8 Cara Alami Cegah Kanker Usus Tanpa Obat


  • 8 Cara Alami Cegah Kanker Usus Tanpa Obat
    Begini cara cegah kanker usus tanpa obat. (Foto: Dok. Louis/Pexels)


    Penyakit kanker usus bisa dicegah dengan cara alami tanpa harus meminum obat-obatan. Kuncinya ada pada perubahan gaya hidup sehat, baik mengatur makanan juga meningkatkan aktivitas fisik. Jangan lupa, kamu juga perlu menjaga berat badan jangan sampai berlebih (kegemukan). Berikut 8 cara alami cegah kanker usus tanpa obat yang patut diketahui:




    (Baca Juga: 6 Gejala Umum Kanker Usus Yang Perlu Diwaspadai)


    1. Perbanyak makan buah, sayur dan makanan tinggi serat

    Buah dan sayur banyak mengandung vitamin, mineral, serat, dan anti oksidan yang dapat mencegah penyakit kanker pada umumnya. Variasikan jenis buah dan sayur dalam menu sehari-hari agar mendapat vitamin dan gizi lengkap.


    2. Batasi konsumsi daging merah

    Daging merah pada umumnya mengandung tinggi lemak. Ganti sumber protein dari daging merah, ke ayam, ikan, seafood, telur dan susu.


    (Baca Juga: Kenali 13 Jenis Kanker dengan Tes Darah Sejak Dini)


    3. Hindari makan daging olahan

    Daging yang diproses biasanya telah melalui berbagai tahap pengolahan, misalnya diasap, diasinkan, dan diawetkan dengan bahan kimia.


    4. Berolahraga minimal 30 menit sehari, 5 kali seminggu.

    Bagaimanapun olahraga berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama untuk membakar lemak-lemak jahat yang bisa menyebabkan ragam penyakit menyerang.


    (Baca Juga: Tanaman Herbal untuk Menyembuhkan Kanker Serviks)


    5. Kendalikan asupan gula

    Yang dianjurkan adalah 200 kkal/hari atau sekitar 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari. Gula yang dimaksud di sini adalah segala jenis kandungan gula dari berbagai sumber. Pada kemasan makanan, gula sering kali ditulis menggunakan nama ‘samaran’ seperti sukrosa, fruktosa, dekstrosa, sirup jagung dan lain-lain.


    6. Stop rokok dan minuman mengandung alkohol

    Rokok bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan juga bagi perokok pasif. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin di dalamnya yang bisa mengganggu sistem jaringan dan melambatkan fungsi jantung. Begitu juga dengan minuman beralkohol yang bisa merusak sel dan memicu peradangan organ tubuh.


    (Baca Juga: Mengenali Gejala Dan Penyebab Kanker Serviks)


    7. Jaga berat badan ideal

    Jika masa tubuh (BMI) kamu melebihi normal, turunkan bobot perlahan dengan cara meningkatkan aktivitas fisik dan menurunkan kalori yang masuk.


    8. Periksa kesehatan rutin

    Jangan menunggu gejala sakit jika kamu berusia 50 tahun ke atas atau termasuk kelompok dengan risiko tinggi.


    Kanker pada usus besar ini seringkali diawali tanpa gejala, dengan adanya pertumbuhan polip di dinding usus. Polip ini jika didiamkan akan berkembang menjadi kanker. Pemeriksaan rutin atau screening dapat mencegah perkembangan lebih lanjut dari polip tersebut. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jika ada cara mencegah yang alami dan tanpa obat, mengapa tidak dilakukan saja sejak dini?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below