Kolesterol Naik Saat Puasa, Apa Penyebabnya?


  • Kolesterol Naik Saat Puasa, Apa Penyebabnya?
    Inilah 3 penyebab kolesterol kamu naik saat berpuasa (Foto:Dok.CottonBro/Pexels)

    Walaupun sedang berpuasa, beberapa orang kerap mengeluhkan bahwa kolesterol di dalam tubuhnya justru meningkat. Lalu apa sebenarnya yang jadi penyebab kolesterol naik saat berpuasa?

    Dilansir dari berbagai sumber, bahwa kolesterol tinggi dapat dianggap sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular yang dapat diobati seperti serangan jantung dan juga stroke. Hal yang sama juga ditemui dalam penelitian Framingham Heart yang menemukan bahwa kadar kolesterol darah dan trigliserida yang tinggi bisa berhubungan dengan penyakit jantung.

    Perlu kamu ketahui bahwa asupan makanan tinggi kolesterol bukan penyebab kadar darah tinggi. Menurut studi dari Ancel Key’s original Seven Country Studies telah menunjukkan bahwa berapa banyak kolesterol yang kamu makan, sangat sedikit hubungannya dengan jumlah kolesterol dalam darah kamu.



    Nah, oleh karena itu, kamu dapat mengetahuinya melalui beberapa penyebab kolesterol naik saat puasa di bawah ini. Yuk, simak ulasannya.


    (Baca Juga: Inilah 8 Makanan Penambah Energi Selama Puasa)


    Diet Rendah Lemak dan Kolesterol

    Jika kolesterol baik atau dapat disebut High Density Lipoprotein (HDL) semakin rendah, maka risiko penyakit kolesterol dapat semakin meningkat. Perlu kamu ketahui, bahwa berbagai obat yang dapat meningkatkan kolesterol baik, tidak dapat melindungimu dari penyakit jantung. Beberapa tahun lalu, Pfizer yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar, telah meneliti obat untuk meningkatkan kadar HDL secara signifikan yaitu torcetrapib. Namun, obat tersebut dapat meningkatkan angka kematian hingga 25 persen.


    (Baca Juga: Diary Ramadhan: Hannah Al Rashid Jalani Puasa Di Inggris)


    Trigliserida

    Selama kamu berpuasa, salah satu jenis lemak di dalam darah yaitu trigliserida mengalami penurunan kadar. Padahal, Kadar pada trigliserida ini sangat sensitif terhadap pola makan. Namun, bukan berarti dapat menurunkan lemak makanan atau kolesterol. Faktor utama yang menurunkan jenis lemak tersebut adalah jika kamu mengurangi karbohidrat. Menurut jurnal penelitian Karger, bahwa sebanyak 32 laki-laki dewasa yang telah berpuasa, telah mengalami turunnya kadar trigliserida hingga 30 persen. Maka dari itu, berhati-hatilah.


    Kolesterol LDL

    Kolesterol jahat atau biasa disebut Low Density Lipoprotein (LDL) dapat tinggi saat puasa dan dapat menumpuk di dinding pembuluh arteri. Hal ini dikarenakan bahwa kolesterol jahat memiliki fungsi yang dapat membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Kamu dapat menurunkan LDL dengan membakarnya. Namun, sebelumnya kamu perlu mengurangi asupan gula karena jika kamu mengonsumsi gula. Maka, kamu hanya akan membakar gula pada tubuhmu.


    Inilah tiga penyebab kolesterol naik saat puasa yang perlu kamu ketahui. Maka dari itu, kamu perlu rutin untuk cek jika kadar kolesterolmu naik dan terus rutin untuk berolahraga.


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below