7 Cara Meditasi Yang Benar Di Rumah


  • 7 Cara Meditasi Yang Benar Di Rumah
    Berbagai cara untuk kamu melakukan meditasi yang benar di rumah. (Foto: Dok. /unsplash)

    Meditasi merupakan tradisi lama yang masih dipraktikkan dalam budaya di seluruh dunia untuk menciptakan ketenangan pada batinmu. Dilansir dari berbagai sumber, praktik pada meditasi memiliki hubungan dengan ajaran agama. Namun, bukanlah tentang keyakinan, melainkan untuk mengubah kesadaran hingga mencapai kedamaian.




    Jika kamu mengalami stres yang berlebih, lakukan meditasi untuk mengurangi pikiran yang berat di tengah jadwal yang padat. Penting untuk kamu mengetahui cara meditasi yang benar demi memenuhi kebutuhan hingga melengkapi kepribadian. Lakukanlah di rumah agar kamu bisa merasakan efek ketenangan dari meditasimu. 


    1. Berpikir Tentang Motivasimu

    Jika kamu ingin mengatasi stres yang berlebih, tidur nyenyak atau mengatasi nyeri yang kronis. Kamu bisa berpikir tentang motivasimu selama melakukan meditasi untuk merasakan peacefulness. Hal ini merupakan pilihan terbaik untuk kamu melakukan meditasi yang benar.


    (Baca Juga: Menurut Studi, Ini Manfaat Bangun Pagi Untuk Fisik & Mental)


    2. Mulailah dari Yang Kecil

    Saat kamu ingin mempelajari meditasi yang baik di rumah, kamu bisa lakukan suatu hal dengan memulai sesi pendek yang membantumu untuk mendapatkan momentummu dalam melakukan pelatihan jangka panjang.


    (Baca Juga: Inilah Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa)


    3. Pilih Waktu dan Tempat yang Cocok Untukmu

    Dalam melakukan meditasi di rumah, kamu perlu memulai dengan mencari tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. Lalu, kamu juga perlu memilih waktu yang sesuai untuk meditasi. Kamu bisa melakukannya di pagi hari karena udara pagi dapat memberikanmu kedamaian. Tentunya kamu harus mencari posisi yang nyaman.


    4. Cobalah Panduan Meditasi Melalui Aplikasi

    Jika kamu masih baru dalam melakukan meditasi, kamu bisa mencari cara meditasi melalui aplikasi di gawaimu. Hal ini dikarenakan bahwa berbagai aplikasi meditasi telah dikembangkan oleh para ahli meditasi sehingga kamu tidak akan lagi bingung untuk melakukannya.


    5. Fokus

    (Salah satu cara untuk meditasi yang benar yaitu fokus untuk berpikir. Foto: Dok. Michal Vrba/ Unsplash)

    Fokus merupakan hal yang paling penting dilakukan untuk meditasi. Biasanya, kamu akan terganggu oleh suara di sekitar atau pikiranmu. Maka dari itu, cara yang terbaik untuk membantumu terhindar dari berbagai gangguan yaitu tetaplah fokus pada proses pernapasan.


    6. Kebaikan

    Perlu kamu ketahui, meditasi dapat membantumu untuk mengendalikan emosif negatif seperti marah dan lain sebagainya dengan mengembangkan kebaikan. Oleh karena itu, kamu bisa menyebarkan kebaikanmu agar kamu dapat terus fokus selama meditasi.


    7. Kenakan Pakaian yang Nyaman

    (Hal ini merupakan salah satu cara meditasi yang benar. Foto: Dok. Jade Stephens/Unsplash)

    Sebelum melakukan meditasi, kenakan pakaian yang cocok agar kamu bisa melakukan meditasi dengan nyaman. Kamu bisa memakai busana dengan bahan yang lentur seperti celana legging. Ikat rambutmu agar meditasimu agar tidak terganggu dari kibasan rambutmu.


    Inilah 7 cara meditasi yang benar untuk kamu lakukan di rumah dengan nyaman. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below