca informasi terbaru terkait dunia kesehatan, tips hidup sehat serta informasi mengenai jenis penyakit yang bisa membantu kita untuk lebih peduli pada kesehatan.

    Bagi yang mau membeli obat, vitamin, hingga perawatan wajah bisa dipesan melalui aplikasi Halodoc. Hebatnya, obat pesanan kita diantar langsung dari apotek terpercaya dalam waktu 60 menit. Layanan pengiriman obat juga tersedia 24 jam. Kamu juga tidak perlu khawatir akan di-judge karena konselor sangat professional dan justru membantumu untuk keluar dari masalah yang hadapi. 


    Kalm


    (Aplikasi konseling online berkualitas untuk kamu berkonsultasi. Foto: Dok. get.kalm/Instagram)

    Kalm merupakan salah satu aplikasi konseling online yang menyediakan layanan yang fleksibel, privat, dan terjangkau dengan para profesional yang berkualitas. Sebelum berkonsultasi, kamu bisa mengisi sejumlah pertanyaan agar sesuai dengan terapi dan konselor yang kamu butuhkan. Dalam aplikasi Kalm, kamu bisa memanfaatkan fitur gratitude journal yang tersedia secara gratis dan kamu bisa mengikuti kuis terkait kesehatan mental di website Kalm. Kamu bisa mengunduh aplikasi yang satu ini melalui Play Store atau App Store. 


    (Baca juga: Rintik Sedu & Akun Kata Bijak Yang Cocok Untuk Self-Healing)


    Wysa : Mental Health Support

    (Kamu bisa bercerita dan mengungkapkan isi hati kamu melalui aplikasi ini. Foto: Dok. wysa_buddy/Instagram)

    Apakah kamu sering merasa cemas, gampang marah, atau terlalu moody? Kamu bisa bertanya tentang apa yang kamu rasakan dan beragam persoalan kesehatan mental lainnya lewat aplikasi chatbot ini. Bagi kamu yang merasa kesulitan mencari teman curhat, Wysa Ltd merancang sebuah aplikasi chatbot untuk memudahkan seseorang agar dapat mengungkapkan suasana hati melalui aplikasi obrolan berbasis terapi.

    Tercatat 500.000 pengguna menjadikan Wysa sebagai teman Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mengubah pikiran, melawan depresi, dan meningkatkan kesehatan emosional melalui percakapan empatik dan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) secara gratis. Dilansir dari situs wysa.io, 93% pengguna Wysa merasakan peningkatan dalam percaya diri, pengelolaan emosional, penanganan konflik melalui meditasi, teknik visualisasi, dan perhatian lanjutan yang diberikan oleh Wysa.

    Dukungan ekstra dapat diperoleh pengguna dengan memanfaatkan bimbingan dari praktisi manusia (psikolog) melalui sesi pelatihan lanjutan. Menuangkan perasaan akan lebih mudah dengan keamanan dan privasi pengguna yang dilindungi. Sayangnya, untuk saat ini, Wysa hanya bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris. Tersedia juga 40 alat pelatihan percakapan dalam menangani kecemasan, depresi, kekhawatiran, atau konflik, bantuan meditasi dan mindfulness.

    Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Play Store dan App Store.



    Riliv

    (Kamu berharga dan layak mendapatkan cinta. Foto: Dok. Riliv/Instagram)

    Lewat aplikasi Riliv, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog yang sesuai dan jenis terapi yang dibutuhkan. Kamu juga bisa temukan beragam Informasi mengenai layanan konseling di website mereka. Selain konseling, kamu juga bisa coba belajar meditasi dengan aplikasi itu. Dengan bantuan Riliv, kamu bisa mulai meditasi untuk menenangkan pikiran dari stress dan hal-hal yang mengganggu. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa mulai bercerita sepuasnya secara anonim dan rahasia dengan harga yang terjangkau.


    Kariib

    (Foto: Dok. Kariib)

    Kariib adalah salah satu platform konseling online yang membantumu untuk bisa berkonsultasi dan berkeluh kesah. Kariib cocok untuk kamu yang tidak ingin memberikan identitas diri atau bercerita secara anonim. Layanan yang ditawarkan antara lain konseling berbasis chat hingga telepon. Kariib juga bisa menyesuaikan jadwal konseling dengan aktivitasmu. 


    (Baca juga: 12 Selebriti yang Beri Perhatian Pada Kesehatan Mental)


    Itulah beberapa aplikasi konseling online yang bisa kami rekomendasikan. Mulai sekarang, kamu tidak perlu sungkan atau bingung untuk bercerita karena sudah ada aplikasi daring yang menyediakan layanan konseling dengan para profesional tanpa harus keluar rumah. 


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below